5 Hal yang Bisa Anda Lakukan dengan Bonus Akhir Tahun

FOTO-uang-rupiah

Di akhir tahun, sebagian besar perusahaan akan membagikan bonus yang bisa berupa tambahan gaji akhir tahun atau dalam bentuk THR Hari Raya Natal. Bonus akhir tahun sendiri merupakan reward dari perusahaan, setelah Anda bekerja penuh dedikasi selama setahun.

Membayangkan kedatangan bonus akhir tahun, mungkin Anda sudah merencanakan liburan akhir tahun yang menyenangkan bersama keluarga atau orang terdekat. Tapi sesungguhnya, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan bonus akhir tahun.

Mengutip artikel Richard Barrington dari Forbes.com, ada beberapa cara bijak memanfaatkan bonus akhir tahun. Menurut dia, di saat kondisi ekonomi sedang tidak menentu dan banyak penghematan dari sisi sumber daya manusia, maka tambahan bonus akhir tahun adalah capaian yang luar biasa. Jadi, Anda harus bijak dalam penggunaannya.

1. Hadiah untuk diri sendiri

Untuk awalan, sebaiknya Anda menggunakan bonus tersebut untuk memberikan penghargaan pada diri sendiri. Apalagi Anda telah bekerja keras sepanjang tahun. Tujuan kado ini agar Anda tidak mengalami tekanan dalam pekerjaan. Bentuk penghargaan itu bisa beragam bentuk. Misalnya dengan berlibur. Bentuk liburannya pun tak mesti mewah, asal Anda merasa rileks dan jangan sampai dana liburan lebih dari anggaran yang sudah ditentukan.

Baca juga: Liburan Setiap Tahun Tanpa Keluhan Dana? Simak Enam Tips Ini

2. Membayar utang

Biasanya, utang memiliki macam bentuk. Bisa jadi utang dalam rupa uang tunai ke teman atau saudara, kartu kredit, cicilan rumah atau kendaraan, maupun utang usaha. Dengan menggunakan bonus akhir tahun sebagai dana pembayaran utang, maka Anda akan memulai awal tahun dengan lebih ringan. Cara itu juga bisa membantu Anda mengurangi beban keuangan di masa mendatang.

3. Salurkan ke asuransi

Ada baiknya, Anda juga menggunakan bonus itu sebagai modal masa depan. Misalnya saja dengan memperbesar dana pensiun Anda atau menyisihkan sebagian bonus untuk membeli asuransi yang diperlukan bagi keluarga. Misal asuransi kesehatan, asuransi pendidikan anak, asuransi rumah, atau asuransi kendaraan atau mobil. Sehingga Anda akan selalu bisa melindungi masa depan keluarga.

4. Sisihkan untuk modal investasi dalam portofolio tertentu

Untuk yang satu ini, sebaiknya Anda memilih portofolio investasi yang memberikan imbal hasil tinggi. Menurut Risza Bambang, Chairman One Shildt Financial Planning, seperti dikutip dari Kontan.co.id, Anda dapat pula menggunakan bonus akhir tahun untuk membeli produk investasi yang memberikan imbal hasil tinggi. Seperti reksadana, emas, deposito, properti, atau sebagai modal membangun usaha sendiri.

Ia juga menyarankan agar Anda memakai sebagian bonus akhir tahun sebagai dana darurat untuk kebutuhan mendesak. Misalnya, jika ada anggota keluarga yang mengalami kecelakaan atau sakit. Bagi Anda yang berkeluarga, sebaiknya dana darurat setara dengan pengeluaran selama enam bulan rutin. Sementara bagi Anda yang belum menikah, cukup tiga bulan saja.

Baca juga: Muda, Gaya, dan Siap Naik Haji

5. Berderma

Menggunakan uang bonus untuk berderma adalah suatu hal yang bisa memenuhi kepuasan batin Anda. Misalnya saja, Anda membayar zakat, melakukan sedekah, atau mengikuti program orang tua asuh, dan sebagainya. Siapa tahu, dengan berderma maka bonus Anda di akhir tahun mendatang lebih berlimpah lagi.

Nah, sudah siap membagi bonus akhir tahun Anda?

 

 

 

 

 




« | »
Read previous post:
Pak_Sadiman_telah_menanam_dan_menghijaukan_hutan_selama_20_tahun.__Ari_Susanto_
Pahlawan Kehidupan dari Lereng Gunung Gendol

Sadiman (61) adalah petani di Desa Geneng, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri, ujung timur Jawa Tengah. Selain mengurus sepetak sawah, sehari-hari ia...

Close