Cara Agar Tidak Stres Selama Pandemi COVID-19

Salah satuĀ dampak psikologis yang timbul di tengah pandemi COVID-19 adalah psikosomatik, yakni suatu gangguan pikiran yang menimbulkan keluhan fisik tanpa memiliki penyakit. MenurutĀ dr. Andri, dokter spesialis dan psikiater RS Omni Alam Sutera, salah satu penyebab psikosomatik akhir-akhir ini ialah karena kecemasan yang dipicu oleh berita-berita terkait COVID-19.Ā Pasalnya, setiap menit kita bisa terpapar berbagai berita mengenai COVID-19, baik melalui berita, media sosial, grup Whatsapp, berita di TV, dan lain sebagainya.Ā Amygdala, yaitu pusat rasa cemas yang ada di otak, menjadi terlalu aktif bekerja sehingga sistem saraf menjadi tidak seimbang. Akibatnya, ketidakseimbangan ini membuat tubuh merasakan gejalaĀ yang mirip dengan COVID-19, yaitu batuk-batuk, nyeri, agak meriang, padahal suhu tubuh normal.Ā Alhasil, pandemi COVID-19 bukan hanya mengancam kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Nah, berikut ini kami bahas cara agar tidak stres selama pandemi COVID-19 yang bikin sistem imun lebih baik.

Cara Agar Tidak Stres Selama Pandemi COVID-19

Ketika kita stress atau cemas, hal itu akan melemahkan imunitas, yang pada akhirnya akan membuat tubuh mudah jatuh sakit. Jadi, agar tubuh dan pikiran kamu tetap sahat, yuk coba delapan cara agar tidak stres selama pandemi COVID-19, yang akan membuat sistem imun menjadi lebih baik.

1. Lakukan social media distancing

Ya, cara agar tidak stres selama pandemi COVID-19 salah satunya kamu perlu membatasi diri terhadap paparan berita dan media sosial mengenai COVID-19. Dapatkan informasi mengenai COVID-19 secukupnya saja.

  1. CaraĀ pertama, kamu bisa mute keyword COVID-19 di media sosial. Abaikan juga konten-konten COVID19 yang berseliweran di grup Whatsapp.
  2. Kedua, terapkan aturanĀ no gadget at homeĀ agar anggota keluarga bisa fokusĀ quality timeĀ di rumah. Batasi penggunaan media sosial di rumah untuk menjernihkan pikiran. Misalnya, tidak lagi membaca media sosial setelah pukul 21.00 WIB, agar pikiran menjadi rileks menjelang waktu tidur.
  3. Ketiga, saring sebelum sharing. Hati-hati termakan beritaĀ hoaxĀ atau berita yang hanya mencari sensasi dengan headline yang berlebihan (clickbait). Agar kamu terhindar dari beritaĀ hoax, cobalah untuk mengonsumsi berita dari mediaĀ mainstreamĀ dan terpercaya. Untuk memperolehĀ updateĀ terbaru seputar virus corona dan COVID-19 di indonesia, kamu bisa membuka di situs resmi pemerintah yakniĀ www.covid19.go.idĀ atau situs World Health Organization (WHO)Ā https://www.who.int/.

2. Berkomunikasi dengan keluarga dan teman

Selama ini, aktivitas kamu di pagi hari dimulai dengan bangun, lalu tergesa-gesa menyiapkan diri sendiri dan pasangan sebelum bekerja, menyiapkan anak-anak ke sebelum berangkat ke sekolah, baru kemudian berangkat ke kantor. Sepulang kantor, boleh jadi kamu juga jarang memilikiĀ quality timeĀ bersama anak dan keluarga.

Nah,Ā periodeĀ work from homeĀ (WFH) ini sebetulnya bisa kamu manfaatkan untuk membangun komunikasi yang lebih positif dengan keluarga dan teman. Sebab, ketika berkegiatan di rumah, tidak ada waktu yang terbuang di jalan, sehingga kamu punya lebih banyak waktu untuk dihabiskan dengan keluarga. Membangun komunikasi yang positif ini tak hanya sebatas orang yang di rumah. Kamu juga bisa memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi dengan keluarga yang beda tempat tinggal. Misalnya, kamu bisa melakukanĀ video callĀ dengan orangtua, saudara, teman kantor, atau teman nongkrong.

3. Lakukan hal yang bisa bikin kamu bahagia

Pakai waktu WFH ini untuk melakukan hal-hal yang bikin kamu bahagia bisa menjadi cara agarĀ tidak stresĀ selama pandemi COVID-19. Mungkin kamu sudah pernah melihatĀ memeĀ di social media yang bilang, ā€œWFH turns everyone into Gordon Ramsay.ā€ Guyonan ini sama sekali tidak salah. Karena di periode ini, kamu punya banyak waktu dan kesempatan untuk melakukan hobi atau aktivitas yang sebelumnya tidak pernah atau jarang kamu lakukan.

Kamu bisa mulai memasak,Ā  mencoba resep baru, menjahit, olahraga, main musik, atau bahkan melukis. Bahkan, bagi sebagian orang, merapikan rumah adalah hal yang menyenangkan. Jika kamu juga termasuk yang demikian, kamu bisa mengisi waktu di rumah dengan merapikan lemari, merapikan meja rias, ruang tamu, membersihkan laptop,Ā gadget, kabel-kabelĀ charger, dompet, dan barang-barang pribadi yang selama ini terabaikan kebersihannya.

4. Kreatif cari kegiatan bersama sahabat secara virtual

Kita memang perluĀ physical distancing. Tetapi, siapa bilang kamu tidak bisa ā€œnongkrongā€ dan ā€œkumpulā€ sama teman-teman kamu? Kamu tetap bisa,Ā kok. Coba deh manfaatkan aplikasi Zoom, Skype, atau Google Hangout lalu lakukan kegiatan bersama-sama dengan teman secaraĀ live,Ā mulai dari makan siang bareng secaraĀ online,Ā ngopi bareng di beranda rumah masing-masing, bersenda gurau sambil berjemur pagi, dan bahkan beribadah bareng. Kamu juga bisa memanfaatkan Instagram Live untuk olahraga bareng, main musik dengan temanĀ band, dan lain-lain. Biar tambah lucu, coba juga menentukanĀ dress code.

5. Terus isi pikiranmu dengan hal positif

Keep your mind busy.Ā Lakukan kegiatan positif selain membaca berita. Misalnya, cobalah mengisi waktu dengan jalan-jalan virtual ke beberapa tempat wisata internasional sepertiĀ Disneyland Tokyo,Ā Menara Eiffel,Ā Angkor Wat,Ā Taj Mahal, danĀ Colloseum. Kamu juga bisa mengikuti kursusĀ onlineĀ melaluiĀ webinar, conference call,Ā atauĀ platformĀ kursusĀ onlineĀ sepertiĀ edx,Ā udemyĀ danĀ MasterClass.Ā Beberapa universitas terkemuka bahkan memberikanĀ online courseĀ gratis sepertiĀ Harvard University.Ā 

6. Tulis mantra yang baik untuk memotivasi diri

"This too shall pass."

Bangun semangat kamu setiap pagi dengan menulis mantra yang baik malam sebelumnya. Kemudian, tempelkan mantra ini di tempat yang kamu lihat setiap hari, seperti kaca, atau meja kerja. Kata-kata ini bisa kamu ciptakan sendiri, mengutipĀ quoteĀ pembangkit motivasi dari tokoh-tokoh ternama, atau mengutip ayat-ayat kitab suci.

7. Lakukan self-care

Di masa-masaĀ self quarantineĀ ini jangan lupa untuk memanjakan diri sendiri lewat berbagaiĀ me time.Ā Misalnya, bagi para perempuan, kamu bisa melakukan DIY spa, berjemur, luluran,Ā manicure,Ā dan sebagainya.Ā Sementara, bagi kaum pria, kamu bisa shaving dengan leluasa, mengecat rambut, membersihkan barang-barang hobi, dan sebagainya.Ā Ā Oh ya, kamu juga bisa memanjakan orang tercinta di rumah lewat kegiatanĀ self-careĀ ini, misalnya memotong rambut anak atau memijat pasangan.

8. Fokus untuk tetap tenang

Yang tak kalah penting dalam masa ini ialah menjaga pikiran agar tetap tenang. Cemas yang berlebihan akan membuat kamu lebih mudah terpancing emosi, gampang menghakimi orang lain, dan akhirnya membuat keputusan yang tidak bijak.Ā Cara agar tidak stres selama pandemi COVID-19 serta menjaga pikiran agar tetap tenang, kamu bisa melakukan meditasi, sadar akan setiap tindakan (mindfulness),Ā berolahraga minimal 30 menit sehariĀ untuk mengeluarkan hormon endorfin yang bisa meminimalisir kecemasan, atau makan makanan enak untuk membangkitkan gairah dan semangat.

Pastikan juga kamu merasa tenang karena memiliki perlindungan tepat yang manfaatnya juga mencakup COVID-19.

Astra Life memberikan perlindungan menyeluruh, termasuk penyakit yang disebabkan oleh COVID-19 lewat produkĀ AVA iFamily Protection. Produk asuransi jiwa ini melindungi kamu dan keluarga dari risiko finansial yang bisa terjadi, terutama di era pandemi ini.Ā AVA iFamily ProtectionĀ memberikan manfaatĀ pengembalian premi 100%Ā walaupun kamu sudah klaim.

Perlindungannya diantara lain adalah Manfaat Meninggal Dunia akibat penyakit (termasuk COVID-19), Santunan Rawat Inap dan ICU.

Sesuai namanya, produk ini adalah produk asuransi jiwa yangĀ family-based, sehingga kamu bisa mendapatkanĀ diskon hingga 20%Ā untuk paket pembelian keluarga.

Jadi, kamu dan keluarga bisa tetap tenang walau pandemi menyerang karenaĀ #iGotYourBack.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!