9 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

Dalam memilih asuransi kesehatan keluarga terbaik, tentu harus kamu pastikan lebih jeli agar bisa memperoleh perawatan optimal saat sakit.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

9 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

Dalam memilih asuransi kesehatan keluarga terbaik, tentu harus kamu pastikan lebih jeli agar bisa memperoleh perawatan optimal saat sakit.

Di tengah pandemi sekarang ini, kita tersadar bahwa harta yang paling berharga adalah kesehatan. Banyak orang berusaha menjalani pola hidup sehat agar tidak jatuh sakit. Mematuhi protokol kesehatan juga menjadi cara efektif untuk memastikan diri tetap terhindar dari penyakit. Selain itu, kita menjadi sadar bahwa memilih asuransi kesehatan keluarga terbaik penting untuk dimiliki agar kita dan keluarga bisa memperoleh perawatan kesehatan yang optimal ketika sakit, tanpa harus menguras tabungan. Simak ulasannya berikut.

Kriteria Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

1. Menawarkan manfaat rawat inap yang optimal

Dalam memilih asuransi kesehatan keluarga terbaik, hal pertama yang perlu kamu perhatikan ialah mencermati manfaat rawat inap yang ditawarkan. Alasannya sederhana saja, rawat inap merupakan jenis perawatan yang membutuhkan biaya besar. Manfaat biaya rawat inap yang biasa ditawarkan ialah, biaya kamar, dokter, biaya pengobatan, cek laboratorium, dan sebagainya. Semakin banyak manfaat rawat inap yang ditanggung, semakin bagus asuransi kesehatan tersebut.

2. Melindungi lebih banyak penyakit, termasuk penyakit pandemi.

Asuransi kesehatan keluarga terbaik akan memberikan perlindungan atas berbagai penyakit, termasuk penyakit yang bisa menimbulkan pandemi, contohnya saat ini COVID-19. Saatnya mempertimbangkan asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan terhadap COVID-19.Jadi, saat mencari asuransi kesehatan, hal pertama yang seharusnya kamu lihat adalah daftar penyakit yang masuk dalam daftar tanggungan. Semakin banyak risiko penyakit yang dilindungi, maka semakin baik pula asuransi kesehatan tersebut. Berdasarkan kriteria ini, salah satu asuransi kesehatan yang layak kamu pertimbangkan ialah asuransi kesehatan dari Astra Life dengan manfaat tambahan 117 Crisis Cover.

3. Jaringan rumah sakit luas

Selain memberikan perlindungan kesehatan terhadap berbagai penyakit, memilih asuransi kesehatan keluarga terbaik yang layak dipertimbangkan adalah yang memiliki jaringan rumah sakit yang luas. Jangan sampai memilih asuransi kesehatan yang menawarkan perlindungan atas beragam jenis penyakit, tetapi asuransi itu hanya diterima di sedikit rumah sakit.

Mengingat kamu tidak tahu apa risiko yang akan kamu hadapi di masa mendatang, maka lebih baik kamu memilih asuransi kesehatan yang tidak memberlakukan limit untuk tiap perawatan, melainkan limit gabungan. Karena, asuransi kesehatan yang memberlakukan limit gabungan akan menawarkan fleksibilitas bagi pemegang polis.

4. Fleksibel dalam penentuan premi serta manfaat

Pilihlah perusahaan asuransi kesehatan yang memungkinkan nasabah mengubah manfaat serta biaya premi sesuai dengan kebutuhan. Dengan pilihan semacam ini, kamu bisa akan lebih mudah menyesuaikan rencana keuangan di masa-masa mendatang.

Ketika kamu ingin melakukan upgrade atau downgrade, kamu bisa melakukan hal itu di polis yang sama. Tentu ini lebih praktis, karena nasabah tidak perlu mencari asuransi kesehatan lain yang sesuai dengan kebutuhannya dan memulai proses pendaftaran dari awal lagi. Polis asuransi kesehatan yang fleksibel juga memungkinkan nasabah bisa senantiasa terlindungi di setiap tahapan hidup.

Salah satu asuransi yang memberikan fleksibilitas adalah Flexi Critical Illness, asuransi penyakit kritis dari Astra Life. Dengan perlindungan hingga Rp2 miliar tanpa cek medis, Flexi Critical Illness memberi perlindungan yang mencakup 3 penyakit kritis paling umum di Indonesia, aitu Stroke, Jantung dan Kanker dari stadium awal.

5. Memberlakukan limit gabungan, tanpa limit per perawatan

Setiap asuransi kesehatan pastinya akan memberlakukan limit pertanggungan. Namun bentuk batasan yang diberlakukan antara asuransi kesehatan yang satu dengan yang lain bisa berbeda. Limit yang pasti ada dalam setiap asuransi kesehatan adalah limit gabungan. Istilah ini sendiri merujuk ke batas nilai penggantian yang bisa diberikan oleh asuransi ke nasabahnya, biasanya dalam waktu setahun.

Selain memberlakukan limit gabungan, ada juga asuransi kesehatan yang memberlakukan limit untuk tiap jenis perawatan. Contoh jenis perawatan ini misalnya, limit biaya konsultasi, limit biaya bedah, dan lainnya. Jadi, jumlah dari seluruh limit perawatan akan sama dengan limit gabungan.

6. Masa tunggu yang singkat

Asuransi Kesehatan umumnya memberlakukan masa tunggu atau waiting period atas beberapa jenis penyakit tertentu, misalnya enam bulan atau satu tahun setelah polis aktif. Nah, salah satu kriteria memilih asuransi kesehatan terbaik yang layak kamu pertimbangkan adalah masa tunggu yang singkat. Semakin singkat waktu tunggu suatu polis, semakin cepat kamu dapat menikmati manfaat dari asuransi kesehatan tersebut.

7. Proses klaim mudah

Sebuah asuransi kesehatan terbaik tidak hanya akan menawarkan manfaat perlindungan yang luas saja. Tapi juga akan merealisasikan janji perlindungan dengan memberlakukan proses klaim yang mudah. Jadi, nasabah akan benar-benar merasakan secara nyata manfaat yang ditawarkan asuransi kesehatan. Prosedur klaim yang jelas dan sederhana itu misalnya, mengisi dan tanda tangan formulir dan melengkapi dokumen. Dan yang lebih penting lagi di masa sekarang adalah, memungkinkan pemegang polis untuk mengunduh formulir klaim dan mengunggahnya secara online.

8. Menyediakan fasilitas cashless

Dengan memiliki asuransi kesehatan terbaik, kamu tentu berharap mendapatkan ketenangan pikiran di masa-masa sulit sekalipun. Ambil contoh, di saat kamu jatuh sakit dan harus menjalani rawat jalan atau rawat inap. Di saat yang sama, uang tunai di rekening kamu terbatas. Itu sebabnya, kriteria lain yang harus kamu gunakan saat memilih asuransi terbaik adalah ketersediaan fasilitas non tunai atau cashless. Asuransi kesehatan yang menyediakan fasilitas cashless memungkinkan pemegang polis menjalani rawat inap tanpa harus membayar terlebih dahulu.

Namun yang patut dicatat, fasilitas cashless ini hanya berlaku di rumah sakit yang sudah menjadi rekanan asuransi. Itu sebabnya, kamu juga perlu memastikan seberapa luas jaringan rumah sakit yang menjadi rekanan saat memilih asuransi kesehatan terbaik.

9. Ada manfaat tambahan untuk penyakit kritis

Asuransi kesehatan keluarga terbaik juga akan memberikan perlindungan terluas bagi para tertanggungnyatermasuk perlindungan terhadap risiko penyakit kritis. Perlindungan semacam ini penting mengingat perawatan penyakit kritis membutuhkan biaya medis yang besar dan menjadi penyebab utama kematian.

Salah satu asuransi kesehatan yang memenuhi kriteria ini adalah AVA iBright Protector, asuransi jiwa tersambung investasi (unit link) dari Astra Life yang memberikan manfaat kematian, manfaat terminal illness, serta manfaat cacat total dan tetap. Agar lebih optimal, kamu juga bisa melengkapi AVA iBright Protector dengan manfaat tambahan berupa perawatan medis dan bedah (hospital and surgical/HS).

Menemukan asuransi kesehatan terbaik memang keinginan banyak orang. Dengan mencermati kriteria di atas, kamu bisa memilih asuransi kesehatan terbaik dari Astra Life yang memberikan perlindungan optimal. #iGotYourBack

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!