Akhirnya Pulang Kampung! Ini Tips Sehat Saat Mudik dan Lebaran 2022

Lebaran 2022 segera tiba. Salah satu kebahagiaan berlebaran adalah bisa berkumpul bersama keluarga. Supaya tetap sehat dan bisa menikmati Hari Raya Idul Fitri 2022 bersama keluarga, jangan lupa perhatikan hal-hal berikut.

Durasi baca: 3 menit

Akhirnya Pulang Kampung! Ini Tips Sehat Saat Mudik dan Lebaran 2022

Akhirnya Pulang Kampung! Ini Tips Sehat Saat Mudik dan Lebaran 2022

Lebaran 2022 segera tiba. Salah satu kebahagiaan berlebaran adalah bisa berkumpul bersama keluarga. Supaya tetap sehat dan bisa menikmati Hari Raya Idul Fitri 2022 bersama keluarga, jangan lupa perhatikan hal-hal berikut.

Durasi baca: 3 menit

Berbeda dari perayaan Idul Fitri dua tahun sebelumnya, Lebaran 2022 ini umat muslim di Indonesia sudah boleh merayakan lebaran di kampung halamannya, alias mudik. Kerinduan merayakan Idul Fitri bersama keluarga tersayang pun akan terobati. Kabar gembira ini tentu saja bisa menambah semangat kamu mempersiapkan perayaan Lebaran2022. Jangan lupa jaga kesehatan tubuhmu saat mudik dan lebaran agar momen berkumpul bersama keluarga bisa berjalan lancar.

Persiapan Mudik 2022

Mudik tentu membutuhkan banyak persiapan. Mulai dari menghitung kondisi finansial, menyiapkan kendaraan atau alternatif transportasi, hingga mempertimbangkan berbagai risiko di perjalanan. Namun ada satu hal yang tak kalah penting dipersiapkan yakni kondisi kesehatan tubuh kamu dan keluarga. Berikut beberapa persiapan mudik yang perlu kamu lakukan agar tubuh tetap fit selama di perjalanan:

1. Pastikan kamu sudah divaksin secara lengkap

Kelengkapan vaksin, dari mulai dosis pertama, kedua dan booster merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi pemudik agar bisa pulang ke kampung halaman tahun ini. Selain sebagai syarat administratif, vaksin booster juga penting buat menjaga kesehatan kamu dan orang-orang tersayang di kampung halaman. Meski sudah dalam masa transisi dari pandemi ke endemi, virus corona belum benar-benar hilang, oleh karenanya kita harus meminimalisir risiko terpapar dan memaparkan. Jadi, bagi yang belum melengkapi vaksinasi pastikan kamu segera mendaftar melalui aplikasi Peduli Lindungi atau kunjungi faskes penyedia vaksin terdekat.

2. Lakukan istirahat yang cukup 

Kondisi tubuh yang fit dibutuhkan untuk bisa melakukan perjalanan jauh, apalagi, jika kamu harus menyetir sendiri. Oleh karena itu, persiapkan tubuh kamu untuk mengantisipasi risiko kelelahan saat di jalan. Menyetir dalam kondisi lelah dan mengantuk bisa mengakibatkan kecelakaan. Jadi, segera berhenti di rest area jika lelah dan rasa kantuk melanda, atau siapkan partner mengemudi untuk bergantian menyetir.

3. Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang

Berkendara dalam kondisi sakit sangat berbahaya. Jangan anggap sepele seringan apapun penyakit yang biasa menyerang termasuk batuk, pilek, pusing, atau masuk angin. Karena hal itu bisa mengganggu konsentrasi saat menyetir. Oleh karenanya, jaga kesehatan tubuh kamu sebelum menjalani mudik dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang. 

4. Hindari jajanan tak sehat

Di sepanjang jalan menuju kampung halaman biasanya banyak rumah makan atau beraneka ragam jajanan makanan. Meskipun menarik mata, tapi kamu harus berhati-hati. Hindari jajanan yang tak sehat. Lihat kebersihannya dan hindari es-es, makanan yang terlalu berminyak, atau mengandung pemanis dan pewarna buatan. Karena jajanan tak sehat rentan membuat kamu sakit perut, batuk, dan pilek. Sayang sekali kan jika kamu harus sakit saat dalam perjalanan atau tiba di kampung halaman.

5. Konsumsi vitamin

Untuk meningkatkan imunitas tubuh kamu, jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin seperti vitamin C, Zinc, dan multivitamin lainnya menjelang dan saat mudik. Sesuaikan konsumsi vitamin dengan kebutuhan tubuhmu. Jika imun tubuh kamu kuat maka risiko gangguan penyakit bisa diminimalisir.

6. Lengkapi perlindungan dengan asuransi

Melengkapi perlindungan dengan asuransi saat mudik juga perlu dilakukan. Mengingat banyak hal yang bisa terjadi dalam perjalanan, kita tentu perlu mengantisipasi risiko yang tak terduga. Pastikan produk asuransimu bisa memiliki perlindungan ini. Bagi kamu yang masih mencari produk yang tepat, AVA iFamily Syariah dari Astra Life bisa menjadi pilihan tepat karena bisa memberikan perlindungan jiwa di setiap aktivitas termasuk saat kamu bersilaturahmi bersama keluarga di masa mudik lebaran. Dengan menyisihkan mulai dari Rp90.000,- saja tiap bulannya, kamu sudah bisa mendapatkan perlindungan lengkap hingga Rp1,04 miliar untukmu dan keluarga saat mudik lebaran.

Tips Sehat saat Lebaran 2022

Ketika sampai di kampung halaman, euforia bertemu keluarga dan kerabat biasanya membuat seseorang lupa pentingnya menjaga pola hidup sehat yang sudah dilakukan sebelum mudik. Belum lagi godaan beraneka menu hidangan di meja makan saat hari lebaran. Untuk itu, perhatikan hal-hal berikut agar kamu tetap sehat saat hari lebaran:

  • Jangan sampai telat makan

Berbincang dengan keluarga dan kerabat memang mengasikan, bahkan bisa bikin lupa waktu. Namun jangan sampai karena hal ini kamu lupa mengisi perut. Apalagi yang memiliki gangguan maag. Pastikan kamu makan tepat waktu mulai dari sarapan, makan siang, hingga makan malam. 

  • Ketika makan, awali dengan yang tinggi serat

Meski dalam suasana perayaan, kamu harus tetap bisa mengontrol makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya awali setiap kegiatan bersantap dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti sayur dan buah-buahan. Brokoli, wortel, pisang, apel, tomat, oat dan makanan berserat tinggi lainnya bisa menjadi pilihan. Makanan berserat tinggi dapat memperlambat tubuh dalam mencerna makanan. Makanan berserat tinggi juga baik untuk kesehatan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, serta bisa membantu mengendalikan berat badan.

  • Hindari makanan berlemak dan bersantan

Perayaan lebaran selalu identik dengan mengkonsumsi ketupat yang diseduh dengan kuah opor ayam atau sayur labu ditambah juga rendang atau semur daging. Namun, sayangnya makanan tersebut mengandung santan dan tinggi lemak sehingga konsumsinya harus dibatasi. Berbagai risiko gangguan kesehatan yang ditimbulkan dari hidangan berlemak dan bersantan diantaranya memicu kolesterol, penyakit jantung, meningkatkan asam lambung, hingga menyebabkan diare. 

  • Membatasi porsi makan

Keseruan berkumpul dengan keluarga dan melimpahnya makanan di Hari Raya, terkadang bisa membuat kita lupa diri dan mengonsumsi makanan melebihi porsi yang tepat untuk tubuh. Oleh karenanya penting bagi kamu untuk tetap mengontrol jumlah makanan yang masuk ke tubuh. Jika kamu ingin mencoba seluruh hidangan yang tersedia, cobalah untuk mengambil dengan piring kecil. Tunggu beberapa saat jika ingin mengambil makanan lainnya, untuk mengetahui apakah kamu memang masih lapar atau hanya “lapar mata”. Menurut sejumlah penelitian, mengonsumsi makanan dalam porsi kecil membantu memuaskan nafsu makan, menstabilkan kadar gula darah, dan menyediakan nutrisi bagi tubuh sepanjang hari.

  • Jaga asupan gula berlebih

Selain makanan berlemak dan santan, aneka makanan dan minuman manis biasanya ikut menyemarakkan jamuan hidangan di meja makan. Menikmati makanan dan minuman tersebut memang nikmat, tetapi jika terlalu banyak tidak baik untuk tubuh. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis rentan membuat kamu sakit tenggorokan, sakit gigi dan gusi, hingga obesitas. Karena makanan dan minuman yang tinggi gula bisa memacu produksi endorfin secara instan di dalam otakmu. Sehingga saat kadar endorfin turun, terjadilah sugar craving alias kamu jadi ingin terus menerus mengkonsumsi yang manis-manis. Hal ini tentu berbagaya, apalagi bagi kamu yang mengidap diabetes, maka perlu lebih ekstra hati-hati. Kementerian Kesehatan menyarankan batas konsumsi gula yang diperbolehkan untuk tubuh adalah 10% dari total kebutuhan kalori per hari (200 kkal). Jumlah ini setara dengan 4 sendok makan atau 50 gram gula per orang per hari.

  • Perbanyak air putih

Seimbangkan konsumsimu dengan perbanyak minum air putih. Penuhilah kebutuhan minimal 2 liter per hari agar tubuhmu semakin sehat. Sebab, air putih dapat ikut mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

  • Perbanyak gerak tubuh

Meskipun enak berkumpul sambil rebahan, tetapi kamu juga perlu perbanyak gerak tubuh apalagi setelah mengkonsumsi banyak hidangan lebaran. Cobalah untuk sempatkan jalan kaki di sekitar rumah sekalian mengunjungi tetangga atau melihat suasana kampung halaman. Berdasarkan riset The International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, orang dewasa membutuhkan jalan kaki setidaknya 4.000 hingga 18.000 langkah setiap hari supaya tetap sehat.

  • Istirahat yang cukup

Momen berkumpul bersama keluarga secara langsung memang menjadi momen yang sangat berharga saat ini. Rasanya tak ingin beranjak dan berhenti untuk bertukar cerita. Namun kamu tetap harus mengenali kemampuan tubuhmu. Jika sudah mulai kelelahan maka beristirahatlah dahulu. Mengingat ini menjadi mudik yang ditunggu banyak orang, kamu bisa mengatur jadwal pertemuan keluarga agar tak menumpuk di satu hari dan menghabiskan energimu. Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan tidur 6-8 jam per hari. Ini penting agar kamu tetap fit selama lebaran dan sesudahnya. Apalagi jika kamu harus pulang mudik untuk kembali ke rutinitas. Jangan sampai terlalu lelah dan menimbulkan risiko dalam perjalanan kembali ke rumah.

  • Jangan lupakan protokol kesehatan

Saat ini memang kita sudah mulai masuk masa transisi pandemi menuju endemi. Oleh karena itu aktivitas mudik atau pun sholat bersama di Masjid saat tarawih ataupun Idulfitri sudah mulai diperbolehkan. Aturan menjaga jarak sudah mulai diperlonggar di sejumlah wilayah, tetapi Kementerian Kesehatan mengingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan lainnya seperti menggunakan masker dan memakai peralatan pribadi saat sholat berjamaah. Bawalah sajadah sendiri dari rumah. Saat berkumpul bersama keluarga pun pastikan menggunakan alat makan terpisah tidak bersama dengan keluarga lainnya.

  • Kontrol juga kesehatan finansial

Hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah mengontrol kesehatan finansial agar tak boncos di Hari Raya. Lebaran 2022 memang momentum yang dinanti-nantikan oleh banyak orang. Bagi sebagian orang, rasanya tak ingin melewatkan momen lebaran kali ini dengan berbagi kebahagiaan kepada siapa saja. Tentu tak masalah, asalkan sesuai dengan kemampuan finansialmu. Jangan sampai memaksakan diri. Belilah kebutuhan lebaran seperlunya termasuk saat bagi-bagi THR dengan keluarga tersayang. Kamu bisa mengontrol kesehatan finansial dengan melakukan budgeting sebelum Hari Raya tiba. Jangan lupa juga menunaikan hal yang wajib dulu seperti membayar zakat dan fidyah.

Jadi marilah rayakan kebersamaan dengan keluarga dengan tetap memperhatikan kesehatan tubuhmu dan keluarga. Jangan sampai setelah lebaran kondisi tubuh jadi drop dan kamu malah sakit saat perjalanan kembali dari kampung halaman yang bisa menimbulkan risiko kecelakaan di jalan.

Agar tetap tenang, kamu juga bisa melengkapi proteksimu dari berbagai risiko jiwa dengan AVA iFamily Protection Syariah dari Astra Life. Untuk kamu yang ingin tahu informasi lebih lanjut seputar produk asuransi lainnya kamu bisa langsung kunjungi laman astralife.co.id. Jangan lupa follow juga Instagram @astralifeid untuk tips kesehatan dan keuangan lainnya. Urusan Sehat Jadi Tenang, #iGotYourBack.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!