Pentingnya Vaksin untuk Kekebalan Tubuh Anak Maupun yang Dewasa

Vaksin diproduksi untuk membentuk kekebalan tubuh manusia agar tidak mudah terjangkit penyakit. Vaksin dibuat dari bahan yang aman

Pentingnya Vaksin

Pentingnya Vaksin untuk Kekebalan Tubuh Anak Maupun yang Dewasa

Vaksin diproduksi untuk membentuk kekebalan tubuh manusia agar tidak mudah terjangkit penyakit. Vaksin dibuat dari bahan yang aman

Siapa yang ingin sakit? Tentunya setiap orang ingin sehat selalu dan terhindar dari berbagai penyakit. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk melindungi kesehatan ini adalah dengan pemberian vaksin.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan vaksin terbuat dari bibit penyakit (virus/bakteri) yang telah dilemahkan dan tidak menimbulkan penyakit. Terbuat dari bibit penyakit, vaksin diberikan dengan tujuan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memunculkan antibodi terhadap penyakit tersebut. Vaksin seringkali diberikan melalui suntikan.

Vaksin dapat diberikan untuk anak dan dewasa, tergantung pada kondisi kesehatan yang dibutuhkan. Pasalnya vaksin merupakan langkah awal pencegahan suatu penyakit sehingga vaksin penting dilakukan. Berikut manfaat yang diperoleh oleh tubuh dan masyarakat secara luas dengan melakukan vaksin:

1. Mencegah penyebaran penyakit

Bukan sekadar melindungi seseorang dari sebuah penyakit, pemberian vaksin juga dapat mencegah menyebarnya penyakit tersebut. Misalkan saja penyakit difteri yang dapat menular melalui percikan air ludah, batuk dan bersin dapat ditekan penyebarannya dengan semakin banyak anak atau dewasa yang mendapat vaksin DPT.

2. Melindungi dari risiko cacat dan kematian

Pemberian vaksin diyakini dapat melindungi dari risiko cacat dan kematian. Jika seorang ibu hamil terkena virus rubella (campak Jerman), maka besar potensi janin yang dikandungnya terjangkit penyakit yang sama. Kehadiran vaksin yang masuk ke tubuh ibu hamil berfungsi untuk melindungi janin dari risiko cacat dan kematian dari virus rubella.

Pemberian vaksin yang tepat membentuk sekaligus meningkatkan antibodi tubuh seseorang. Sebagai investasi kesehatan, kondisi ini membuat tubuh Anda tidak cepat terjangkit penyakit. Bisa dibayangkan antibodi lemah hanya akan membuat tubuh Anda mudah terkena penyakit sehingga sakit berkepanjangan.

3. Daya tahan tubuh lebih kuat

Pemberian vaksin yang tepat membentuk sekaligus meningkatkan antibodi tubuh seseorang. Sebagai investasi kesehatan, kondisi ini membuat tubuh Anda tidak cepat terjangkit penyakit. Bisa dibayangkan antibodi lemah hanya akan membuat tubuh Anda mudah terkena penyakit sehingga sakit berkepanjangan. Kerugian waktu dan finansial pun tak bisa ditolak.

Usaha Pemerintah Menjamin Vaksin

Terbuat dari mikroorganisme yang belum tentu diproduksi oleh tubuh, vaksin kerap mendatangkan tanda tanya. Mulai dari faktor higienitas hingga jaminan halalnya. Namun penelitian maupun pengembangan produksi vaksin terus dilakukan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) bekerjasama dengan beberapa pihak. Hal ini dikarenakan proses menjamin vaksin yang digunakan sudah sesuai dengan standar internasional dan selama proses produksi sesuai dengan Good Manufacturing Practices (GMP) mulai dari penerimaan bahan baku, proses produksi, pengemasan, hingga distribusi.

Seperti yang terjadi dalam penanggulangan terhadap kejadian luar biasa (KLB) penyakit difteri setahun belakangan ini. Kemenkes melaksanakan outbreak respons immunization (ORI) untuk meningkatkan kekebalan masyarakat sehingga dapat memutus mata rantai penularan difteri. Vaksin difteri yang diproduksi oleh Biofarma dipastikan melewati serangkaian pengujian yang ketat, untuk mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM), dan untuk dapat mengekspor vaksin, produk Biofarma harus diaudit oleh WHO.

Begitu juga dengan vaksin campak (MR) yang sedang digalakkan untuk anak usia 9 bulan sampai 15 tahun guna mencegah terjadinya penyakit campak dan rubella yang disebabkan oleh virus. Kemenkes terus mempercepat sertifikasi halal dengan meminta data detail dari Serum Institute of India (SII) selaku produsen vaksin MR. Hal ini seiring dengan usaha Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mengeluarkan fatwa tentang vaksin MR.

Seperti yang dilansir dari Alodokter, campak dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan demam, ruam, batuk, pilek, dan mata merah serta berair. Komplikasi bisa terjadi hingga menyebabkan infeksi telinga, diare, pneumonia, kerusakan otak, dan kematian. Sedangkan rubella bisa terjadi pada anak dan remaja yang ditandai dengan demam, sakit tenggorokan, ruam, sakit kepala, hingga menyebabkan koma atau kematian. Virus ini juga memberi dampak buruk jika terkena ibu hamil karena bisa menyebabkan keguguran, bayi terlahir cacat (mengalami kebutaan atau tuli), dan bayi terlahir mati.

Untuk vaksin yang dibutuhkan, Anda dapat melihat rujukannya pada bidan, dokter, maupun rumah sakit terdekat. Ada vaksin yang wajib diberikan untuk anak seperti hepatitis B, BCG, Polio, MMR (diganti menjadi MR oleh Departemen Kesehatan RI), dan DTP. Sedangkan untuk dewasa, beberapa vaksin yang dibutuhkan antara lain vaksin meningitis untuk keperluan ibadah haji atau hendak berpergian ke wilayah sub-sahara Afrika, vaksin yellow fever yang diperlukan jika hendak ke Afrika Selatan, dan lain sebagainya. Vaksin ini bisa diperoleh di puskesmas, rumah sakit, rumah vaksin, klinik dan praktik dokter.

Vaksin sebagai langkah awal pencegahan terhadap penyakit bisa dilengkapi dengan perlindungan kesehatan seperti iBright Protector dengan manfaat rawat Inap di seluruh Rumah Sakit di Indonesia dan dunia secara cashless. Dapat ditambahkan manfaat kesehatan lainnya yang lengkap seperti Santunan Rawat Inap Harian hingga Rp 600.000/hari, manfaat rawat inap dan pembedahan sesuai tagihan RS, dan lainnya. #iGotYourBack

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Subscribe ke iLoveLife Daily Blog untuk mendapatkan newsletter artikel ter-update!

Selamat Anda telah tergabung menjadi subscriber blog iLoveLife

Terdapat kesalahan dari permintaan anda. Mohon coba lagi.

Love Life will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.