Memilih Jenis Asuransi Anak Terbaik? Cek Tips Ini

asuransi anak terbaik

Hal paling utama ketika Anda menjadi orangtua ialah memastikan masa depan anak terjamin. Mempersiapkan masa depan ini mulai dari biaya kesehatan hingga dana pendidikan yang bisa memastikan mereka mengecap jenjang pendidikan terbaik, meski Anda sudah tiada. Salah satu produk keuangan yang bisa Anda gunakan untuk mempersiapkan masa depan ini ialah asuransi untuk anak. Tapi, ada begitu banyak asuransi anak dan keluarga yang ditawarkan di luar sana. Lalu apa saja yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih asuransi anak terbaik?

Pertimbangkan hal ini dalam memilih asuransi anak terbaik

Bingung memilih? Wajar. Apalagi, bagi Anda para orangtua muda. Apa saja ya hal-hal yang perlu dipikirkan sejak sekarang untuk memastikan masa depan anak-anak Anda terjamin? Yuk, simak catatan-catatan berikut agar pertimbangan memilih asuransi untuk anak Anda lengkap dan menyeluruh!

1. Pilih asuransi anak yang menyediakan manfaat kesehatan dan jiwa

Salah satu aspek kesejahteraan dasar yang perlu dipersiapkan orangtua untuk anak ialah kesehatan anak. Agar anak-anak memperoleh layanan asuransi kesehatan terbaik ketika mereka sakit, Anda bisa memilih asuransi yang menyediakan manfaat perlindungan kesehatan dan perlindungan jiwa untuk anak. Umumnya, asuransi semacam ini tersedia dalam asuransi kesehatan keluarga, di mana satu polis bisa melindungi seluruh anggota keluarga.

Dalam memilih hospital benefit untuk anak, Anda bisa mempertimbangkan manfaat yang Anda peroleh dari tunjangan kesehatan kantor. Dengan demikian, Anda bisa memilih manfaat penggantian biaya pengobatan atau hospital benefit sesuai dengan kebutuhan.

BACA JUGA: Pengertian Asuransi Umum atau General Insurance yang Perlu Anda Tahu

2. Pertimbangkan biaya pendidikan dalam memilih asuransi anak terbaik

Salah satu yang menjadi perhatian utama para orangtua adalah pendidikan anak. Yang perlu diingat, biaya pendidikan saat ini akan berbeda dengan beberapa tahun ke depan, ketika anak Anda memasuki usia pendidikan tertentu. Begitu pula biaya kuliah yang harus dipersiapkan sejak dini jika tidak ingin kewalahan di kemudian hari. Anda bisa mempersiapkan biaya pendidikan ini dengan memiliki asuransi jiwa murni yang juga menawarkan nilai tunai. Nilai tunai ini dapat Anda gunakan untuk tujuan-tujuan di masa depan, salah satunya dana pendidikan. Di pasar asuransi, asuransi jiwa murni yang menawarkan fungsi ganda berupa manfaat kematian dan nilai tunai untuk dana pendidikan seperti ini disebut juga asuransi jiwa dwiguna (endowment life insurance).

Dalam menentukan UP dan nilai tunai yang akan terbentuk, Anda bisa menghitung dana pendidikan yang dibutuhkan. Untuk memastikan Anda tidak salah hitung, catat sekolah-sekolah incaran yang ingin dituju lalu cek biayanya. Jangan lupa kalkulasikan nilai potensi inflasi selama tahun berjalan hingga tahun yang dituju, sehingga dana yang disiapkan tidak meleset angkanya. Tidak salah untuk membuat beberapa opsi, disesuaikan dengan kemungkinan kondisi keuangan keluarga terbaik dan terburuk.

3. Kenali risiko investasi dalam asuransi asuransi pendidikan anak

Jenis asuransi anak lainnya yang menyediakan manfaat proteksi dan nilai tunai ialah unit link insurance, yakni asuransi sekaligus investasi. Berbeda dengan nilai tunai yang terdapat di asuransi jiwa dwiguna, nilai tunai pada asuransi unit link berasal dari pengembangan dana investasi di pasar modal. Sehingga, investasi ini berisiko naik dan turun, tergantung pergerakan pasar.

Jika Anda memilih menyiapkan dana pendidikan melalui produk asuransi kesehatan unit link atau asuransi jiwa unit link, kenalilah risiko investasi ini. Karena, yang namanya investasi pasti ada risiko untung atau rugi. Pahami risiko itu dengan mempelajari berbagai seluk beluk asuransi unit link agar Anda dapat memilih produk pasar modal yang tepat.

BACA JUGA: Asuransi Penyakit Kritis: Manfaat, Cara Kerja, dan Kenapa Kita Membutuhkannya

4. Pastikan kredibilitas perusahaan asuransi anak yang dipilih

Track record provider asuransi menjadi hal yang wajib Anda telusuri dengan jeli. Anda bisa memeriksanya di laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pemberitaan. Jangan coba-coba memilih perusahaan asuransi yang tidak menampilkan profil mereka dengan lengkap dan jelas. Perusahaan asuransi yang baik juga akan menjelaskan tentang mekanisme pembayaran premi, uang pertanggungan, dan besaran biaya-biaya lainnya dengan jelas. Jangan malas browsing tentang segala istilah yang muncul dalam penawarannya, ya.

5. Perkecil segala kemungkinan lain yang ganggu kondisi keuangan

Tidak ada yang bisa memastikan bagaimana kondisi Anda sebagai orangtua dalam lima atau sepuluh tahun ke depan. Jadi, jangan hanya fokus pada biaya pendidikan dalam menyiapkan masa depan Anda. Untuk memperkecil kemungkinan pendidikan anak terganggu karena hal buruk terjadi pada Anda, maka Anda juga perlu melindungi diri dengan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Jenis-jenis asuransi untuk anak yang dapat Anda pertimbangkan

Dari pertimbangan di atas, jenis-jenis asuransi anak terbaik berikut ini bisa jadi pilihan Anda untuk mempersiapkan masa depan anak:

Asuransi jiwa. Jenis proteksi yang wajib dimiliki oleh Anda yang sudah berkeluarga. Dengan memiliki asuransi jiwa terbaik, keluarga Anda akan mendapatkan Uang Pertanggungan jika Anda tutup usia. Uang Pertanggungan tersebut dapat dipakai untuk banyak hal, seperti pengganti penghasilan (jika Anda pencari nafkah), warisan, biaya pendidikan anak, dan lain-lain.

Asuransi jiwa yang perlu Anda pertimbangkan adalah Flexi Life, asuransi jiwa dari Astra Life yang sangat fleksibel. Besar Uang Pertanggungannya bisa Anda #AturSendiri dan pembayaran bisa dilakukan pertahun, sehingga harga premi dan besar manfaatnya dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan proteksi Anda saat itu.

Asuransi jiwa dwiguna. Ini adalah jenis asuransi jiwa yang menawarkan perlindungan jiwa sekaligus dana pendidikan anak. Menurut laman OJK, asuransi dwiguna ialah proteksi yang memberikan jumlah uang pertanggungan saat tertanggung mengalami risiko dalam periode tertentu, sekaligus memberikan seluruh uang pertanggungan jika ia masih hidup pada masa akhir pertanggungan.

BACA JUGA: Yuk, Kenalan dengan Flexi Life: Asuransi Ultra Fleksibel Pertama di Indonesia

Asuransi jiwa dwiguna memiliki premi lebih besar dari jenis asuransi lainnya. Namun itu jumlah yang wajar jika menimbang jenis proteksi dan manfaat yang diberikan. Salah satunya AVA iPlan Protection dari Astra Life. Ini adalah asuransi yang memberikan perlindungan terhadap risiko meninggal dunia beserta Manfaat Tahapan dan Manfaat Akhir Kontrak yang Anda bayarkan dengan masa pertanggungan hingga Tertanggung mencapai usia 70 tahun.

Asuransi kesehatan. Ini perlu masuk dalam pertimbangan karena salah satu yang bisa merusak perencanaan keuangan Anda adalah biaya pengobatan. Apalagi pengobatan untuk penyakit kritis seperti stroke, penyakit jantung, atau kanker. Salah satunya, Flexi Critical Illness. Produk Astra Life yang dirancang untuk memastikan penyakit-penyakit kritis macam itu tidak akan merusak perencanaan keuangan keluarga Anda.

Jadi sudahkah Anda membuat perencanaan masa depan anak-anak dengan pertimbangan yang lengkap? Yuk, mulai hitung dari sekarang biaya asuransi anak terbaik agar lebih banyak waktu menyiapkan berbagai perlindungan, salah satunya melalui asuransi untuk anak.

Related Posts

Pilih Masker atau Face Shield? Ini yang Perlu Kamu Pahami

Efektivitas masker menghalau virus corona sudah terbukti. Banyak penelitian yang membuktikan masker penutup wajah efekti...

Rekomendasi Film dan Serial Netflix Pelepas Stres di Masa Pandemi Corona

Bioskop segera buka kembali? Ya, pemerintah memang tengah mempertimbangkan untuk membuka kembali bioskop. Dilansir Komp...

Agar Tetap Aman Olahraga di Tengah Pandemi, Perhatikan 9 Tips Ini

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, olahraga juga bisa membuat tubuh menghasilkan hormon endorfin yang berfungsi membu...




« | »
Read previous post:
bahaya bau cat
9 Bahaya Bau Cat bagi Kesehatan dan Kenali Gejalanya

Ketika memilih cat untuk rumah, sering kali Anda hanya mempertimbangkan faktor warna dan harga. Padahal, ada bahaya bau cat yang...

Close