Beladiri untuk Perempuan? Ini Rekomendasi Tempatnya!

43031610_M

Aktivitas masyarakat urban masa kini yang tinggi, terutama di kota besar seperti Jakarta, menuntut perempuan untuk lebih aktif dan independen. Sudah bukan pemandangan langka melihat perempuan pulang di malam hari sendirian. Meski demikian, berbagai aksi kriminalitas menjadi ancaman tersendiri. Berita kriminalitas terhadap perempuan jelas merupakan ancaman yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Tapi tingginya tingkat kriminalitas bukanlah halangan bagi perempuan untuk mengejar mimpi mereka. Misalnya, seperti cerita para srikandi Gojek yang “bertarung” di jalanan Ibukota. Apalagi, menghadapi ancaman tersebut, sesungguhnya perempuan sudah dibekali ‘senjata’. Meski secara lahiriah tidak memiliki kekuatan fisik layaknya pria, perempuan memiliki kekuatan lain yang tak kalah mumpuninya.

Baca Juga: Miliki Tubuh Ideal dalam 20 Menit dengan 20FIT

Peneliti dari Kyoto University di Jepang, Nobuo Masataka dan Masashiro Nabasaki, mengungkapkan bahwa perempuan memiliki kemampuan seperti indera keenam dalam mendeteksi bahaya di sekitarnya. Pada saat hormon progesteron dalam tubuhnya meningkat disertai dengan hormon-hormon lain seperti corsitol dan estradiol, maka pada saat itulah kesiagaan perempuan akan segala sesuatu di sekitarnya sangat tinggi.

Karena memiliki indera keenam yang tajam untuk mendeteksi bahaya di sekitarnya, banyak Kaum Hawa melengkapinya dengan mempelajari ilmu bela diri untuk mempertahankan mereka. Berikut ini beberapa ilmu bela diri yang banyak dipelajari perempuan dan tempat yang kami rekomendasikan sebagai tempat berlatih. Daftar tempat berlatih ini dengan mempertimbangkan fasilitas dan kenyamanannya. Sehingga, Anda perempuan, tak perlu ragu untuk mulai berlatih di sini.

Krav Maga

Sistem pertahanan diri ala militer ini berasal dari Israel. Karena terbukti sangat efektif dalam melindungi diri dan menjaga kebugaran tubuh, maka Krav Maga dikembangkan untuk kalangan sipil. Krav Maga menggunakan gerakan dasar seni bela diri seperti pukulan, tendangan, menyikut, dan menyundul dengan lutut. Gerakan khas Krav Maga adalah serangan ke bagian vital seperti mencolok mata, serangan ke leher, tendangan ke alat kelamin, dan sebagainya. Karena gerakannya sangat membahayakan, maka pelindung lengkap wajib dikenakan setiap berlatih. Bukan hanya mengenakan pelindung lengkap yang bisa Anda lakukan saat berlatih Krav Maga. Karena tingginya risiko cedera saat berlatih, sepatutnya Anda miliki perlindungan lain berupa asuransi khusus penggiat olahraga dan atlet.

Seperti bela diri lainnya, Krav Maga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Manfaat yang bisa diperoleh antara lain peningkatan kebugaran tubuh, lebih berenergi, dan berat badan terkontrol.

Latihan Krav Maga sebaiknya dilakukan minimal 2-3 kali seminggu. Kalori yang terbakar tergantung seberapa intens latihannya. Rata-rata satu kali latihan selama satu jam bisa membakar kalori hingga 500-600 kalori.

Berlatih di mana?

Syena Martial Arts Centre
Jalan Daksa 4 No.69
Jakarta Selatan
Telepon: 0811999979, 08971672003

Tactical Krav Maga Fast Track Course
Sports Club BSD
Telepon: 08161809936 (Bapak Nurham)

Adria Fitness Center
Jalan Cempaka V Nomor 3
Bintaro

Tinju

Adalah Adriana Lima, supermodel asal Brasil, membuat olahraga tinju yang terkesan maskulin menjadi sexy. Ia pula yang membuat olahraga beladiri ini menjadi populer, bahkan menjadi olahraga favorit di kalangan model dunia seperti Karlie Kloss dan Gigi Hadid.

Selain berfungsi sebagai teknik bela diri, tinju juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Menurut Dr. Jordan Metzl, dokter olahraga medis dari New York Hospital for Special Surgery, olahraga tinju dapat membangun kekuatan tubuh yang sangat baik, terutama bagi perempuan yang melakukan olahraga ini. Pasalnya, menurut Jordan, perempuan memiliki potensi cedera pada lutut sebanyak enam kali lebih besar dari pria. Tinju membantu perempuan mengeliminasi potensi ini melalui latihan keseimbangan dan latihan kekuatan tubuh bagian bawah.

Berlatih di mana?

Syena Martial Arts Centre
Jalan Daksa 4 No.69
Jakarta Selatan
Telepon: 0811999979, 08971672003

Arena MMA Indonesia
Jalan Bumi No.18, Jakarta Selatan
Telepon: (021) 7222186

Muay Thai

Muaythai atau thai boxing lebih dikenal sebagai ilmu bela diri, belakangan ini banyak kaum hawa yang memilih olahraga “perkasa” ini untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Muaythai berasal dari Thailand pada 1000 tahun yang lalu. Olahraga yang menggabungkan teknik bela diri dan latihan otot ini mulanya memang identik dengan unsur kekerasan. Namun, seiring waktu, olahraga ini mulai menggunakan pengaman, seperti helm atau sarung tinju, dan ada aturan yang jelas untuk keselamatan.

Baca juga: Alinka Hardianti, Srikandi Arena Balap Indonesia

Faktor lain yang sekarang membuat banyak perempuan tertarik untuk berlatih muaythai adalah manfaatnya yang besar untuk menurunkan berat badan. Gerakan-gerakan dalam muaythai memakai teknik yang membuat seluruh bagian tubuh ikut bergerak. Bagian tubuh, seperti kaki, kepalan tangan, lutut, dan sikut, sangat aktif saat melakukan latihan ini.

Variasi gerakan-gerakannya dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan kardiovaskular sekaligus membantuk otot sehingga tubuh lebih ramping. Membakar kalori lebih cepat memang tujuan utama banyak perempuan melakukan latihan muaythai. Bonus lain yang didapat antara lain tubuh lebih ramping dan kencang serta tentu saja meningkatkan kewaspadaan dan refleks untuk melindungi diri. Olahraga ini efektif untuk membuang sekitar 800 hingga 1.200 kalori dalam satu kali latihan. Untuk mengetahui jumlah kalori dan seberapa besar efektifitas Anda dalam latihan muaythai, manfaatkan kecanggihan gadget untuk berolahraga seperti fitbit flex atau trace.

Berlatih di mana?

Zealot Muay Thai
Sports Mall Kelapa Gading Lantai 1
Jln. Kelapa Nias Raya No B5-6, Kelapa Gading
Jakarta Utara

Muay Thai Camp
Jln Daksa I No.1A, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan

Kemang Fight Camp
Jl. Emesde B No.11
Kompleks Bangun Cipta Sarana
Kemang
Jakarta Selatan

Elite Training Camp
Ruko Centro Metro Broadway Blok A45-46
Pantai Indah Kapuk,
Jakarta Utara

Body Combat

Body Combat merupakan program latihan berupa gerakan kardio enerjik yang terinspirasi dari gerakan bela diri. Gerakan-gerakan dalam Body Combat merupakan perpaduan dari Kick Boxing, Karate, Tae Kwon Do, Capoeira, dan Tai Chi.

Dalam Body Combat terdapat gerakan pukulan, tangkisan, dan tendangan yang cukup beragam dan kelas yang penuh semangat. Gerakan Body Combat terdiri dari banyak variasi sehingga tak akan membuat mereka yang suka gerakan variatif menjadi bosan.

Keuntungan untuk mengikuti program yang cukup menguras keringat ini adalah kemampuan untuk meningkatkan fungsi jantung, paru-paru, dan mengurangi kemungkinan penyakit jantung. Pasalnya risiko penyakit jantung bukan hanya menyasar kelompok lanjut usia. Perubahan gaya hidup serta padatnya rutinitas harian, bahkan membuat penyakit jantung mulai sering menyasar kaum muda di Indonesia. Selain itu, olahraga ini juga membantu menjaga dan membentuk otot-otot tubuh sambil membakar kalori. Gerakannya yang dinamis dapat meningkatkan koordinasi dan keseimbangan serta membantu memadatkan tulang. Ditambah lagi bisa membantu postur tubuh, serta kekuatan bagian tengah tubuh.

Berlatih di mana?

Kelas latihan Body Combat ada di sebagian besar klub fitness yang memiliki banyak cabang seperti Fitness First, Gold’s Gym, dan Celebrity Fitness.

Baca Juga: 11 Tes Kesehatan yang Penting Dilakukan untuk Perempuan

Jiu-jitsu

Belakangan, seni bela diri Brazil yang berakar dari Jepang ini menjadi tren. Diperkenalkan oleh Royce Gracie, Jiu-jitsu mengajarkan bahwa ukuran bukan alasan untuk kalah. Olahraga ini akan mengajarkan teknik membela diri, khususnya teknik grappling dan perkelahian di atas lantai. Sehingga tak peduli seberapa tinggi lawan, dengan teknik yang tepat Anda akan memiliki kesempatan untuk mengalahkannya. Teknik yang menjadi kekhasan BJJ adalah cekikan dan kuncian di lantai.

Olahraga ini sangat baik dipraktikkan oleh perempuan. Karena tidak hanya berguna sebagai pertahanan diri, jiu-jitsu juga dapat melatih kebugaran dan membentuk otot tubuh. Latihan jiu-jitsu menggerakkan seluruh anggota tubuh, sehingga membantu meningkatkan sistem metabolisme dan membuat daya tahan tubuh meningkat. Jiu-jitsu juga dapat melatih mental fokus, karena menuntut konsentrasi tinggi ketika menerapkan teknik-teknik secara bersamaan.

Berlatih di mana?

Alliance Jiu Jitsu Indonesia
Lifestyle Fitness
Sudirman Park Apt. Tower A-B 2nd Fl
Jln. K.H Mansyur Kav.35
Jakarta Pusat 10220
Telepon: (021) 57942871

Klub Ade Rai Senopati
Jln Senopati Raya No.27-29
Jakarta Selatan
Telepon: (021) 5263354

Bagaimana, siap berolahraga sambil membekali diri dengan kemampuan bela diri? Siapa tahu, salah satu dari beberapa pilihan di atas cocok untuk Anda. Apalagi dengan pilihan tempat berlatih yang nyaman, tidak ada alasan untuk segan memulai bukan? Mengingat beragam jenis bela diri ini berisiko terjadinya cedera, berikan perlindungan ekstra agar Anda dapat berlatih dengan tenang dan maksimal. Kini, tersedia perlindungan seperti iSport yang memberikan mafaat seperti penggantian Biaya Rawat Jalan Darurat akibat Kecelakaan Saat Olahraga, Santunan Patah Tulang, dan penggantian Biaya Fisioterapi saat pemulihan. Bahkan perlindungan iSport menjangkau hingga ke luar negeri. #AyoLoveLife dan terus kerja mimpi dengan kemampuan beladiri yang tepat.




« | »
Read previous post:
38217146_M
11 Tes Kesehatan yang Penting Dilakukan untuk Perempuan

Di tahap usia berapa pun, perempuan rentan terserang masalah kesehatan, seperti masalah hormon, penglihatan, kanker payudara, kanker rahim, hingga osteoporosis....

Close