Cara Work From Home Yang Efisien Untuk Keluarga, Begini Tipsnya

Cara Work From Home Yang Efisien Untuk Keluarga astra life

Bagi kamu yang belum terbiasa bekerja dari rumah, kebijakan work from home yang banyak diterapkan saat ini seiring pandemi global COVID-19, mungkin sedikit membuat repot. Terlebih bila kamu sudah berkeluarga dan memiliki anak. Kebijakan social distancing juga berlaku untuk anak-anak. Sekolah-sekolah diliburkan dan kegiatan belajar anak-anak dialihkan di rumah melalui kelas online. Bahkan, tempat penitipan anak (daycare) juga banyak yang tutup. Para orang tua mau tidak mau menghadapi kenyataan harus bekerja dari rumah sekaligus dituntut mengurus anak mereka agar tetap belajar di rumah. Ada banyak strategi yang bisa terapkan supaya bekerja dari rumah bersama anak bisa tetap efisien tanpa membuat kamu kelelahan. Yuk, simak cara work from home yang efisien untuk keluarga berikut ini.

Cara Work From Home yang Efisien untuk Keluarga

Siapkan hal-hal berikut agar bisa menyelesaikan pekerjaan kantor dengan sukses dari rumah.

1. Terapkan daily check in dan daily check out 

Terapkan daily check in dan daily check out untuk kamu dan tim kerja. Daily check in penting untuk mengetahui apa yang akan kamu dan tim kamu kerjakan hari itu. Sementara daily check out penting untuk mengetahui hal-hal apa saja yang sudah selesai dikerjakan oleh kamu dan tim kerja. Jika ada hal yang belum sepenuhnya tercapai, kamu bisa kembali mengerjakannya esok hari.

2. Buat what-to-do list

Untuk kamu pribadi, kamu juga bisa membuat  what-to-do list di malam hari untuk mengetahui apa yang harus dikerjakan besok, mulai dari bangun tidur hingga saatnya beristirahat malam. Misalnya, esok hari kamu ada jadwal meeting dengan supervisor, disambung online meeting dengan klien lalu rapat pengarahan pada tim, dan lain sebagainya. Untuk mengantisipasi jadwal tersebut, siapkan materi yang perlu dipresentasikan di malam harinya berikut poin-poin yang perlu kamu sampaikan sehingga online meeting esok bisa berjalan efisien.

Bila kamu punya anak yang bersekolah, pastikan juga kamu mengetahui apa materi pelajaran yang ditargetkan esok hari, jam berapa anak belajar dan sebagainya. Bila kamu juga masih memegang urusan domestik seperti memasak atau berbenah rumah, sisihkan waktu khusus untuk melakukannya agar tidak mengganggu waktu kerja.

Baca juga: Cara Pencegahan Virus Corona COVID-19 menurut Anjuran WHO

3. Lengkapi amunisi kerja online

Di era internet seperti sekarang, amunisi remote working sebenarnya sudah sangat banyak dan lengkap. Ini akan menjadi cara work from home yang efisien untuk keluarga. Jadi, saat kamu bekerja dari rumah sekalipun, proses kerja bisa berjalan seperti di kantor. Bedanya hanya, tanpa kontak fisik langsung. Beberapa aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk mendukung kerja dari rumah antara lain aplikasi rapat online dan working deck seperti Zoom, Skype, Google Hangout juga Slack dan sebagainya. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi kolaborasi seperti Trello ketika hendak menyelesaikan sebuah proyek bersama-sama tim.

4. Aktifkan online calendar

Kalender online seperti Google Calendar akan sangat berguna membantu kamu menyusun rencana kerja dan menjaga produktivitas di kala work from home. Aplikasi kalender online bisa membantu kamu setup meeting bersama tim dengan fitur notifikasinya. Tim kamu juga dapat melihat sendiri jadwal-jadwal yang perlu dipenuhi. Bila perlu, sinkronkan kalender online kamu dengan pasangan untuk memastikan jadwal pekerjaan rumah bersama bisa berjalan dengan baik pula. Selain Google Calendar, beberapa kalender online yang banyak disukai antara lain aCalendar, Cal Calendar, CalenGo, Jorte Calendar, dan sebagainya.

5. Buat pojok kerja khusus

Salah satu godaan besar work from home adalah bekerja di tempat-tempat yang sebetulnya lebih cocok digunakan untuk beristirahat atau kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan pekerjaan, seperti di atas kasur atau dapur. Percaya atau tidak, pemilihan tempat kerja yang salah di kala work from home akan sangat mempengaruhi mood kerja kamu. Maka itu, supaya konsentrasi kerja terbantu dan produktivitas tetap tinggi, buatlah pojok khusus untuk bekerja di rumah.

Tidak perlu heboh menyiapkan ruang kerja yang mewah dengan furniture serba baru. Kamu cukup mendedikasikan satu ruangan khusus di rumah kamu untuk bekerja. Misalnya, kamu memilih kamar tidur sebagai tempat kerja. Bukan berarti kamu akan bekerja di atas kasur. Siapkan meja khusus di pojok kamar untuk bekerja. Bisa juga menempatkan meja di area rumah yang relatif sepi misalnya ruang di bawah tangga atau di dekat mushola rumah.

Selain membantu konsentrasi kerja kamu, memiliki ruang kerja khusus bisa membantu anggota keluarga ikut terbantu memahami kapan waktu kamu bekerja sehingga tidak bisa diganggu dan kapan kamu beristirahat.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Virus Corona atau COVID-19 Agar Tidak Tertular

6. Jalankan jam kerja seperti biasanya

Bekerja dari rumah untuk kamu yang sudah berkeluarga memang tidak mengharuskan kamu tergesa-gesa di pagi hari untuk mengejar jam masuk. Setelah bebenah diri dan juga mengurus si kecil dan urusan rumah lainnya,  jangan sampai terlena dengan terlalu lama bermalas-malasan sebelum jam kerja. Perlakukan hari-hari work from home dengan rutinitas seperti hari kerja di kantor. Misalnya, biasanya jam 7 pagi kamu sudah wangi dan berbaju rapi hendak berangkat menuju kantor.

Kini, kendati work from home, jalankan saja rutinitas yang sama di mana jam 7 pagi kamu sudah mandi dan siap bekerja. Bedanya hanya, kamu tidak perlu lagi menempuh padatnya lalu lintas menuju kantor. Kamu bisa memanfaatkan waktu dua jam sebelum 9 pagi untuk kegiatan yang produktif seperti berolahraga ringan, membuat sarapan spesial atau membaca buku.

Selain itu, supaya mood ikut terbangun dan tidak terjebak kebosanan, salah satu cara work from home yang efisien untuk keluarga adalah bekerjalah dari rumah dengan baju rapi seperti hendak pergi ke kantor. Hindari berbaju lusuh seperti daster atau baju rumahan lain yang lebih cocok dipakai untuk tidur. Terlebih bila kamu memiliki jadwal online meeting atau video conference dengan tim.

Baca juga: 6 Hal yang Bisa Merusak dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

7. Humble with your money

Bekerja dari rumah dengan jarak meja kerja hanya beberapa langkah dari kulkas atau lemari tempat kamu menyimpan stok makanan, bisa membuat godaan nyemil semakin besar. Bisa-bisa stok camilan untuk seminggu habis dalam dua hari saja. Supaya kerja di rumah tidak membuat kantong kamu semakin boros, siapkan saja camilan untuk 8 jam kerja. Berusahalah disiplin tidak menambah camilan atau jajan lagi saat jatah hari itu sudah habis.

Di tengah pandemi yang telah membuat perekonomian dunia runyam seperti sekarang, sebaiknya kamu menurunkan gaya hidup. Tidak ada yang tahu akan separah apa kondisi perekonomian kelak gara-gara COVID-19. Memang, tidak semua industri pekerjaan akan terdampak dengan merebaknya COVID-19, namun ada baiknya kita berusaha berbenah anggaran rumah tangga. Mulailah dari yang paling mendasar dulu, evaluasi kembali apakah dana darurat kamu sudah cukup? Jika sudah, kamu perlu mengatur ulang pengeluaran rumah tangga. Berhemat adalah opsi terbaik untuk saat ini. Lakukan pengecekan pos pengeluaran mana saja yang perlu jadi prioritas kamu saat ini. Ada baiknya kamu membagi keuangan dalam tiga prioritas, seperti saving, living dan playing. Dan di masa saat ini prioritas saving untuk dana darurat adalah yang perlu kamu dahulukan. Jadi, berhematlah.

Buat Para Orangtua, Ini Cara Agar Work From Home Efektif

Selain jurus sukses work from home di atas, yang tak kalah penting juga ialah menciptakan suasana kerja yang efektif di rumah. Berikut cara work from home yang efisien untuk keluarga.

8. Komunikasikan dan buat batasan dengan anak

Bekerja dari rumah dengan kehadiran anak, turunkan ekspektasi kamu akan bisa bekerja tanpa interupsi sama sekali. Bagaimanapun anak-anak memerlukan waktu untuk terbiasa melihat orang tuanya bekerja di rumah alih-alih tengah libur seperti sebelumnya. Yang bisa kamu lakukan adalah meminimalisasi “distraksi” dari anak. Caranya, ajak bicara anak dan buatlah batasan kapan kamu ada untuk mereka dan kapan kamu harus terikat pada pekerjaan sehingga tidak bisa diganggu.

Susun trik di mana interupsi anak tidak perlu mengganggu konsentrasi kerja kamu. Misalnya, beritahu anak bila ia memerlukan kamu, ia bisa menulis di secarik kertas kecil dan menaruhnya di meja kerja atau mengetuk pelan pintu kamar. Terangkan bila nanti jam istirahat datang, kamu bisa 100% ada untuk mereka.

9. Buat aktivitas tambahan untuk anak

Bagaimana bila anak masih berusia balita atau taman kanak-kanak? Ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan. Misalnya, menyibukkan anak dengan mainan edukatif seperti puzzle, pattern block, busy book, activity book, memberi mereka stok coloring pages yang bisa mereka warnai sepuasnya. Manfaatkan printable coloring pages yang banyak tersedia di internet seperti di Pinterest atau sumber lain yang gratis.

10. Beri point reward

Pendekatan lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengajak anak mengumpulkan point reward yang diberikan bila anak bisa bekerja sama selama kamu bekerja. Point reward tersebut nanti bisa ia tukarkan dengan hadiah kesukaan misalnya, boleh menonton film kesukaan lebih lama dari biasanya, boleh makan camilan favorit lebih banyak dan sebagainya. Jangan lupa bekerjasama dengan pasangan agar bisa saling mendukung pengurusan anak di sela-sela kesibukan bekerja di rumah.

Baca juga: Cara Menyiapkan Dana Darurat untuk Kebutuhan Mendadak

Dengan sepuluh cara work from home yang efisien untuk keluarga di atas, semoga WFH bisa kamu jalankan secara efisien dan gembira. Mengingat virus corona bisa menyebabkan penyakit kritis, mari hadirkan ketenangan finansial agar kamu bisa tetap menikmati hidup. Tetaplah tenang karena Astra Life berkomitmen untuk mendukung kamu lewat semangat #IGotYourBack. Astra Life mendukung kamu untuk memperoleh perlindungan menyeluruh, termasuk terhadap penyakit COVID-19, lewat produk-produk:

  • Asuransi jiwa
  • Asuransi kesehatan kumpulan
  • Asuransi dengan manfaat rawat inap dan pembedahan
  • Asuransi dengan manfaat santunan rawat inap rumah sakit

Melalui berbagai perlindungan dari Astra Life ini, semoga cara work from home yang efisien untuk keluarga ini bisa membantu kamu dan melalui masa penyebaran COVID-19 ini dengan tenang. Semoga kita semua selalu sehat dan pandemi virus corona segera berakhir. Stay safe!

Related Posts

Rekomendasi Film dan Serial Netflix Pelepas Stres di Masa Pandemi Corona

Bioskop segera buka kembali? Ya, pemerintah memang tengah mempertimbangkan untuk membuka kembali bioskop. Dilansir Komp...

Agar Tetap Aman Olahraga di Tengah Pandemi, Perhatikan 9 Tips Ini

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, olahraga juga bisa membuat tubuh menghasilkan hormon endorfin yang berfungsi membu...

Rentan Terinfeksi COVID-19, Ini Panduan Periksa Kehamilan saat Pandemi

Di tengah pandemi, COVID-19 menjadi ancaman serius bagi ibu hamil. Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) ...




« | »
Read previous post:
cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona
Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Virus Corona atau COVID-19 Agar Tidak Tertular

Penyakit virus corona 2019 (COVID-19) yang bermula di Wuhan akhir tahun lalu kini sudah menyebar ke banyak negara. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)...

Close