Enam Alasan Populer Kenapa Ingin “Terbebas” dari Tempat Kerja Lama

pindah_kerja2

Anda pasti masih ingat bagaimana sulitnya mendapatkan pekerjaan. Selain harus melamar, Anda juga harus mengikuti serangkaian tes dan wawancara. Belum lagi ketika sudah diterima, butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan tempat kerja berikut rekan-rekan seprofesi.

Seiring dengan perjalanan waktu, banyak orang yang ternyata ingin pindah kerja alias mencari pekerjaan yang lebih baik dibanding sebelumnya. Lebih baik yang dimaksud disini adalah dari segi finansial mau pun tantangan yang baru.

Berikut ada enam alasan yang sering diajukan seorang karyawan saat memutuskan pindah kerja dan bebas dari tempat kerja lama. Mungkin salah satunya pernah Anda alami:

1. Mencari Tantangan Baru

Mungki terdengar klise, tapi sesungguhnya banyak orang yang benar-benar mengalami kondisi ini. Pekerjaan di tempat sekarang dianggap tidak memiliki tantangan apa-apa, sehingga Anda merasa pekerjaan tersebut mulai membosankan dan cuma rutinitas semata. Padahal pekerjaan yang memiliki tantangan akan membuat Anda bersemangat untuk menyelesaikannya. Jika tantangan tak lagi ada, itu berarti Anda juga tak lagi bisa mengeksplor kemampuan untuk terus bekerja lebih baik.

Mencari tantangan baru menjadi salah satu alasan popular untuk pindah kerja. Karena pekerjaan bukan hanya melulu soal gaji tetapi juga kepuasan batin untuk karyawannya.

Baca juga: Menjadi Karyawan Kontrak Bukan Berarti Karir Mentok

pindah_kerja3

2. Ingin Alih Profesi

Setelah sekian lama menjadi ahli hukum, tiba-tiba seseorang alih profesi menjadi juru masak karena menganggap dirinya cukup berbakat untuk itu. Nah ingin alih profesi juga jadi alasan pindah kerja ke tempat lain.

Alih profesi berhubungan dengan kebebasan seseorang menentukan arah karirnya dan seringkali perbandingan jenis pekerjaan lama dan pekerjaan baru yang diincar ibarat langit dengan bumi. Tetapi secara positif, alih profesi akan memberikan tantangan baru kepada Anda dan memaksa Anda keluar dari zona nyaman.

3. Lokasi Tempat Kerja

Buat orang yang tinggal di Jakarta, kemacetan merupakan suatu rutinitas yang tidak bisa dihindari. Rutinitas itu akan menjadi siksaan bila kebetulan tempat kerja Anda berada cukup jauh dari tempat tinggal. Misalnya Anda tinggal di Jakarta Utara, sementara lokasi tempat kerja Anda di Jakarta Selatan. Ibaratnya Anda harus menempuh dari ujung ke ujung untuk menjangkau tempat kerja.

Mencari lokasi tempat kerja yang gampang dijangkau dan ramah transportasi jadi alasan pindah kerja untuk sebagian orang. Siapa pun tidak mau menghabiskan waktu di jalan dan masuk kerja dalam kondisi lelah bukan?

4. Ada Tawaran Lebih Baik

Seringkali karyawan melakukan eksodus. karena mendapat tawaran yang lebih baik di tempat lain tawaran ini bisa berupa gaji yang lebih tinggi atau tawaran posisi dan kesempatan berkembang yang lebih besar. Bagaimana pun juga tawaran ini cukup mengiurkan untuk siapa saja.

Tawaran yang lebih baik ini biasanya terjadi pada karyawan yang berprestasi. Sehingga disarankan pemilik perusahaan untuk lebih baik memperlakukan mereka.

5. Lingkungan Kantor yang Tidak Sehat

Politik kantor yang berlebihan kadang membuat suasana kantor menjadi tak menyenangkan. Teman yang menikam dari belakang, atasan yang memberi penilaian subjektif adalah beberapa hal yang sering dialami. Tak berarti Anda harus menyerah begitu saja, namun jika memang keadaan tersebut terjadi terus-menerus hingga membuat kinerja Anda terganggu, tempat kerja baru bisa jadi solusi.

Alasan pindah kerja karena tidak nyaman dengan suasana kantor paling sering dialami para pekerja. Saking tidak nyamannya, mereka sering “lupa” untuk memastikan mendapat pekerjaan baru sebelum pindah. Yang mereka pikirkan “terbebas” dari kantor tersebut secepat mungkin.

Sebenarnya suasana kantor yang nyaman mampu membuat karyawan betah, meskipun gaji yang mereka terima tidak besar. Perlakuan kantor yang manusiawi dan penuh kekeluargaan akan menjadi modal perusahaan menekan angka “turn over” karyawan yang menjadi aset perusahaan tersebut.

6. Ingin Buka Usaha sendiri

Terkadang Anda tak bisa mewujudkan mimpi jadi pengusaha jika masih bekerja. Alasannya sederhana, membagi waktunya sangat sulit.

Bekerja sendiri juga memberikan keuntungan lain, misalnya Anda tidak perlu harus ke kantor pagi-pagi atau lembur hingga malam. Apa pun yang Anda lakukan adalah untuk kemajuan usaha sendiri, sehingga Anda bisa bekerja dengan hati senang.

Pindah tempat kerja memang mudah karena Anda cukup menulis sepucuk surat pengunduran diri pada bos atau atasan Anda. Tetapi sebelum melakukan hal itu Anda harus memikirkan masak-masak. Jangan sampai keputusan itu justru menjadi kerugian untuk Anda sendiri. Ingat, rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau, dan jangan mengambil keputusan dengan mengedepankan emosi. Semoga sukses ya!

Baca juga Tips Karir lainnya di sini.




« | »
Read previous post:
mdk3
Hackaton, Usaha Hackers Melindungi Petani dari Tengkulak ‘Nakal’

Naik turunnya harga bahan pangan sering membuat pusing para ibu, yang lazimnya berperan sebagai pengelola keuangan rumah tangga. Hackers Indonesia...

Close