Jangan Sampai Bau Mulut! Hindari Makanan Penyebab Bau Mulut Ini

Bau mulut bisa menghilangkan kepercayaan diri. Ketahui terlebih dulu jenis makanan yang menjadi penyebabnya dan cara mengatasinya

Bau Mulut

Bayangkan bagaimana malunya jika lawan bicara merasakan bau tak sedap saat berbicara dengan Anda! Bau mulut bisa disebabkan banyak hal. Bisa jadi Anda sudah menjaga dengan baik kebersihan gigi dengan menggosok gigi secara teratur. Meski sudah menjaganya dengan baik, napas Anda masih akan rawan serangan dari waktu ke waktu.

Tapi, tak perlu khawatir. Dari semua hal yang menyebabkan bau napas tak sedap, salah satu penyebabnya berasal dari makanan yang Anda konsumsi, lho. Berikut beberapa jenis makanan dan minuman yang memicu munculnya bau tak sedap.

Bawang Putih

Saat momen libur lebaran atau liburan bersama keluarga besar, berbagai menu makanan Nusantara dihidangkan. Mayoritas makanan tersebut berbumbu bawang putih.

Sebenarnya, bagaimana bawang putih dapat meninggalkan bekas sulfatnya di lidah dan rongga mulut? Ketika Anda mengonsumsi makanan yang tercampur dengan bawang putih, bawang ini ikut diserap ke dalam aliran darah, yang menyebabkan aromanya mencapai paru-paru dan keluar melalui mulut. Setelah diserap, bawang putih lalu mengeluarkan aroma pahit dari pori-pori tubuh.

Susu

Anda termasuk penyuka berbagai jenis makanan dari produk olahan susu atau malah Anda sangat menyukai minuman satu ini? Susu memang sangat baik untuk tubuh, namun juga dapat memicu munculnya bau tak sedap pada mulut. Hal ini terjadi karena bakteri alami yang ada di lidah memakan asam amino yang ada dalam susu atau produk olahan susu seperti keju, hingga menghasilkan aroma tak sedap yang keluar dari mulut.

Daging Merah & Telur

Kedua jenis makanan ini kerap disajikan saat libur Lebaran. Dimasak menjadi rendang, opor, semur, hingga sup. Daging merah maupun telur mengandung protein tinggi. Ketika protein tersebut tersisa di sela-sela gigi dan lidah, kemudian akan menarik bakteri-bakteri yang ada di mulut. Hingga mengeluarkan bau tak sedap.

Permen

Pernah mendengar saran untuk memakan permen agar tidak bau mulut? Faktanya, justru sebaliknya lho! Mengonsumsi permen dapat merusak gigi dan malah memicu bau pada mulut. Gula yang terkandung dalam permen bisa mengeluarkan bau tak sedap ketika bertemu dengan bakteri-bakteri di mulut.

Mengonsumsi permen dapat merusak gigi dan malah memicu bau pada mulut

Selain makanan, ada faktor kesehatan yang juga memicu munculnya bau kurang sedap, antara lain:

1. Berkurangnya produksi air liur
2. Buruknya kesehatan gusi
3. Memiliki kebiasaan merokok
4. Gangguan saluran pencernaan yang menyebabkan penyakit maag atau asam lambung
5. Sinusitis yang menghasilkan post nasal drip atau aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan

Atasi Bau Mulut

Bila di momen liburan atau Lebaran Anda merasa bau mulut, dan hal tersebut disebabkan oleh berbagai sumber makanan yang Anda makan, maka jangan khawatir. Sebagai trik jitu untuk mengatasinya, Anda bisa ikuti lagkah-langkah berikut:

1. Sikat gigi 2x sehari
2. Perbanyak minum air putih
3. Batasi porsi makanan yang berpotensi mengeluarkan bau kurang sedap
4. Perbanyak makan buah dan sayur segar
5. Bersihkan lidah dengan alat khusus
6. Berkumur dengan mouthwash
7. Jaga kesehatan gusi dan gigi
8. Berhenti merokok

Saatnya Anda cek makanan yang dikonsumsi selama libur Lebaran, serta memeriksa kondisi kesehatan. #LoveLife dan jaga kesehatan mulut dari sekarang.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!