Ini 5 Prioritas yang Wajib Dipersiapkan Keluarga Muda

Prioritas Keluarga Muda

Menjadi keluarga muda tentu banyak hal yang harus dipersiapkan. Satu di antaranya yang terpenting adalah menentukan skala prioritas perencanaan keuangan keluarga. Maklum, kondisi setelah menikah tentunya berbeda jika Anda sudah memiliki keluarga.

Bisa jadi ada keluarga yang memiliki sumber penghasilan dari dua orang, sementara ada pula yang hanya bergantung kepada kepala keluarga, yaitu suami. Oleh karenanya, terkadang Anda juga akan berusaha sebisa mungkin meminimalisasi kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam menyusun keuangan keluarga.

Baca juga: Kecil Aman, Muda Kaya Raya, Tua Sehat dan Bahagia

Lantas, langkah awal apa saja yang bisa Anda mulai tentukan? Berikut ini adalah lima poin yang bisa menjadi panduan menentukan prioritas keluarga:

1. Rumah

Rumah adalah prioritas pertama yang bisa Anda pertimbangkan. Harga rumah kian meroket setiap tahun. Pertimbangan tinggal bersama orang tua atau mertua memang bisa jadi pilihan, tapi apa akan selamanya Anda menumpang?

Sebaiknya jika belum memiliki rumah sendiri, Anda dan pasangan harus benar-benar hemat. Sambil mengumpulkan dana sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial keluarga, Anda bisa menyewa kos, apartemen, atau mengontrak rumah. Jadi saat dana terkumpul, Anda bisa membeli rumah dengan program KPR.

2. Kendaraan

Membeli kendaraan, seperti mobil misalnya, bisa membantu Anda dan keluarga untuk menghemat pengeluaran. Terlebih bila mobilitas pekerjaan Anda dan pasangan begitu tinggi. Sebagai sarana transportasi keluarga, mobil juga bisa Anda pakai untuk kebutuhan harian, mengantar anak-anak sekolah nantinya, hingga mengajak seluruh anggota keluarga untuk jalan-jalan. Sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda bila ingin membeli mobil.

3. Tabungan Pendidikan Anak

Cara termudah yang bisa Anda dan pasangan persiapkan untuk mengumpulkan tabungan pendidikan anak adalah dengan memiliki asuransi tabungan pendidikan. Biaya sekolah dan kebutuhan pendidikan anak tidak murah. Namun, ada cara mudah dan tentunya murah untuk Anda.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Ibu Rumah Tangga Harus Mulai Berinvestasi

Misalnya, Astra Life memiliki paket asuransi Siap RencanaKu yang memberikan perlindungan jiwa sekaligus dengan manfaat tahapan tunai setiap tiga tahun. Paket asuransi ini cocok bagi Anda yang ingin menyiapkan rencana keuangan jangka panjang, dan bisa digunakan untuk dana tambahan pendidikan anak.

4. Asuransi kesehatan

Anda dan pasangan sudah bekerja keras dan mengumpulkan tabungan, namun bisa jadi salah satu dari Anda mendadak jatuh sakit dan memerlukan perawatan medis atau rawat inap. Sayang sekali bila tabungan yang sudah lama dikumpulkan habis hanya untuk biaya perawatan.

Anda juga bisa menggunakan perlindungan kesehatan, seperti paket asuransi Siap SehatKu dari Astra Life. Siap SehatKu memberikan manfaat santunan rawat inap hingga Rp300.000/hari dan juga perlindungan tambahan untuk enam penyakit kritis, yakni serangan jantung, kanker, stroke, gagal ginjal, penyakit paru kronis, dan angioplasty.

Dengan memiliki asuransi kesehatan tentunya Anda akan memiliki jaminan dari polis asuransi yang dimiliki sehingga pihak keluarga tidak sampai collapse secara finansial jika terserang penyakit tersebut. Di situasi ini jugalah yang menjadi alasan penting Anda memiliki asuransi kesehatan, meski sudah memiliki BPJS.

5. Dana Pensiun

Mulai dari sekarang rencanakanlah hari tua yang lebih baik dengan mempersiapkan dana pensiun. Anda bisa ikut reksa dana, menabung emas, atau menaruh modal pada suatu bisnis yang bisa menguntungkan. Memiliki itu semua bisa menjadi profitable untuk Anda ketika pensiun.

Baca juga: 5 Langkah Perencanaan Keuangan untuk Anda, Keluarga Single Income

Kini Anda dan pasangan sudah tahu apa saja prioritas yang harus dipersiapkan oleh keluarga muda. #AyoLoveLife dan mulailah mengumpulkan semua prioritas itu sedini mungkin diatur dengan kemampuan finansial keluarga.




« | »
Read previous post:
Diskusi kerja di kantor
Lebih Penting Mana, Skill atau Attitude?

Selalu saja ada hal menarik jika memantau aktivitas para netizen di dunia maya. Baru-baru ini, misalnya, saat seorang seniman mendapat...

Close