Intip Serunya Jalan-jalan ke Sumba ala Anggey Anggraini via @her_journeys

sumba

Belakangan ini, Sumba bisa dibilang jadi destinasi primadona untuk jalan-jalan. Luasnya hamparan padang savana, laut yang nyaris tak terjamah, juga air terjun yang indah, jadi beberapa daya tarik Sumba. Dan… semuanya kelihatan sangat instagrammable. Meski beberapa spot indah tadi sebenarnya cukup sulit dijangkau, pesona alam Sumba seakan sanggup mengalahkan kesulitan tersebut.

Pulau Sumba ini termasuk salah satu gugusan pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang kalau diperhatikan di peta posisinya ada di busur luar kepulauan Nusa Tenggara, antara Pulau Sumbawa dan Pulau Timur.

Nah, Anggey Anggraini, travel blogger ternama dan pemilik akun Instagram her_journeys, adalah satu dari sekian banyak orang yang sudah merasakan serunya traveling di Sumba. Tidak cuma sekali, Anggey yang kerap bekerja sama dengan beberapa brand ternama ini bahkan sampai merasa harus kembali mengunjungi Sumba baru-baru ini, setelah sebelumnya ia datang ke sana untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-26. Di perjalanan ke Sumba untuk kedua kalinya ini ia mengajak travel blogger @kadekarini, untuk merayakan persahabatan mereka. Wah… pasti seru!

Baca juga: Destinasi Nusantara yang Bakal Jadi Favorit

Ada tiga hal yang membuat Anggey jatuh cinta dengan Sumba, seperti ia tulis di IG Story-nya, pemandangannya yang indah, jalan rayanya sepiiiii sampai-sampai Anda bisa bebas nari-nari atau bahkan guling-gulingan tanpa merasa malu, dan penduduk lokalnya yang ramah dan murah senyum.

Bagaimana, Anda tertarik datang ke Sumba? Anggey punya banyak tips yang bisa bantu kamu untuk menikmati perjalanan ke Sumba dengan lebih nyaman dan seru.

Tiga spot yang musti banget Anda kunjungi

sumba

Kalau Anda punya waktu lebih dari seminggu di Sumba, daftar destinasi yang harus Anda masukkan ke dalam daftar itinerary akan panjang banget. Tapi, kalau waktu Anda terbatas, pilihlah daerah yang jadi ikon Sumba, yaitu Pantai Bwanna, Tanjung Mareha, dan Danau Waikuri.

Ketiga tempat itu punya keunikan dan daya tarik tersendiri. Yuk, kita mulai bahas sedikit, supaya ada gambaran.

Pantai Bwanna alias Banna, adalah pantai yang terletak di Kecamatan Kodi Balagar, Sumba Barat Daya, tidak jauh dari lokasi atraksi Pasola yang setiap tahun digelar di Pulau Sumba. Pernah mimpi menyusuri pantai putih yang landai dan luas, air yang bening dengan warna biru kehijauan, formasi karang yang eksotis, bersih dan sepi? Nah, semua itu bisa didapat di sini. Saking sepinya, Anda ngerasa seperti sedang berada di pantai pribadi.

Untuk sampai di pantai ini, Anda akan menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya. Pantai bisa dijangkau dengan mobil dan motor. Tapi kalau ingin lebih cepat sampai, disarankan naik motor, sih. Meski jalan menuju pantai cukup terjal dan menurun tajam, semua kesusahan akan terbayar dengan pemandangan yang memanjakan mata.

Jangan lupa mampir ke Tanjung Mareha, yang letaknya tidak jauh dari Pantai Bwanna. Usahakan sampai sini saat sunset. Pemandangan dan sunset dari sini sangat memukau, bahkan bisa memuat Anda lupa diri. Nggak cuma itu, keindahan bibir pantai juga bisa Anda lihat dari ketinggian.

Danau Weekuri bisa dibilang merupakan destinasi paling ikonis di Pulau Sumba. Sebenarnya lebih tepat disebut sebagai laguna karena berair payau. Hanya saja penduduk lokal lebih dulu menyebutnya sebagai danau. Siap-siap nggak bisa move on dari tempat ini karena pemandangan di sekitarnya yang bagus banget, airnya yang sejernih kristal dan tenang tanpa ombak, plus suasananya yang super damai. Nyaris seperti kolam alami yang bisa Anda nikmati secara cuma-cuma.

Kalau ke sini, jangan lupa sewa ban, ya. Jadi sambil mengapung di atas ban, Anda bisa leyeh-leyeh menikmati kesunyian dan keindahan alam. Surga dunia!

Biar nyaman jalan-jalan di Sumba

sumba
sumba

Salah satu tantangan jalan-jalan di Sumba adalah minimnya petunjuk jalan. Jadi, silakan download peta sebelum sampai ke tujuan. Kenapa harus download sebelumnya? Nah ini ada hubungannya dengan tips berikutnya: pilih provider telekomunikasi yang punya jangkauan paling luas. Jadi dengan download peta, setidaknya Anda bisa lihat peta tanpa harus terhubung via internet.

Tapi… banyak lokasi di Sumba yang memang belum tercatat di peta. Ups! Kalau kasusnya seperti ini, satu-satunya cara ampuh adalah bertanya ke penduduk lokal. Nggak usah khawatir, mereka kebanyakan ngerti bahasa Indonesia, kok.

Baca juga: Bosan Liburan di Perkotaan Wisata Taman Nasional Bisa Jadi Alternatif Plesiran

Untuk menjelajahi Pulau Sumba, Anda sebaiknya menyewa kendaraan. Harga sewa motor adalah Rp100.000 sampai Rp150.000 per hari. Sebenarnya memang tidak ada penyewaan resmi. Jadi Anda bisa tanya atau sewa langsung ke penjaga atau abang ojek di tempat Anda menginap.

Menyambung soal sinyal, selain keterbatasan sinyal dari providerwifi pun merupakan barang mewah. Sinyal 3G untuk data pun kadang datang dan pergi. Lokasi di luar kota jelas merupakan daerah minim sinyal. Lagi-lagi, sebaiknya tanya penduduk lokal untuk tahu spot-spot yang sinyalnya kencang.

Terakhir, sayangi diri Anda dengan melengkapi diri dengan perlindungan yang sesuai. Anggey sendiri memilih Paket SiapSehatKu dari Astra Life. Tidak hanya memberikan perlindungan jiwa, paket asuransi ini memberikan santunan rawat harian hingga Rp300.00/hari. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh penggantian biaya rawat jalan darurat di dalam dan di luar negeri.

Preminya ringan, mulai dari Rp45.000/bulan, dan nilai pertanggungan akan kembali 100% di akhir masa perlindungan. Anda akan mendapatkan nilai pertanggungan jiwa sampai 200% dan perlindungan terhadap penyakit kritis. Cukup lengkap kan?

So, let’s love life dan nikmati serunya hidup Anda dengan traveling ke destinasi favorit, tanpa harus merasa khawatir soal perlindungan jiwa Anda!




« | »
Read previous post:
Tips Clean Sleeping ala Gwyneth Paltrow
Tidur Berkualitas dengan Clean Sleeping ala Gwyneth Paltrow

Gwyneth Paltrow dikenal sebagai selebritis yang konsisten menerapkan pola hidup sehat. Baru-baru ini, aktris pemenang Oscar itu mengatakan bahwa pola...

Close