Kenali Jenis-Jenis Dana dalam Asuransi agar Investasi Unit Link Anda Optimal

Apakah Anda tahu pergerakan keuntungan yang dihasilkan dari dana Anda? Kenali jenis-jenis dana investasi dalam asuransi di sini.

Kenali Jenis-Jenis Dana dalam Asuransi agar Investasi Unit Link Anda Optimal

Apakah Anda tahu pergerakan keuntungan yang dihasilkan dari dana Anda? Kenali jenis-jenis dana investasi dalam asuransi di sini.

Jika Anda nasabah asuransi investasi atau yang juga dikenal dengan unit link, Anda pasti familiar dengan istilah fund atau dana yang ditawarkan oleh produk unit link. Namun, apakah Anda sudah mengenal karakter fund yang tersambung dengan produk unit link tersebut? Selain itu, apakah Anda tahu pergerakan keuntungan yang dihasilkan dari dana Anda?

Kabar baiknya, kedua hal itu bisa Anda ketahui dengan membaca polis unit link serta mengecek pergerakan kinerja fund unit link di situs website asuransi atau laporan investasi yang dikirimkan melalui surat setiap bulannya. Untuk fund yang terdapat dalam unit link Astra Life, nasabah dapat mengecek pergerakan imbal hasil harian di sini.

Eko Endarto, perencana keuangan Finansia Consulting mengatakan, setiap nasabah asuransi perlu mengenal jenis-jenis fund yang ia ikuti dalam unit link untuk mengecek apakah unit link tersebut dapat memenuhi kebutuhan proteksi dan finansialnya atau tidak. Dengan mengetahui jenis-jenis dana unit link, maka Anda dapat memilih premi dan konstribusi yang akan Anda kontribusikan pada premi dan investasi. Selain itu, Anda juga dapat memilih jenis fund sesuai profil risiko yang Anda miliki.

“Setiap nasabah harus menyadari bahwa tujuan utama mereka membeli unit link ialah untuk mendapatkan perlindungan dari asuransi. Namun, karena unit link tersambung dengan investasi, maka nasabah juga akan memperoleh manfaat kedua yakni dari imbal hasil dari fund unit link,” ujar Eko kepada tim ilovelife. Namun, ada pula nasabah yang menjadikan investasi sebagai tujuan utama unit link ketimbang proteksi. Biasanya, nasabah jenis terakhir telah memperoleh proteksi dari pihak lain seperti tunjangan kesehatan dari kantor atau memiliki beberapa asuransi.

Secara garis besar, jenis-jenis fund pada unit link terbagi sebagai berikut.

Saham atau equity fund

Investasi saham bertujuan untuk memperoleh keuntungan dalam jangka panjang. Sehingga, jika Anda memiliki produk asuransi unit link dengan jangka waktu 20 tahun atau lebih, bahkan seumur hidup, maka jenis fund yang cocok untuk asuransi ini ialah equity fund. Beberapa produk equity fund yang ada di dalam unit link dinamai sesuai dengan sektor utama yang menjadi portofolionya semisal infrastruktur atau energi.

Investasi pada saham atau equity fund juga dikenal memiliki imbal hasil tertinggi dibandingkan jenis produk pasar modal lainnya. Maka tak heran, nasabah yang memilih investasi ini ialah mereka yang berani menanggung risiko tinggi. Meskipun risikonya tinggi, namun tingkat imbal hasil tetap maksimal lantaran dikembangkan dalam jangka waktu yang panjang.

“Investasi yang cocok untuk produk asuransi jangka panjang ini ialah equity fund karena jenis investasi ini memiliki tingkat imbal hasil maksimal yang diharapkan dapat membayar premi asuransi di masa yang akan datang,” jelas Eko.

Pendapatan campuran atau balanced fund

Investasi pada balanced fund menempatkan dana pada beragam jenis investasi seperti di obligasi, saham, atau pasar uang. Bagi Anda nasabah unit link yang menginginkan investasi maksimal dalam jangka panjang dengan profil risiko sedang, maka balanced fund cocok untuk Anda.

Pendapatan tetap atau fixed income fund

Investasi pada fixed income fund menanamkan sebagian besar atau minimal 80% dana pada instrumen surat utang dan sebagian kecil dana pada pasar uang.

Mengingat produk pasar uang memiliki profil risiko rendah, maka penggabungannya dengan instrumen surat utang membuat fixed income fund memiliki tingkat keuntungan yang relatif stabil. Fund ini cocok bagi Anda yang ingin memperoleh keuntungan stabil dengan profil risiko sedang.

Pasar uang atau money market fund

Investasi pada money market fund memiliki profil risiko yang paling rendah di antara produk-produk investasi pasar modal lainnya. Namun, lantaran risikonya rendah, maka tingkat imbal hasil money market fund juga terbilang paling rendah. Instrumen yang termasuk dalam investasi money market fund antara lain Sertifikat Bank Indonesia (SBI), deposito berjangka, dan surat utang dengan tenor kurang dari setahun. Nah, investasi money market fund ini pas bagi Anda yang tergolong memiliki profil risiko rendah dengan target imbal hasil rendah.

Hal penting lainnya yang perlu disadari oleh nasabah unit link ialah, investasi mengandung risiko kerugian. Jika suatu saat nasabah menemukan bahwa kinerja investasi unit link tidak sesuai harapan atau bahkan merugi, nasabah pun dapat mengambil langkah top up atau menambah setoran dana atau dapat pula menutup unit link tersebut untuk menghindari kerugian yang lebih dalam.

Investasi pada money market fund memiliki profil risiko yang paling rendah di antara produk-produk investasi pasar modal lainnya

Namun, Eko memandang sebaiknya nasabah fokus pada tujuan utama asuransi ialah untuk memperoleh perlindungan. “Kalau nasabah sadar bahwa yang ia incar ialah perlindungan, maka ia tidak perlu menutup unit link tersebut,” papar Eko.

Bagaimana, sudah paham mengenai jenis-jenis dana unit link? Saatnya Jalani Mimpi dengan memilih fund yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!