Keuntungan menggunakan Asuransi secara Cashless

Health Info_maret_2018-02 copy

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari sejumlah risiko kesehatan, seperti mempraktikkan pola makan sehat, rajin berolahraga, hingga memiliki asuransi kesehatan. Kenapa perlu memiliki asuransi kesehatan? Karena setiap orang memiliki risiko untuk sakit, mulai dari yang ringan sampai yang berat.

Asuransi kesehatan berfungsi melindungi Anda atau keluarga dari risiko finansial yang dapat ditimbulkan oleh masalah kesehatan. Secara umum, jenis perawatan atau program yang tersedia antara lain adalah manfaat rawat inap (inpatient), manfaat rawat jalan (outpatient), manfaat persalinan, dan manfaat perawatan gigi. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda memiliki perlindungan yang akan membantu ketersediaan dana untuk semua kebutuhan biaya dokter, obat-obatan, rawat inap, sampai tindakan operasi.

Baca juga: Mengenali Asuransi yang Tidak Hanya Baik, Tapi Juga Benar

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika hendak memilih asuransi kesehatan adalah sistem klaimnya. Ada dua jenis sistem yang lazim digunakan, yaitu sistem penggantian (reimbursement) dan sistem cashless. Bila menggunakan sistem penggantian, Anda harus menggunakan uang Anda terlebih dahulu untuk membayar semua biaya pengobatan, baru setelahnya meminta penggantian ke perusahaan asuransi. Sebaliknya, bila menggunakan asuransi cashless, Anda cukup menyerahkan kartu kepesertaan asuransi kepada pihak RS/klinik Provider dan tak perlu mengeluarkan uang sama sekali jika perawatan dijaminkan.

Saat ini, banyak asuransi yang menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan menggunakan sistem cashless. Peminat asuransi cashless pun cukup banyak karena penggunaannya memang tergolong lebih praktis dibandingkan sistem penggantian.

Berikut berbagai keuntungan menggunakan asuransi cashless:

Tidak perlu sedia uang tunai

Seperti sudah dibahas sebelumnya, biaya pengobatan saat ini mahal sekali. Bayangkan bila Anda ternyata harus menjalani prosedur pengobatan yang ternyata membutuhkan biaya sangat besar. Untuk hal-hal yang dijaminkan asuransi akan memberatkan rasanya bila biaya tersebut harus kita keluarkan sendiri. Belum lagi ada rasa khawatir atas keselamatan diri ketika membawa uang tunai senilai belasan atau puluhan juta.

Anda mungkin bisa melakukan pembayaran dengan kartu debit atau kartu kredit. Tetapi, artinya dalam waktu singkat simpanan dana Anda akan terkuras banyak. Bila tidak diantisipasi, keadaan ini bisa membuat Anda terbelit dalam masalah finansial.

Tidak repot

Bila Anda menggunakan asuransi cashless, cukup tunjukkan kartu keanggotaan asuransi kesehatan Anda kepada pihak rumah sakit atau klinik tempat Anda berobat. Kartu asuransi Anda akan digesek, dan selanjutnya pihak rumah sakit atau klinik yang akan mengurus pembayaran sepanjang plafon Anda mencukupi. Prosesnya tergolong cepat dan tidak repot. Anda pun dapat lebih fokus pada proses pemeriksaan maupun pengobatan, tanpa harus repot melengkapi dokumen-dokumen klaim seperti kwitansi, resume medis dan lain lain.

Baca juga: [Infografis] 6 Hal ini Akan Memengaruhi Premi Asuransi Jiwa Anda 

Jaringan rumah sakit luas

Sistem klaim cashless hanya dapat dilakukan di rumah sakit/klinik yang menjadi rekanan asuransi yang Anda miliki. Namun, tidak perlu khawatir karena saat ini asuransi Astra Life mempunyai lebih dari 800 rumah sakit/klinik rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Anda dapat mencari tahu apakah rumah sakit/klinik langganan atau yang terdekat dengan rumah Anda telah bermitra dengan Astra Life melalui web Astra Life: astralife.co.id. atau menghubungi Hello Astra Life melalui telepon di nomor 1 500 AVA (282) dan email ke hello@astralife.co.id.

Nah, tunggu apa lagi? Biaya kesehatan di zaman ini sangat mahal. Ketika Anda sakit, mau tak mau Anda harus membayar biaya dokter, obat-obatan, dan mungkin juga rawat inap. Bila Anda atau anggota keluarga mengalami masalah kesehatan berat atau kritis dan harus dirawat di rumah sakit, biaya yang dikeluarkan bisa puluhan kali lipat dari penyakit biasa. Tak jarang, kondisi seperti ini kemudian menimbulkan masalah finansial dalam keluarga dan menggoyahkan kesejahteraan.

Jadi, segera miliki asuransi kesehatan agar Anda memiliki perlindungan terhadap risiko finansial yang dapat ditimbulkan. Saatnya Jalani Mimpi dengan perlindungan dari asuransi kesehatan Astra Life!




« | »
Read previous post:
Perhitungan pajak sebelum dan setelah menikah
Kenali Perbedaan Perhitungan Pajak Sebelum dan Setelah Menikah

Mia, seorang lajang, bekerja pada suatu perusahaan swasta dan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sendiri. Setiap bulan, kantor tempat...

Close