Keuntungan menggunakan Asuransi secara Cashless

Zamannya cashless, asuransi juga sudah cukup umum menggunakan sistem ini. Tapi sudah tahukah kamu keuntungannya?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari sejumlah risiko kesehatan, seperti mempraktikkan pola makan sehat, rajin berolahraga, hingga memiliki asuransi kesehatan. Kenapa perlu memiliki asuransi kesehatan? Karena setiap orang memiliki risiko untuk sakit, mulai dari yang ringan sampai yang berat.

Asuransi kesehatan berfungsi melindungi kamu atau keluarga dari risiko finansial yang dapat ditimbulkan oleh masalah kesehatan. Secara umum, jenis perawatan atau program yang tersedia antara lain adalah manfaat rawat inap (inpatient), manfaat rawat jalan (outpatient), manfaat persalinan, dan manfaat perawatan gigi. Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu memiliki perlindungan yang akan membantu ketersediaan dana untuk semua kebutuhan biaya dokter, obat-obatan, rawat inap, sampai tindakan operasi.

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika hendak memilih asuransi kesehatan adalah sistem klaimnya. Ada dua jenis sistem yang lazim digunakan, yaitu sistem penggantian (reimbursement) dan sistem cashless. Bila menggunakan sistem penggantian, kamu harus menggunakan uang kamu terlebih dahulu untuk membayar semua biaya pengobatan, baru setelahnya meminta penggantian ke perusahaan asuransi. Sebaliknya, bila menggunakan asuransi cashless, kamu cukup menyerahkan kartu kepesertaan asuransi kepada pihak RS/klinik Provider dan tak perlu mengeluarkan uang sama sekali jika perawatan dijaminkan.

Saat ini, banyak asuransi yang menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan menggunakan sistem cashless. Peminat asuransi cashless pun cukup banyak karena penggunaannya memang tergolong lebih praktis dibandingkan sistem penggantian.

Berikut berbagai keuntungan menggunakan asuransi cashless:

Tidak perlu sedia uang tunai

Seperti sudah dibahas sebelumnya, biaya pengobatan saat ini mahal sekali. Bayangkan bila kamu ternyata harus menjalani prosedur pengobatan yang ternyata membutuhkan biaya sangat besar. Untuk hal-hal yang dijaminkan asuransi akan memberatkan rasanya bila biaya tersebut harus kita keluarkan sendiri. Belum lagi ada rasa khawatir atas keselamatan diri ketika membawa uang tunai senilai belasan atau puluhan juta.

Kamu mungkin bisa melakukan pembayaran dengan kartu debit atau kartu kredit. Tetapi, artinya dalam waktu singkat simpanan dana kamu akan terkuras banyak. Bila tidak diantisipasi, keadaan ini bisa membuat Anda terbelit dalam masalah finansial.

Tidak repot

Bila kamu menggunakan asuransi cashless, cukup tunjukkan kartu keanggotaan asuransi kesehatan kamu kepada pihak rumah sakit atau klinik tempat kamu berobat. Kartu asuransi kamu akan digesek, dan selanjutnya pihak rumah sakit atau klinik yang akan mengurus pembayaran sepanjang plafon kamu mencukupi. Prosesnya tergolong cepat dan tidak repot. Kamu pun dapat lebih fokus pada proses pemeriksaan maupun pengobatan, tanpa harus repot melengkapi dokumen-dokumen klaim seperti kwitansi, resume medis dan lain lain.

Jaringan rumah sakit luas

Sistem klaim cashless hanya dapat dilakukan di rumah sakit/klinik yang menjadi rekanan asuransi yang kamu miliki. Namun, tidak perlu khawatir karena saat ini asuransi Astra Life mempunyai lebih dari 800 rumah sakit/klinik rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Kamu dapat mencari tahu apakah rumah sakit/klinik langganan atau yang terdekat dengan rumah Anda telah bermitra dengan Astra Life melalui web Astra Life: astralife.co.id. atau menghubungi Hello Astra Life melalui telepon di nomor 1 500 AVA (282) dan email ke hello@astralife.co.id.

Nah, tunggu apa lagi? Biaya kesehatan di zaman ini sangat mahal. Ketika kamu sakit, mau tak mau kamu harus membayar biaya dokter, obat-obatan, dan mungkin juga rawat inap. Bila kamu atau anggota keluarga mengalami masalah kesehatan berat atau kritis dan harus dirawat di rumah sakit, biaya yang dikeluarkan bisa puluhan kali lipat dari penyakit biasa. Tak jarang, kondisi seperti ini kemudian menimbulkan masalah finansial dalam keluarga dan menggoyahkan kesejahteraan.

Jadi, segera miliki asuransi kesehatan agar kamu memiliki perlindungan terhadap risiko finansial yang dapat ditimbulkan. Saatnya Jalani Mimpi dengan perlindungan dari asuransi kesehatan Astra Life!

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!