Manfaat Liburan Bagi Kehidupan Rumah Tangga

shutterstock_61490242

Ada beragam poin penting dalam berumah tangga. Tapi terkadang, ada beberapa poin yang kerap dilupakan oleh pasangan suami-istri, seperti momen liburan bersama. Untuk pasangan yang belum memiliki anak, hal ini mungkin bukan sesuatu yang sulit. Tapi bagi suami-istri yang sudah memiliki anak, berlibur berdua bisa jadi tantangan berat atau malah satu hal yang dianggap mustahil. Padahal ada beragam manfaat yang bisa Anda peroleh dengan berlibur bersama pasangan.

Anda yang sering beralasan tak ada waktu berlibur, baiknya pikirkan kembali hal tersebut. Usahakanlah untuk meluangkan waktu bagi pasangan, sekedar untuk membuatnya bahagia setelah rutinitas membosankan yang mungkin bisa membuat hubungan Anda dan pasangan renggang.

Hidup bersama dalam satu atap, bertemu setiap hari, dan melakukan rutinitas yang itu-itu saja bisa jadi membuat sepasang suami istri merasa frustasi, seperti yang dikutip dari Hopeforwomenmag. Dan ini memang hal yang wajar, karena rasa bosan pasti menyerang kala Anda hanya melakukan rutinitas. Yang jadi masalah jangan sampai rasa bosan ini menjadi momok utama permasalahan rumah tangga Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Bangkit Setelah Perceraian

Apalagi bila Anda telah menikah selama bertahun-tahun. Bisa jadi Anda dan pasangan terhinggapi perasaan layu. Kesibukan mengurus anak, memenuhi tanggung jawab sebagai suami-istri, atau lelah karena tekanan sosial pun memupuskan gairah yang meletup-letup.

Sementara bila menyisakan waktu untuk berlibur, Anda bisa ajak pasangan untuk duduk berdua, bernostalgia sambil menonton video pernikahan atau membuka lagi album pernikahan Anda. Mengenang masa lalu bisa meredakan emosi Anda dan pasangan, karena hubungan yang penuh kesalah pahaman. Kemudian mulai lah rencanakan liburan impian Anda berdua.

Dengan berlibur bersama, rasa bosan bisa Anda atasi. Datang ke tempat baru, berkenalan dengan orang dan kebudayaan yang baru bersama pasangan pasti akan sangat menyenangkan. Melakukan aktivitas-aktivitas yang tak biasanya Anda lakukan, bisa menjadi obat mujarab bagi rasa penat atau mungkin hambar pada pasangan. Di sela-sela liburan, mungkin Anda juga bisa mengeluarkan perasaan-perasaan yang selama ini terpendam dari pasangan.

Sebuah penelitian pun menguatkan hipotesa bahwa berlibur dapat membuat Anda lebih bahagia, seperti studi yang dilakukan para peneliti di Belanda yang menemukan bahwa merencanakan liburan saja sudah mampu membuat seseorang merasa bahagia.

Perencanaan perjalanan itu pun merupakan satu bagian terpenting dalam liburan Anda. Seperti mempersiapkan akomodasi, tempat menginap, hingga biaya liburan. Ini harus Anda lakukan agar momen liburan bisa berjalan lancar, tanpa menimbulkan masalah atau pertengkaran dengan pasangan di kemudian hari.

Baca juga: 6 Waktu Berkualitas Bersama Pasangan

Selain itu uang bukan segala-galanya saat merencanakan liburan. Anda dan pasangan tetap bisa liburan romantis berdua tanpa harus menginap di hotel bintang lima paling indah di Bali atau naik kapal pesiar berkeliling Nusa Lembongan. Cukup lakukan aktivitas-aktivitas yang sebelumnya tak pernah Anda dan pasangan lakukan, seperti mencoba flying fish di pantai atau trekking di pegunungan.

Liburan bersama pasangan ini akan menjadi satu memori indah di masa depan yang akan mengikat dan mempererat hubungan suami istri. Untuk itu, susunlah dan rencanakan liburan sebaik mungkin dengan si dia. Karena liburan yang berkesan akan membuat Anda tidak stres dan lebih bahagia. Jadi, ayo atur liburan romantis Anda sekarang juga, tapi, pastikan Anda sudah memiliki perlindungan dari Siap RencanaKu persembahan Astra Life.

Baca juga kiat lain seputar Keluarga di sini.




« | »
Read previous post:
forgiveness1
Sembuhkan Luka Hati dengan Memaafkan

Siapa yang yang tidak pernah sakit hati? Biasanya sakit hati muncul ketika terjadi pergesekan perkataan, perbuatan maupun perilaku dalam kehidupan...

Close