3 Gerakan Massage Untuk Jaga Sistem Pernapasan

Salah satu cara menjaga kesehatan sistem pernapasan bisa melalui massage. Apa saja gerakan yang bisa dilakukan untuk menjaga sistem pernapasan?

Lakukan 3 Gerakan Massage Ini Untuk Jaga Sistem Pernapasan

3 Gerakan Massage Untuk Jaga Sistem Pernapasan

Ini adalah rangkuman artikel versi Mobile. Buatlah sekitar 1-2 kalimat untuk rangkuman artikel untuk membimbing pembaca mengerti isi artikel.

Sistem pernapasan merupakan salah satu organ paling vital yang diperhatikan selama masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan sistem pernapasan, salah satunya melalui massage.

Manfaat Massage Bagi Sistem Pernapasan

Massage atau pijat memang telah lama dikenal oleh masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Beberapa diantara kita, bahkan mungkin sudah menjadikan massage sebagai kegiatan favorit. Namun, masih banyak yang mengidentikkan massage sebagai upaya menghilangkan pegal-pegal semata. Padahal, manfaat massage sangat banyak bagi kesehatan, termasuk kesehatan sistem pernapasan.

Dapat bernapas dengan nyaman tanpa bantuan alat sebenarnya merupakan anugerah terbesar yang dimiliki makhluk hidup. Sayangnya, terkadang kita suka suka lupa menyadarinya hingga tak terlalu memperhatikan kesehatan organ-organ di sistem pernapasan.

Namun, sejak kehadiran Virus Corona pada 2019 lalu, seakan menjadi pengingat kembali pentingnya memelihara sistem pernafasan ini. Sesak napas seringkali menjadi salah satu indikator utama bahwa seseorang terserang Virus Corona.

Ya, memang banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan organ-organ di sistem pernapasan. Mulai dari menjaga asupan nutrisi ke dalam tubuh, berolahraga, hingga latihan pernapasan. Namun, selain hal-hal tersebut, massage sebenarnya sangat bisa dimasukkan menjadi alternatif menjaga sistem pernapasan, bahkan membantu melegakan pernapasan yang tersumbat.

Jordy Becker dalam buku Terapi Pijat menjelaskan bahwa pijat merupakan seni penyembuhan kuno yang dapat memberikan banyak manfaat bagi sistem tubuh dari mulai sistem syaraf, otot, sirkulasi darah, sistem reproduktif, hingga sistem pernapasan. 

Dalam bukunya tersebut, Jordy Becker menjelaskan bahwa massage dapat mengurangi ketegangan di sejumlah sistem tubuh manusia. Sehingga, iritabilitas dan kontraksi di salah satu sistem tubuh dapat dikurangi melalui terapi pijat.

Lantas, apa saja ya gerakan pijat atau massage yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan dan melegakan kesehatan sistem pernapasan? Simak paparannya:

1. EFFLEURAGE atau usapan.

Ini merupakan salah satu gerakan dasar massage yang paling mudah dilakukan dan menimbulkan efek menenangkan. Gerakan ini dilakukan menggunakan seluruh permukaan telapak tangan ke bagian tubuh dan dilakukan dengan ritme yang teratur. Gerakan ini bisa diaplikasikan ke seluruh bagian tubuh, tetapi khusus untuk kesehatan sistem pernapasan, kita bisa memfokuskannya di bagian dada dan punggung. Jika dilakukan sendiri, kamu bisa mencoba melakukan usapan lembut dari bagian tengah dada hingga ke bagian samping. Bisa juga arahkan gerakan dari tengah dada ke atas pundak. Lakukan beberapa kali secara lembut hingga merasa relax. Jika ada orang yang membantu, gerakan ini bisa diaplikasikan di bagian punggung atas serta leher dan bahu.

Gerakan ini sangat bermanfaat untuk melemaskan syaraf-syaraf yang tegang, sehingga sangat cocok juga diberikan saat kita atau orang lain sedang mengalami sesak napas. Orang yang sedang sesak biasanya akan mudah panik, maka gerakan effleurage atau usapan bisa dilakukan untuk menenangkan dan memberi kelegaan sesaat. Saat sesak napas, bisa juga ditambah dengan minyak aromaterapi yang memiliki aroma mint.

2. TAPOTEMENT atau perkusi

Gerakan ini juga dikenal dengan gerakan tepukan. Banyak variasi gerakan dalam tapotement, tetapi satu yang paling bermanfaat untuk menjaga dan melegakan sistem pernapasan adalah cupping yakni dilakukan dengan telapak tangan menghadap ke bawah membentuk sebuah kurva cekung. Ketika tangan berada pada posisi melengkung ke bawah, maka saat ditepuk ke bagian tubuh suara gerakannya seperti gerakan kaki kuda. Biasanya, gerakan ini reflek diberikan kepada bayi atau anak kecil yang sedang batuk atau sulit mengeluarkan dahak. Tapotement atau gerakan tepukan ini bisa diaplikasikan di bagian dada ataupun punggung.

Tak hanya bagi bayi dan anak-anak, gerakan ini juga sangat bermanfaat bagi orang dewasa. Sesuaikan irama dan tekanan gerakan pada tubuh kita atau orang yang kita berikan gerakan tersebut. Gerakan ini juga tak hanya bisa dilakukan saat sudah sesak, tetapi sebagai pencegahan. Tapotement sangat berguna untuk memperlancar sirkulasi darah dan melepaskan lendir di bagian paru-paru. Bisa dilakukan sendiri ataupun dengan bantuan orang lain.

3. PETRISSAGE atau meremas.

Biasanya gerakan ini dilakukan untuk menghilangkan pegal-pegal di anggota tubuh namun bisa juga dilakukan untuk melegakan pernapasan. Biasanya, petrissage dilakukan di area yang mengandung daging seperti pinggang dan betis. Namun, jika tujuannya untuk melegakan pernapasan, maka gerakan ini bisa diaplikasikan di bagian leher belakang bagian bawah hingga bahu. Dengan melakukan gerakan meremas dan meregangkan, maka vena dan pembuluh getah bening yang kosong akan terisi kembali. Nutrien yang segar akan segera masuk ke dalamnya. Gerakan ini juga berfungsi untuk melepaskan racun-racun yang terakumulasi di jaringan organ tubuh kita.

Upaya Menjaga Kesehatan

Jadi, selain memperhatikan asupan nutrisi dan berolahraga, melakukan gerakan massage sederhana diatas bisa mulai diterapkan dimanapun dan kapanpun untuk membantu kita menjaga bahkan melegakan sistem pernapasan. 

Saat ini, vaksin memang telah hadir di Indonesia dan seolah memberi secercah harapan baru di tengah masa pandemi yang terus berlarut. Di Tanah Air, sudah ratusan ribu orang telah mendapat vaksinasi Covid-19, penyakit yang secara umum menyerang sistem pernapasan ini.

Namun, seperti yang dikatakan sejumlah ahli epidemiologi (orang-orang yang mempelajari ilmu tentang pola penyebaran penyakit atau kejadian yang berhubungan dengan kesehatan, beserta faktor-faktor yang dapat memengaruhi kejadian tersebut),  penyuntikan vaksin pada sebagian orang saja tidak dapat seketika menciptakan herd immunity, atau kekebalan yang terjadi pada satu kelompok. 

Paling tidak dibutuhkan sekitar 70%-80% populasi yang divaksin untuk terciptanya herd immunity. Dengan demikian, saat ini masyarakat tetap harus taat pada protokol kesehatan; memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Di samping itu, menjaga kesehatan tubuh memang merupakan kewajiban setiap individu, termasuk kesehatan sistem pernapasan yang merupakan organ paling rentan diserang oleh virus corona.

Mengenal Sistem Pernapasan

Sebenarnya, apa saja sih organ-organ pada sistem pernapasan manusia?

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, organ-organ yang termasuk pada sistem pernapasan manusia merupakan organ-organ yang terlibat pada proses pertukaran oksigen dan karbondioksida dalam darah seseorang. Untuk bisa bernapas secara normal, yakni sekitar 12-20 kali per menit secara berkelanjutan, maka organ-organ pendukung sistem pernapasan juga perlu bekerja dengan baik.

Adapun, sistem pernapasan manusia terbagi menjadi dua yakni sistem pernapasan bagian atas dan bagian bawah. Sejumlah organ pernapasan tersebut antara lain:

Rongga Hidung

Organ ini merupakan pintu utama keluar masuknya udara ke saluran napas.  Hidung merupakan alat indra manusia yang dapat menangkap rangsang berupa bau atau zat kimia berupa gas. Di dalam rongga hidung terdapat serabut syaraf pembau yang dilengkapi dengan sel-sel pembau. Setiap selnya memiliki rambut-rambut halus di ujungnya dan dilapisi selaput lendir yang berfungsi sebagai pelembab rongga hidung. 

Sinus

Organ ini merupakan rongga berisi udara yang terletak di dalam tulang kepala. Sinus bertugas membantu mengatur suhu dan kelembapan udara yang dihirup manusia.

Faring

Organ ini merupakan bagian tenggorokan yang menghubungkan mulut dan rongga hidung. Di batang tenggorokan tersebut terdapat katup yang memiliki fungsi untuk membuka dan menutup saluran pernapasan.

Tabung Berotot

Tenggorokan yang menghubungkan mulut dengan rongga hidung pada esofagus dan laring, melalui tabung berotot. Berperan sebagai jalan bagi makanan dan udara untuk mencapai lambung dan paru-paru.

 

Batang Tenggorokan

Pada tenggorokan terdapat batang tenggorokan, di batang tenggorokan tersebut terdapat katup yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran pernapasan. 

Bronkus

Organ yang berfungsi sebagai jalannya udara menuju paru-paru. 

Paru-paru

Organ yang bertugas sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida.

Diafragma

Organ ini merupakan otot pernapasan utama pada manusia. Organ ini dapat berkontraksi dan rileks secara bergantian, sehingga membuat udara dapat masuk dan keluar dari paru-paru.

Kesimpulan

Meskipun program vaksinasi Covid-19 telah berlangsung, tetapi keberlangsungan masa pandemi masih belum juga berakhir. Oleh karena itu, kita perlu pintar-pintar juga untuk terus menjaga kesehatan tubuh. Jangan lupa, lengkapi juga perlindungan kesehatan kita dengan asuransi agar semakin tenang menghadapi situasi mendadak yang tak diinginkan.

Astra Life menyediakan dua macam asuransi kesehatan yang bisa kamu manfaatkan.

Pertama, Flexi Health, asuransi kesehatan yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp1 juta per hari. Flexi Health cocok untuk melengkapi asuransi kesehatan dari kantor atau BPJS Kesehatan agar finansialmu tidak terganggu akibat biaya tak terduga selama menjalani perawatan di rumah sakit.

Kedua, kamu juga bisa dapatkan perlindungan maksimal dari Medicare Premier asuransi kesehatan tambahan (rider) dengan asuransi dasar AVA iBright Protector, yang memberikan kenyamanan bagi nasabah dan keluarga saat dirawat di rumah sakit. 

Dengan Medicare Premier, kamu dan keluarga akan selalu mendapatkan layanan rawat inap dalam satu kamar dengan kamar mandi sampai kapan pun karena tidak terpengaruh inflasi. Medicare Premier juga akan membayarkan manfaat sesuai tagihan secara cashless hingga ke mancanegara.

Ayo, terus jaga kesehatan tubuh kita. Jangan lupa untuk follow Instagram @AstraLife agar kamu mendapatkan tips-tips hidup sehat yang berguna untukmu. Urusan Sehat No Worries, #iGotYourBack.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!