Stop, Breathe, Let Go; Kehebatan Meditasi yang Membantu Menjaga Kondisi Kesehatan Badan

Thai Cave Rescue

Stop. Breathe. Let Go, tak dinyana 12 remaja dan pelatihnya yang terjebak di dalam gua Tham Luang di Thailand lebih dari sepekan selamat berkat meditasi. Kelompok tim sepak bola itu terperangkap di dalam gua pada 23 Juni 2018 karena hujan lebat yang menyebabkan banjir di jaringan gua.

Saat pertama kali ditemukan oleh tim penyelamat dari Angkatan Laut Thailand, dari video penyelamatan terlihat 12 anak beserta pelatihnya sedang bermeditasi. Di tengah situasi yang sebenarnya menempatkan mereka di tengah hidup dan kematian, mereka terlihat begitu tenang duduk di sana menunggu. Tidak ada yang menangis atau panik.

Pelatih Ekapol Chanthawong lah yang mengajari anak-anak berusia 11-15 tahun itu bermeditasi dalam gua agar tetap tenang dan mempertahankan energi. Menurut berita yang dilansir oleh Straits Times, dia adalah mantan biksu yang pernah tinggal di sebuah biara di Mae Sai, Thailand selama 10 tahun. Namun, dia pergi untuk merawat neneknya yang sakit dan menjadi asisten pelatih tim sepak bola.

Lalu Bagaimana Akhirnya Meditasi Bisa Menyelamatkan Mereka Semua?

Sudah sejak lama meditasi dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan hingga membantu orang-orang untuk lepas dari rasa stres bahkan hingga level yang tertinggi.

Salah satu hasil dari penelitian Universitas Johns Hopkins,“Meditation Programs for Psychological Stress and Well-Being” mengatakan bahwa, “Meditasi dapat menurunkan perasaan depresi, kekhawatiran, dan sangat membantu juga dalam berbagai penyembuhan gangguan fisik.”

Selain itu, meditasi juga bisa menurunkan intensitas gangguan suara-suara dari sekitar kita seperti bising lalu-lintas saat kemacetan hingga dalam kasus #ThaiCaveResque adalah banjir monsoon.

Manfaat lainnya dari meditasi juga diungkap oleh Richard Davidson, Neuroscientist di Universitas Wisconsin dalam penelitiannya pada 2012, dengan bermeditasi menunjukkan hasil yang lebih signifikan dalam hal empati terhadap orang-orang di sekitarnya.

Berbagai penelitian di atas membuktikan sendiri dengan kasus #ThaiCaveResque ini bahwa Anda dan semua orang bisa mengambil pelajaran berharga meski 12 anak dan pelatihnya tersebut yang berada dalam kondisi genting, yaitu terjebak dalam goa, kedinginan, kelaparan, merasakan ketakutan, jauh dari keluarga, namun mereka mampu mengelola pikiran dan emosi melalui meditasi hingga mereka mampu meningkatkan perasaan-perasaan untuk tetap kuat bertahan dan berempati dengan orang-orang di sekitar mereka. Sehingga mereka semua bisa sabar menunggu sampai akhirnya diselamatkan.

Ingin coba bermeditasi? Berikut cara sederhana memulai meditasi seperti yang diajarkan oleh praktisi meditasi dari The Golden Space Indonesia Amrit Gurbani:

1. Duduk tegak dengan posisi yang nyaman agar tulang belakang dapat menghantar impuls ke seluruh tubuh dengan baik
2. Posisikan telapak tangan terbuka dan dan rileks agar energi mengalir ke seluruh tubuh
3. Pejamkan mata selama meditasi untuk meningkatkan fokus dan panca indra tidak terganggu hal lain

Setelah mengetahui pentingnya mengolah pikiran dan emosi, #AyoLoveLife dan berlatih meditasi beberapa menit dalam sehari untuk menurunkan level stres, menghilangkan kekhawatiran, dan meningkatkan empati Anda.

 

Dok. BBC