Pernah Coba 7 Jenis Kurma Ini? Kenali Manfaat Hingga Sajian Olahannya Yuk

Identik dengan nilai-nilai kebaikan, Kurma dan sajian nya seakan menjadi salah satu makanan yang “wajib” karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Jenis-Jenis Kurma

Pernah Coba 7 Jenis Kurma Ini? Kenali Manfaat Hingga Sajian Olahannya Yuk

Identik dengan nilai-nilai kebaikan, Kurma dan sajian nya seakan menjadi salah satu makanan yang “wajib” karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Ramadan tanpa kurma bagaikan sayur tanpa garam. Peribahasa itu rasanya pas diungkapkan karena sebegitu identiknya Kurma sebagai salah satu kudapan pembuka di bulan puasa. Buah yang khas dari Timur Tengah itu memang tak hanya sedap untuk di makan tetapi juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Tak hanya enak dimakan secara langsung, cara menikmatinya pun sangat bervariasi. Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

Buah kurma seakan menjadi salah satu makanan yang “wajib” tersedia pada bulan Ramadan. Hal ini sejalan dengan salah satu sunah Rasul yakni berbuka puasa dengan tiga butir kurma. Di wilayah Timur Tengah, kurma memang sering dijadikan makanan pokok orang Arab. Buah kurma ini juga sering dikaitkan dengan budaya Arab dan memiliki nilai-nilai penting yang dihormati seperti rasa terima kasih, kedermawanan, dan lainnya. Selain identik dengan nilai-nilai kebaikan, kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Mengenal Jenis Kurma

Tahukah kamu di dunia ini ternyata ada sekitar 3.000 jenis kurma lho. Namun, berdasarkan informasi dari Food and Agriculture Organization (FAO) dari jumlah tersebut hanya 200-400 jenis kurma yang bisa dikonsumsi.

Di Indonesia sendiri jenis kurma yang dapat dijumpai di pasaran cukup beragam. Setidaknya ada tujuh jenis kurma yang paling populer di Indonesia. Apa saja? Berikut rinciannya:

 

1. Kurma Ajwa

Kurma Ajwa ini juga dikenal dengan sebutan kurma Nabi karena disebut-sebut sebagai jenis kurma yang paling disukai oleh Nabi Muhammad SAW. Berdasarkan Arab News.com, Kurma Ajwa disebutkan merupakan kurma pertama yang ditanam Nabi Muhammad SAW dan setelah itu banyak dibudidayakan di hampir di seluruh wilayah Arab. Sementara itu, Desi Sayyidati Rahimah dalam bukunya yang berjudul “Kurma dari Gurun ke Tropis” seperti dikutip dari Kompas.com menyebutkan bahwa Kurma Ajwa ini merupakan kurma premium yang berasal dari  Madinah.  

Kurma ajwa ini berbentuk bulat dengan tekstur kulit yang halus tetapi mengerut. Rasanya agak manis seperti kismis. Kurma ini memiliki banyak manfaat diantaranya adalah sebagai anti-inflamasi yang bisa mencegah kerusakan sel. Kurma ajwa ini juga memiliki manfaat sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas seiring dengan tingginya kandungan glikosida dan flavonoid yang dimiliki. Kurma yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak ini juga memiliki kandungan gula yang bersifat monosakarida, sehingga aman dikonsumsi oleh orang dengan diabetes tipe-2.

 

2. Kurma Sukkari

Kurma Sukkari juga dikenal sebagai “Ratu Kurma”. Kurma ini disebut-sebut menjadi kurma keluarga kerajaan Arab Saudi. Kurma Sukkari memiliki warna yang lebih terang dibandingkan dengan kurma lainnya. Rasanya cukup manis dan legit. Saat digigit dagingnya juga cukup lembut.

Berdasarkan sejumlah penelitian, kurma Sukkarijuga diketahui memiliki manfaat bagi kesehatan diantaranya sebagai antioksidan, menjaga sistem imunitas tubuh, serta meningkatkan energi. Kurma sukari memiliki kandungan gula alami seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, kurma sukari mengandung nutrisi penting bagi tubuh lainnya seperti magnesium, klorida, zat besi, serta asam amino.

3. Kurma Medjool

Kurma Medjool juga dikenal sebagai “Raja Kurma” karena ukurannya yang relatif lebih besar dibandingkan dengan kurma lainnya. Kurma ini banyak berasal dari Maroko dan mulai ditanam di Amerika Serikat hingga Afrika. Kurma yang berwarna coklat gelap dan memiliki daging yang tebal ini memiliki aroma yang harum. Rasanya juga cukup manis bahkan ada yang mengatakan rasanya seperti karamel.

Kurma Medjool ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya sebagai antioksidan, baik untuk jantung, dan memiliki serat yang tinggi yang baik untuk membantu melancarkan pencernaan serta membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Kurma Medjool juga mengandung sejumlah zat penting seperti karbohidrat, gula, kalium, protein, lemak, zat besi, dan tembaga.

 

4. Kurma Khalas

Kurma Khalas memiliki tekstur yang sangat lembut dan cenderung lengket. Kurma yang berukuran tidak terlalu besar ini memiliki warna yang cenderung coklat kemerahan. Rasanya cukup manis, apalagi jika sudah matang, rasa manisnya bisa seperti karamel. Kurma khalas ini juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan diantaranya baik untuk pencernaan, memiliki antioksidan dan vitamin A, serta memiliki kandungan zat besi yang baik bagi orang-orang dengan riwayat darah rendah. Di Timur Tengah dan Afrika Utara, kurma Khalas ini biasa dikonsumsi sebagai buah sehari-hari lho.

5. Kurma Bam

Kurma Bam ini sering disebut juga sebagai kurma anggur atau kurma madu. Jika dilihat sekilas, kurma bam ini mirip dengan kurma Ajwa, tetapi bentuknya lebih besar dan memiliki tekstur yang lebih lembut. Rasanya juga lebih manis. Kurma yang banyak tumbuh di Iran ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan diantaranya untuk meningkatkan imunitas tubuh, mengurangi tekanan darah, serta memiliki kandungan mineral dan lemak baik bagi tubuh.

6. Kurma Safawi

Kurma Safawi merupakan salah satu kurma terbaik yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan ada yang mengatakan kurma Safawi ini merupakan jenis kurma terbaik setelah kurma Ajwa. Pohon kurma Safawi juga dikenal produktif, sehingga kurma ini lebih mudah dijumpai dibandingkan dengan kurma Ajwa.

Kurma Safawi ini memiliki tekstur kulit luar yang kering dan keriput. Namun, setelah digigit dagingnya tebal, legit, dan kenyal. Rasanya cukup manis sehingga bisa sebagai penambah sumber energi bagi tubuh. Adapun manfaat kesehatan yang dimiliki kurma safawi antara lain mengandung mineral yang tinggi dan beragam vitamin. Bahkan kurma ini bisa dijadikan sebagai obat alami untuk yang cacingan. Kandungan seratnya juga tinggi, dan memiliki kadar vitamin A dan B yang tinggi sehingga baik untuk mata, rambut, hingga kulit.

 

7. Kurma Barhi

Kurma Barhi merupakan salah satu kurma yang juga cukup terkenal. Kurma ini biasanya berwarna cokelat kekuningan. Memiliki tekstur yang renyah serta memiliki rasa manis yang seperti karamel. Daging kurma Bahri ini juga terasa lembut.

Kurma Bahri ini juga memiliki banyak manfaat diantaranya untuk mengurangi risiko diabetes, alzheimer, hingga kanker. Kurma jenis ini juga kaya akan serat, zat besi, kalium, vitamin B, flavonoid, dan antioksidan. Selain itu, kurma Bahri juga baik untuk mengontrol gula darah karena memiliki pemanis alami.

Sajian Olahan Kurma

Kurma tanpa diolah menjadi apapun sebenarnya sudah memiliki cita rasa manis alami yang berasal dari kandungan fruktosa dan glukosa. Fruktosa memiliki indeks glikemik (salah satu acuan dalam pola makan untuk mengendalikan kadar gula darah) yang rendah dibandingkan dengan glukosa dan sukrosa.

Kurma masih aman dinikmati bagi penderita diabetes, tetapi jumlahnya perlu dibatasi. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa penderita diabetes aman mengkonsumsi kurma (bukan olahan kurma) maksimal 3 buah per hari.  Itu pun harus dimakan secara bertahap tidak dianjurkan dalam satu waktu sekaligus. Dan penderita diabetes tidak mengkonsumsi makanan atau minuman manis lainnya di hari yang sama.

Menurut studi yang dimuat dalam Nutrition Journal juga meneliti bahwa sejumlah kurma memiliki indeks glikemik yang rendah sekitar 43-53. Oleh karena itu, kurma diyakini tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang signifikan pada penderita diabetes.

Meskipun nikmat jika dimakan langsung, bagi kamu yang tak memiliki diabetes bisa juga coba mengkreasikan kurma menjadi olahan buka puasa yang menarik. Tentu, sajian ini hanya untuk dikonsumsi sekali-kali bukan setiap hari. Berikut beberapa sajian olahan kurma yang bisa kamu coba sebagai menu berbuka puasa:

1. Susu Kurma

Susu kurma menjadi salah satu menu favorit hasil olahan buah khas Timur Tengah ini. Bahan yang sederhana dan cara membuat yang cukup mudah membuat Susu Kurma menjadi pilihan banyak orang untuk melepas haus dan laparnya. Kamu bisa rendam kurma yang telah dibuang bijinya. Setelah teksturnya lebih lembut bisa langsung blender menggunakan susu sapi cair. Susu cair ini bisa kamu pilih sesuai selera.

2. Smoothies Kurma

Selain dicampurkan hanya dengan susu cair, kurma juga enak untuk dicampur dengan aneka buah untuk dijadikan smoothies. Pisang, strawberry, alpukat, mangga, dan apel merupakan beberapa buah yang nikmat untuk dijadikan smoothies bersama kurma. Kamu juga bisa menambah es krim ataupun yogurt sebagai bahan pelengkap.

 

3. Puding Kurma

Selain menjadi minuman segar, kurma juga bisa nikmat untuk diolah menjadi puding. Selain kurma, tentunya kamu perlu menyiapkan bubuk agar-agar. Disarankan untuk memakai bubuk agar-agar berwarna putih. Siapkan juga air dan gula merah. 

 

4. Kukusan Roti Kur

Kamu juga bisa mengkreasikan kurma dengan roti menjadi hidangan istimewa. Selain kedua bahan tersebut kamu juga perlu menyiapkan mentega, telur ayam, madu, susu cair, dan esens vanilavanilla. Setelah semua bahan diolah kamu bisa mengukusnya dan simpan dalam lemari es. Bisa disajikan saat hangat ataupun dingin.

5. Pusing Kurma Goreng

Aneka gorengan juga menjadi salah satu menu sajian khas buka puasa di Tanah Air. Selain aneka gorengan yang biasa kita makan, kamu juga bisa mencoba menu pisang kurma goreng. Tentunya bahan yang perlu disiapkan adalah kurma dan pisang. Kamu bisa memilih pisang raja yang sudah matang. Siapkan juga tepung bumbu goreng pisang, air es, serta keju untuk taburannya.

Meskipun sajian olahan kurma enak dikonsumsi, porsinya tetap harus disesuaikan agar tidak mengganggu kesehatan tubuhmu. Sajian olahan kurma juga dihadirkan sebagai variasi sesekali saja, karena bagaimanapun juga mengkonsumsi buah kurma secara langsung tentu akan lebih sehat.

Tahan juga hawa nafsumu saat berbuka puasa agar perutmu tidak kaget tiba-tiba harus mengolah banyak makanan dalam satu waktu. Hal ini penting dilakukan agar manfaat kesehatan setelah berpuasa tetap bisa kamu dapatkan.

Hal penting lainnya dalam menjaga kesehatan adalah dengan memberi perlindungan bagi dirimu dan keluarga. Salah satu upaya perlindungan kesehatan yang bisa kamu coba adalah asuransi kesehatan tambahan premium Medicare Premier dari Astra Life yang memberikan kenyamanan bagi kamu dan keluarga saat dirawat di rumah sakit hingga ke mancanegara.

Dengan Medicare Premier, kamu dan keluarga akan selalu mendapatkan layanan rawat inap dalam satu kamar dengan kamar mandi sampai kapan pun. Tidak usah khawatir dengan kenaikan nilai inflasi kamu bisa fokus menjalankan perawatan kesehatan. Medicare Premier juga akan membayarkan manfaat sesuai tagihan secara cashless hingga ke mancanegara.

Lebih baik berjaga-jaga sebelum risiko buruk menimpa bukan? Kunjungi Astralife.co.id untuk melihat pilihan perlindungan kesehatan lainnya. Follow juga Instagram @AstraLife untuk mendapatkan tips-tips kesehatan lainnya. Urusan Sehat No Worries, #iGotYourBack.

 

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Subscribe ke LoveLife Daily Blog untuk mendapatkan newsletter artikel ter-update!

Selamat Anda telah tergabung menjadi subscriber blog LoveLife

Terdapat kesalahan dari permintaan anda. Mohon coba lagi.

Love Life will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.