Resep Segar Smoothies untuk Sepekan

Bosan dengan sajian sayur atau buah yang itu-itu saja? Yuk, intip resep smoothies yang bisa kamu konsumsi selama sepekan.

Tidak suka mengonsumsi sayur atau buah? Bosan dengan sajian sayur yang dimasak dengan resep itu-itu saja? Atau malas mengunyah buah potong? Bila begitu, smoothies bisa menjadi jawaban tepat agar tubuh Anda tetap terpenuhi kebutuhan nutrisinya.

Tanpa disadari hampir semua orang pernah mengonsumsi, membuat, atau menyajikan smoothies. Smoothies sendiri berarti minuman yang dibuat menggunakan blender serta mengandung serat dari berbahan dasar seperti buah-buahan. Meski mengandung banyak nutrisi, smoothies bukan lah pengganti sarapan, makan siang, maupun makan malam. Minuman ini hanya salah satu cara untuk memperbanyak asupan sayur dan buah. Smoothies kerap dikenal dengan sebutan greensmoothies ketika dipadupadakan dengan sayuran berwarna hijau.

Tentunya smoothies bermanfaat untuk tubuh, mulai dari serat yang berfungsi melancarkan pencernaan, nutrisi dari sayuran dapat membersihkan racun di dalam tubuh, glukosa dari buah-buahan menambah energi, hingga melancarkan peredaran darah. Efek dari rutin mengkonsumsi smoothies adalah kulit yang lebih halus dan tidak kusam, lancarnya buang air, hingga bonus berupa berat badan ideal.

Agar manfaat smoothies tersebut tidak berkurang, Anda harus memperhatikan cara pengolahan dan mengkonsumsi smoothies dengan tepat. Berikut tipsnya :

  1. Untuk pemula, porsi buah lebih banyak dibandingkan sayur dengan perbandingan buah 60% dan sayur 40%. Ini berguna agar Anda memperoleh rasa manis dari buah dan bisa beradaptasi dengan rasa sayur yang biasanya terasa aneh di mulut. Gunakanlah buah favorit atau buah yang terasa manis tanpa diberi tambahan gula, misalkan pisang, mangga, melon, semangka, buah naga, atau pir. “Pada smoothies berikutnya, sebaiknya porsi sayuran lebih banyak dibanding buah. Komposisinya menjadi sayur 60% sedangkan buah 40%,” ujar Sophie Navita, certified raw food chef, dalam kelas greensmoothies-nya.
  2. Untuk melipatgandakan manfaat smoothies, Anda dapat menambahkan superfood seperti chia seed, flax seed, gojiberry, dan lainnya. Sementara guna memperoleh tekstur yang lebih kental dan rasa gurih, tidak ada salahnya Anda menambahkan susu almond. Anda bisa juga menambahkan rempah seperti pala, jahe, kayu manis, maupun kunyit. “Rempah-rempah ini bisa menjadi antibiotik alami bagi tubuh, dan memperkaya rasa pada smoothies,” jelas Yoesi Ariyani, penggiat hidup sehat berbasis tumbuh-tumbuhan (plant-based).
  3. Bersihkan sayur dan buah pada air yang mengalir, bisa pula mencucinya dengan apel cuka untuk menghilangkan kotoran. Untuk menjamin keamanan sayur dari pestisida, sebaiknya gunakan sayuran organik. Sementara untuk buah seperti apel, sebaiknya Anda mengupas kulitnya.
  4. Untuk manfaat yang optimal, jangan tambahkan pemanis seperti gula pasir maupun susu kental manis. Lalu segeralah minum smoothies itu, agar menghindari kontaminasi bakteri dan proses oksidasi. Dan sebaiknya konsumsi smoothies 1 jam sebelum makan.

Siap mencoba smoothies sebagai asupan untuk menutrisi tubuh? Berikut resep smoothies untuk satu pekan yang bisa Anda buat sendiri:

Senin

Air perasan dari 3 jeruk lokal
Pepaya beku 100 gram (yang sudah terpotong-potong dan disimpan dalam freezer)
Sejumput daun mint
Segenggam pakchoy (ambil daunnya saja)
Air mineral secukupnya

Selasa

Nanas beku 100 gram (yang sudah terpotong-potong dan disimpan dalam freezer)
Segenggam kale (ambil daunnya saja)
Sejumput daun mint
Air mineral secukupnya

Rabu

Pisang beku 100 gram (yang sudah terpotong-potong dan disimpan dalam freezer)
Strawberry 100 gram
Dua genggam bayam merah
Segenggam lettuce
Air mineral secukupnya

Kamis

Dua genggam kale (ambil daunnya saja)
Sejumput seledri (ambil daunnya saja)
Sejumput daun ketumbar
Pisang beku 100 gram (yang sudah terpotong-potong dan disimpan dalam freezer)
Strawberry 5 buah
Pala bubuk secukupnya
Air mineral secukupnya

Jumat

Alpukat 1 buah
Segenggam horenso (ambil daunnya saja)
Nanas 100 gram
1 sdm perasan lemon
Air mineral secukupnya

Sabtu

Mangga beku 100 gram (yang sudah terpotong-potong dan disimpan dalam freezer)1 sdm perasan lemon + segenggam kale (ambil daunnya)
Sejumput peterseli (parsley)
Susu almond secukupnya

Minggu

Segenggam blueberry
Buah naga putih 100 gram
Timun secukupnya
Air mineral secukupnya

Buah dibekukan untuk membuat tekstur smoothies lebih kental sehingga lebih mengenyangkan. Jika ada buah lain yang mengandung kadar air tinggi, maka sebaiknya buah lain dibekukan. Namun jika buah-buah yang digunakan sudah bisa mengentalkan smoothies, maka sebaiknya gunakan langsung tanpa dibekukan.

Mudah untuk membuat smoothies dari resep-resep ini. Cukup masukkan seluruh bahan ke blender, lalu nyalakan blender dengan kecepatan rendah hingga halus. Tingkatkan kecepatan blender secara bertahap dan tambahkan air sesuai selera, jika dirasa smoothies masih terlalu kental.

Setelah jadi, nIkmatilah smoothies secara perlahan di mulut sebelum menelannya. Cara ini berguna untuk mengaktifkan enzim-enzim dari sayur dan buah dengan enzim yang ada di mulut. Selamat mencoba ya!

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!