Siapkan 4 Jenis Tabungan Ini untuk Masa Depan Finansial Anda

4 Jenis Tabungan Ini untuk Masa Depan Finansial Anda

Selama ini, mungkin Anda familiar dengan satu jenis tabungan saja, yakni tabungan untuk hari tua. Padahal sebetulnya, tabungan bukan hanya bertujuan untuk hari tua saja, melainkan setidaknya ada empat macam tabungan yang dapat Anda siapkan untuk mencapai finansial yang kukuh. Silakan simak ulasannya di bawah ini:

Tabungan dana darurat

Tabungan dana darurat atau emergency saving penting untuk dimiliki setiap orang, termasuk keluarga dengan single income. Dana ini biasanya bertujuan untuk menutup kebutuhan mendadak seperti biaya pengobatan rumah sakit, membantu saudara yang terkena musibah, biaya pasca bencana alam, rumah rusak, mobil rusak, kematian anggota keluarga, hingga terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Baca juga: Kurang-kurangin Dosa Harbolnas, Lakukan Hal Ini Yuk!

Idealnya, setiap orang memiliki dana darurat sebesar tiga sampai enam kali pengeluarannya setiap bulan. Jika dalam satu keluarga terdapat dua pencari nafkah, dana darurat yang perlu disiapkan setiap pencari nafkah tidak sebesar mereka yang hanya memiliki satu orang pencari nafkah dalam keluarga. Asumsinya, jika salah satu pencari nafkah terkena kemalangan, diharapkan pencari nafkah lainnya masih tetap dapat berkontribusi pada keuangan keluarga.

Dana darurat ini cocok untuk ditempatkan pada instrumen keuangan yang bersifat jangka pendek, mudah dicairkan, namun tetap memiliki imbal hasil menarik. Contohnya: tabungan dengan bunga tinggi dan reksadana pasar uang.

Tabungan jangka pendek

Setelah memiliki dana darurat, saatnya Anda menentukan tujuan jangka pendek yang hendak dicapai dalam tiga hingga lima tahun, beserta pos tabungan untuk mencapai target tersebut. Misalnya saja, dalam kurun waktu tersebut Anda berencana untuk menikah, memiliki rumah, memiliki kendaraan, membeli furnitur untuk keperluan rumah, liburan, dan sebagainya.

Nah, untuk tabungan jangka pendek, Anda tidak disarankan menaruhnya pada pasar saham yang fluktuatif. Sebab, alih-alih untung, tabungan Anda berpotensi tergerus jika ditaruh di instrumen yang berisiko tinggi seperti saham tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menaruh tabungan jangka pendek di produk tabungan dengan bunga tinggi, deposito, pasar obligasi, reksadana campuran, dan reksadana pasar uang. Meskipun produk-produk ini menawarkan imbal hasil yang lebih rendah dibandingkan instrumen saham atau reksadana saham, namun Anda dapat memperoleh kepastian, uang Anda akan aman, tidak akan tergerus.

Anda dapat memilih produk deposito jika Anda yakin tidak akan mencairkan dana tersebut sebelum jatuh tempo. Sebab, beberapa deposito mengenakan biaya penalti jika nasabah menarik dana deposito sebelum waktu yang telah ditentukan.

Baca juga: Saatnya Berbagi Kebahagiaan, Saatnya Berikan Kado Love Life

Tabungan untuk jangka panjang

Jangan lupa menentukan tujuan finansial jangka panjang serta membuka tabungan khusus untuk mencapainya. Umumnya, seseorang merencanakan tabungan jangka panjang untuk keperluan dana pensiun dan uang kuliah anak.

Untuk keperluan di atas lima tahun seperti ini, Anda dapat menaruhnya di pasar saham atau reksadana saham yang fluktuatif. Sebab, Anda memiliki horison yang panjang untuk mengakumulasikan keuntungan saat Anda ingin mencairkannya.

Anda juga bisa menyiapkan dana pendidikan anak dengan mengikuti tabungan berjangka atau asuransi yang menyediakan perencanaan pendidikan anak. Untuk hari tua, Anda bisa menaruh uang pada Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), tabungan berjangka yang ditawarkan bank, reksadana, dan asuransi yang juga menawarkan dana pensiun.

Tabungan pengeluaran bulanan

Jangan lupa pula untuk mendesain satu pos tabungan khusus untuk arus kas per bulan. Dari pos tabungan ini, Anda bisa menaruh belanja bulanan, gaji karyawan, uang sekolah, uang bensin dan perawatan mobil, belanja furnitur dan perkakas dapur, belanja baju, membayar premi asuransi, membayar tagihan kartu kredit, membayar Kredit Pemilikan Rumah (KPR), hingga kebutuhan pelesir.

Karena dana ini dibutuhkan rutin setiap bulan, maka taruhlah pos tabungan ini pada tabungan dan pasar uang. Jika uang yang dialokasikan untuk pos ini tidak terpakai, Anda bisa mengakumulasikan pos tabungan ini setiap tahun dan memindahkannya ke produk keuangan yang menawarkan imbal hasil lebih seperti reksadana.

Baca juga: 7 Keuntungan Kalau Millennial Punya Asuransi dari Sekarang

Bagaimana, ternyata tidak sulit bukan mengatur keuangan agar tertata rapi? Agar maksimal, Anda bisa menggunakan Siap RencanaKu dari Astra Life. Siap RencanaKu memberikan perlindungan jiwa dan manfaat tahapan tunai setiap 3 tahun, sehingga cocok bagi Anda yang ingin menyiapkan rencana keuangan jangka panjang, dan bisa digunakan untuk dana tambahan pendidikan anak.

Jadi, dengan mengelola keuangan yang tepat, Anda pun bisa merdeka secara finansial. #AyoLoveLife dan rencanakan keuangan Anda, sekarang.




« | »
Read previous post:
Suplemen Makanan
Ingin Konsumsi Suplemen Makanan? Pertimbangkan Dulu Hal Penting Ini

Pemenuhan nutrisi tubuh dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan dan suplemen. Namun, keduanya memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan cara yang berbeda....

Close