#SotoWar: Ini Dia Pilihan Soto Terpopuler di Indonesia

42451841 - traditional beef soup in yogyakarta, java, indonesia

Orang Indonesia mana yang tidak kenal dengan soto? Bisa dibilang inilah salah satu menu terpopuler di Indonesia dengan variasi yang beragam dan unik, khas daerah masing-masing. Ya, dari Sabang sampai Merauke, menawarkan jenis soto yang berbeda. Ada soto dengan kuah bening maupun bersantan. Ada pula soto yang berwarna pekat hingga gurih asin dari tauco.

Lalu apa saja perbedaan dari berbagai soto tersebut? Apa saja keunikannya? Simak beberapa soto khas Nusantara yang paling populer berdasarkan Google Search.

Soto Betawi

soto_mamat

Soto Betawi dikenal sebagai salah satu soto kelas ‘berat’. Pasalnya soto ini dimasak dengan santan kental atau susu sehingga terasa gurih. Soto ini kerap berisikan jeroan sapi. Namun jika Anda menghindari jeroan, semangkok soto Betawi berisi daging sapi saja sudah nikmat terasa. Mulai dari babat, paru, kikil, usus, limpa, hingga otak sapi. Potongan kentang, wortel, seledri dan bawang goreng ikut melengkapi. Semakin nikmat disantap dengan sepiring nasi dengan acar timun dan emping.

Dari sekian banyak soto Betawi, ada beberapa pilihan yang tenar bagi pecinta Soto Betawi. Salah satunya adalah Soto Betawi H. Ma’ruf yang terletak di kompleks Taman Ismail Maruki (TIM) Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat. Pertama kali soto ini dijajakan dengan pikulan oleh Haji Ma’ruf di depan PLN Gambir kemudian pindah ke Stasiun Gondangdia. Akhirnya menetap di Cikini dalam sebuah warung makan pada tahun 1983.

Baca juga: Menguak Surga Kuliner Jakarta di Malam Hari

Selain kelezatan kuahnya yang tidak menggunakan penguat rasa, soto Betawi ini terkenal akan paru gorengnya yang garing meski telah menyatu dengan kuah soto. Pantas jika soto ini menjadi langganan mantan pejabat seperti keluarga Jendral Nasution, mantan Presiden Republik Indonesia Gus Dur, dan keluarga mantan Presiden Republik Indonesia Soeharto. Setiap harinya Soto Betawi H Ma’ruf buka dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 20.00 malam. Semangkuk soto Betawi dibanderol dari Rp30.000 hingga Rp35.000 tergantung jenis daging dan isi yang dipilih.

Soto Kuning Bogor

soto_kuning

Sejuknya cuaca Kota Hujan tentu cocok disandingkan dengan kehangatan semangkuk soto kuning. Soto yang menjadi ikon kota Bogor ini kaya akan rempah yang digunakan sebagai bumbu utama soto ini, yaitu kunyit. Dipadukan dengan santan menghasilkan rasa yang enak menggoyang lidah.

Selain kuah kuning, ciri khas lainnya dari soto ini adalah tidak menggunakan mi maupun bihun. Isi utamanya adalah daging sapi atau organ dalam sapi. Biasanya daging yang telah dimasak hingga empuk dipotong dadu, kemudian disiram kuah kuning dan ditambah dengan perkedel kentang dan nasi putih.

Soto kuning khas Bogor yang terkenal adalah Soto Kuning Pak M. Yusuf. Sejak awal berdiri di tahun 1998, kedai ini menjajakan soto di Jalan Suryakencana No 287, tepatnya di dekat Gang Aut, Bogor Tengah. Meski berkonsep tenda kaki lima, soto ini terkenal seantero Bogor. Bahkan banyak turis lokal menjadikannya sebagai destinasi kuliner setiap kali datang ke Bogor. Buka dari pukul 11.00 pagi hingga sore hari, soto dan nasi di sini dibanderol sekitar Rp 15 ribu per mangkuk. Selain rasa yang khas, soto kuning Pak Yusuf terkenal dengan daging gorengnya yang empuk.

Soto Mi

Soto ini dikenal dengan mie kuningnya. Selain itu, soto mi juga tidak menggunakan santan sehingga lebih cocok bagi Anda yang menginginkan kuah yang ringan. Soto mi biasa disajikan bersama potongan risol goreng berisi bihun, irisan kol, tomat, kentang kukus, dan daging sapi serta kikil.

Baca juga: Serunya Kuliner di Warung Mi Instan Kekinian

Kuah soto mi berasal dari kaldu daging sapi yang kemudian diberi bumbu hingga tercium aromanya. Soto semakin nikmat disantap jika diberi perasan jeruk limo. Salah satu warung Soto Mi yang popular adalah Soto Mi Abeh yang terletak di Ruko Perumahan Taman Yasmin, Sektor Satu, Kelurahan Cilendek Barat, Bogor. Risolnya yang garing menjadi salah satu alasan pelanggan selalu balik ke soto mi ini. Semangkuk soto mie Abeh dibanderol Rp 15 ribu.

Untuk Anda yang tinggal di Jakarta, Soto Mi Serodja di Benhil bisa jadi pilihan. Soto mi ini menjadi favorit karena isian daging yang gurih dan berlimpah dan tambahan bakso yang sedap atau iga yang gurih. Ya, berbeda dengan soto mi versi Bogor, kebanyakan soto mi yang dijajakan di Jakarta menyediakan pilihan tambahan bakso. Semangkuk soto mi Serodja dibanderol dengan harga Rp35.000.

Soto Bokoran Semarang

Terletak di sebuah rumah yang disulap menjadi warung makan, soto Bokoran berlokasi di Jalan Bokoran No 55 (berdekatan dengan Quest Hotel), Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah. Soto Bokoran telah hadir sejak 40 tahun lalu dan selalu dipadati pelanggannya.

Ramainya pelanggan soto bokoran merupakan bukti kelezatan soto berkuah kuning kecokelatan ini. Kuahnya yang gurih diperoleh dari rebusan kaldu ayam kampung yang dimasak dengan rempah-rempah rahasia. Kemudian kuah ini dicampur dengan kuah sate ayam sehingga berwarna kecokelatan. Disajikan dalam mangkuk mungil, soto bokoran berisi nasi, suwiran ayam, soun, seledri, dan bawang goreng. Cukup dengan Rp 10 ribu – Rp 15 ribu, semangkuk soto bokoran pun bisa dinikmati.

Sebagai pelengkap, disajikan berbagai macam sate seperti sate ayam, sate usus ayam, sate telur puyuh bacem, sate ceker bacem, bakwan jagung, tempe mendoan, perkedel, hingga telur bebek masak kecap. Semua lauk pelengkap dibanderol rata yaitu Rp 3 ribu. Sudah siap menyicipi keunikan rasa soto ini?

Soto Kudus

Ini merupakan makanan khas Kudus yang tersohor hingga ke ibukota. Berisi nasi, irisan kol, suwiran daging ayam atau kerbau, tauge dan seledri. Istimewanya, Soto Kudus ini disajikan dalam mangkuk porselen putih bermotif bunga warna merah yang khas. Konon mangkuk ini menambah citarasa soto.

Soto Kudus kerap disantap bersama lauk seperti sate telur puyuh, otak sapi goreng, tempe-tahu bacem, atau perkedel jagung. Warung makan yang menyajikan soto Kudus salah satunya adalah Soto Pak Ramidjan. Terletak di Jalan Kudus-Jepara (Purwosari), Kecamatan Kota, Kudus, Jawa Tengah, warung makan ini tidak pernah sepi pengunjung. Buka setiap hari dari pukul 07.00 pagi hingga 20.00 malam, semangkuk soto komplet dibanderol Rp15 ribu. Belum sempat berkunjung langsung ke kota Kudus, tidak ada salahnya Anda menyicipi soto ini di restoran Soto Kudus Blok M yang memiliki beberapa cabang di Jakarta.

Soto Lamongan

Layaknya soto ayam bening yang disajikan dalam mangkuk bersama irisan telur rebus, irisan kol, nasi, dan seledri. Bedanya Soto Lamongan diberi taburan koya, yaitu kacang kedelai yang digoreng kemudian digerus atau ditumbuk halus. Taburan koya inilah yang menjadi kunci kesedapan soto Lamongan.

Meski bertebaran soto Lamongan yang dijajakan di warung kaki lima, tidak ada salahnya Anda mencoba soto ini di daerah asalnya. Depot Asih Jaya menjadi salah satu warung Soto Lamongan paling terkenal di Lamongan. Terletak di Jalan Panglima Sudirman A4 (Pertokoan Lamongan Indah), Lamongan, Jawa Timur. Buka setiap hari dari pukul 07.30 pagi hingga pukul 20.00 malam, semangkuk soto komplet dibanderol Rp 15 ribu. Di sini Anda bebas untuk menambah koya ke soto, pasalnya setiap meja disediakan semangkuk koya.

Soto Banjar Banjarmasin

resep_soto_banjar

Sekilas mirip dengan soto ayam kebanyakan. Bedanya soto Banjar asal Banjarmasin disantap dengan ketupat. Ketupat yang dipotong dadu ini lalu diberi sepotong ayam rebus, ditambah soun, irisan telur rebus, seledri, bawang goreng, kemudian disiram kuah bening yang gurih.

Sudah menjadi panganan sehari-hari di kota Banjarmasin, terdapat banyak restoran yang menyajikan soto Banjar. Dari sekian banyak, satu restoran yang selalu dipadati pengunjung adalah Soto Banjar Bang Amat. Terletak di bantaran Sungai Martapura (Jalan Banua Anyar No 56, Banjarmasin), restoran ini menjadi pilihan warga setempat maupun pelancong dari berbagai daerah. Buka dari pukul 07.00 pagi hingga 17.00 sore, Soto Banjar Bang Amat dibanderol seharga Rp32 ribu untuk soto komplet.

Rahasia kelezatan soto di restoran ini adalah rasanya yang konsisten. Salah satu rahasia dapurnya menyebutkan bahwa ayam dan kuah soto dimasak selama 4 jam hingga empuk dan gurih. Begitu pula dengan ketupat yang dimasak selama 4 jam hingga pulen. Terasa lebih lengkap jika soto Banjar dinikmati dengan lauk lainnya seperti sate ayam, sate kulit ayam atau sate ampela ayam.

Soto Padang

Terbuat dari kaldu sapi, campuran cuka, dan rempah seperti serai serta jahe membuat citarasa soto Padang ini kaya di lidah. Ada sedikit asam, manis dan segar ketika menyeruput kuah sotonya. Untuk soto berkuah bening asal Minang ini, isinya adalah daging sapi atau paru sapi yang digoreng kering. Kemudian ditambah bihun, perkedel bulat, dan irisan tomat.

Cocok disantap sebagai menu makan siang maupun malam, soto Padang yang ramai pengunjung adalah Soto Padang Garuda yang berlokasi di Jalan Letjend. S. Parman No 112B, Padang, Sumatra Barat. Agar soto terasa lebih nikmat, tambahkan kerupuk kulit sapi saat menyantapnya.

Soto Tauco Pekalongan

tauto_pekalongan

Soto ini lebih dikenal dengan sebutan Soto Tauto, sesuai dengan bahan dasar utamanya yaitu tauco. Bisa dibilang soto ini merupakan makanan “berat”. Pasalnya, isian soto bukan hanya daging sapi melainkan juga suwiran ayam. Bahkan Anda bisa menambahkan organ dalam sapi ke dalamnya.

Setelah daging sapi dan suwiran ayam masuk, tambahan bihun, tauge, dan potongan kol, melengkapi sajian ini. Beri satu sendok saus tauco kental kemudian diguyur dengan kuah tauco yang hangat. Setelahnya taburi soto dengan usus ayam yang digoreng kering, seledri, dan bawang goreng.

Salah satu warung soto tauto yang selalu ramai pengunjung adalah warung Bang Dul yang terletak di Jalan Dr Sutomo (depan Asrama Brimob), Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Buka dari pukul 08.00 pagi, warung Bang Dul ini tutup pukul 20.00 malam. Dengan merogoh kocek Rp20.000, Anda sudah bisa menikmati semangkuk soto tauto dengan nasi.

Coto Makassar

5-coto-makassar

Berbeda dengan soto kebanyakan, coto Makassar khas Sulawesi selatan ini berwarna cokelat pekat dan cukup kental kuahnya. Terbuat dari berbagai rempah seperti kapulaga, jinten, dan pala, serta menggunakan tauco untuk membuatnya gurih.

Biasanya coto ini dihidangkan dengan potongan ketupat, kemudian diguyur dengan coto yang berisi daging dan jeroan sapi. Bahkan beberapa warung coto menyediakan coto daging kuda. Daging isian coto sebelumnya dimasak secara presto hingga empuk dan mudah dikunyah.

Jika pelesir ke Makassar, tidak ada salahnya singgah ke Coto Nusantara yang terletak di jalan Dr Sam Ratulangi No 35, Makassar, Sulawesi Selatan. Semangkuk coto dibanderol Rp25.000. Jangan lupa lengkapi coto dengan ketupat agar perut terasa pas kenyangnya.

Penasaran dengan berbagai jenis soto khas Nusantara? Tenaga Anda saat mengantre akan terbayar dengan kelezatan rasa soto yang memiliki keunikan masing-masing. Masukkan ke daftar kuliner Anda, dan nikmati hidup dengan mengenal ragam soto tersebut.




« | »
Read previous post:
wisata_balai_kota
Kerennya Terobosan Wisata ala Pemimpin Daerah yang Tenar

Kepopuleran seorang pemimpin daerah bisa memberi dampak positif bagi pembangunan sebuah kota. Perlahan namun pasti, pembangunan daerah bangkit ke arah...

Close