Rekomendasi Tempat Ngabuburit Seru di 2 Kota Berbeda!

Tempat Ngabuburit

Bulan Ramadan telah tiba! Ada banyak kebiasaan unik yang biasa orang-orang lakukan di bulan ini, salah satunya adalah ngabuburit. Istilah yang berasal dari bahasa Sunda ini bermakna menunggu waktu berbuka puasa dengan melakukan kegiatan santai. Ada banyak kegiatan ngabuburit yang bisa dilakukan, misalnya saja mengikuti pesantren kilat atau berburu makanan untuk berbuka puasa. Berikut beberapa tempat yang bisa jadi pilihan menarik untuk ngabuburit di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Kota Tua, Jakarta

Di bulan Ramadan, kawasan Kota Tua tidak pernah sepi pengunjung. Mulai dari jam 3 sore kawasan ini ramai dikunjungi warga dari berbagai usia. Banyak kegiatan yang bisa dicoba di sini, Anda bisa menyewa sepeda ontel untuk berkeliling, mengunjungi museum Fatahillah hingga berburu takjil yang dijual tersebar di seputar kawasan Kota Tua. Atau Anda bisa mencoba bersantap di salah satu restoran dan kafe antik tapi romantis yang masih berada di kawasan Kota Tua, misalnya Kafe Batavia atau Semasa Cafe. Jika berkunjung di saat weekend, Anda juga bisa berbelanja di weekend market yang kerap diselenggarakan di Semasa Cafe.

semasa-di-kota-tua-5-marketeers

Pintu Timur GBK, Jakarta

Berolahraga bisa menjadi salah satu pilihan kegiatan menunggu waktu berbuka. Di Jakarta, kawasan Gelora Bung Karno, Senayan termasuk yang cukup ramai oleh warga yang ingin ngabuburit sehat. Selain menunggu waktu berbuka dengan berolahraga lari, kawasan GBK yang sejuk oleh rindangnya pepohonan memang asik dijadikan tempat bersantai. Pedagang makanan dan minuman untuk buka puasa bertebaran di sini sehingga tidak perlu bingung mencari takjil setelah lelah berolahraga.

Baca juga: Kota-Kota dengan Tradisi Unik Rayakan Lebaran

WhatsApp Image 2018-05-18 at 11.03.17

 

Taman Menteng, Jakarta

Taman yang terletak di jalan HOS Cokroaminoto, Jakarta Pusat ini termasuk yang ramai pengunjung, baik di bulan-bulan biasa maupun di bulan Ramadan. Sebab, taman ini menyediakan beragam fasilitas gratis, seperti lapangan basket, lapangan futsal, jogging track, dan taman bermain anak. Dilengkapi dengan air mancur dan pepohonan teduh, sehingga Taman Menteng memang pas banget dijadikan lokasi menunggu waktu berbuka puasa.

Buat Anda yang hobi olahraga, di sini Anda bisa bermain futsal dan basket. Atau bergabung dengan komunitas skateboard, parkour dan BMX. Bagi yang hobi fotografi, ada spot-spot menarik yang bisa dijadikan obyek foto.

Taman-Menteng

Pusat Jajanan Pasar Benhil

Sudah sejak lama kawasan Pasar Bendungan Hilir dikenal sebagai surganya kuliner pada setiap bulan Ramadan. Tepat di hari pertama bulan puasa, penjual takjil dan berbagai makanan lain akan mulai berjualan di sini. Jumlah pengunjung juga bertambah hingga menyebabkan kepadatan lalu lintas yang cukup parah. Anda bisa menemukan beragam jenis takjil dari seluruh Nusantara, seperti kolak, es buah, es cincau, lemang, kue-kue basah dan masih banyak lagi. Meski ramai, jajaran sajian tradisional yang dijajakan bisa menghasilkan foto yang instagrammable, lho.

pasar-benhil

Sentul, Bogor

Jika Anda butuh suasana berbeda saat berbuka puasa, mungkin Anda bisa berkunjung berkunjung ke kawasan Sentul. Kawasan ini memiliki kontur lansekap yang berbukit-bukit dan indah, serta berbagai fasilitas yang terbuka untuk umum. Coba datang ke area Gunung Pancar dengan deretan pohon pinusnya yang cantik. Kalau lelah, Anda bisa berkunjung ke Giritirta Hot Spring untuk berendam air hangat. Bila sudah dekat waktu berbuka, silakan merapat ke Ah Poong Market and Eco Park yang menawarkan berbagai makanan, dari ringan sampai berat. Anda pun bisa menikmati aktivitas di sekitar sungai di area Ah Poong; naik perahu atau sekadar foto-foto pun sah-sah saja.

gunung_pancar

 

Mesjid Raya Bogor

Sejak dibangun pada thaun 1970-an, mesjid berukuran luas ini tak pernah sepi pengunjung. Baik yang datang untuk beribadah, maupun untuk sekedar menikmati kemegahan mesjid ini. Layaknya mesjid di bulan puasa, Mesjid raya Bogor juga menyediakan takjil bagi musafir yang datang ke sini. Buat Anda yang masih lapar, di sekitar mesjid tersedia banyak tempat makan yang menawarkan beragam menu masakan.




« | »
Read previous post:
menu sahur buka puasa
Tinggal Pesan, Makanan Datang, Sahur atau Buka Jadi Lebih Gampang

Sahur menjadi bagian penting selama bulan Ramadhan. Selain menjaga kesehatan tubuh, juga penting bagi kelancaran ibadah. Menu sahur yang sehat...

Close