8 Manfaat Dekor Rumah untuk Kesehatan Mental, Bikin Lebih Bahagia!

Bukan hanya bikin tempat tinggal kamu terlihat lebih menarik dan makin terasa nyaman, dekor rumah bisa memberikan manfaat untuk kesehatan mental, lho!

Manfaat dekor rumah untuk kesehatan mental

8 Manfaat Dekor Rumah untuk Kesehatan Mental, Bikin Lebih Bahagia!

Ini adalah rangkuman artikel versi Mobile. Buatlah sekitar 1-2 kalimat untuk rangkuman artikel untuk membimbing pembaca mengerti isi artikel.

Jika rumah kamu mulai terasa kurang nyaman atau membosankan, maka ubahlah sesuai dengan keinginan kamu. Dekorasi rumah yang kamu pilih di beberapa tahun lalu mungkin kini tak sesuai lagi dengan ketertarikan kamu. Toh, melakukan dekor rumah ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan mental kamu. Tak perlu sesuatu yang signifikan, memasang gorden yang tepat, menyapu lantai, atau bahkan menata meja makan rupanya sudah dapat membantu menjaga kesehatan mental kamu, lho.

Manfaat Dekor Rumah

1. Meningkatkan kualitas tidur

Dekor rumah dapat membantu kamu untuk meningkatkan kualitas tidur karena kamu akan makin merasa aman, tenteram, dan bahagia di tempat berlindungmu. Pasalnya, dengan tidur nyenyak berarti kamu beristirahat dengan tenang dan terbebas dari kekhawatiran. Beberapa hal yang bisa kamu tambahkan saat melakukan dekorasi rumah agar tidur makin nyenyak misalnya lilin aromaterapi, kasur yang nyaman, hingga sprei atau gorden baru agar cahaya yang masuk saat siang berkurang.

2. Menenangkan saraf

Jika kamu bisa menganggap rumah kamu sebagai tempat yang santai dan menenangkan, tubuh dapat melepaskan hormon tertentu yang dapat mengurangi kecemasan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan saat dekorasi rumah demi menenangkan saraf ialah dengan menempatkan tanaman hias di beberapa tempat karena dapat mengurangi stres. 

Cara lainnya adalah mengecat rumah kamu dengan warna biru karena warna ini telah terbukti mengurangi tekanan darah dan membuat stresmu berkurang. Ada juga penelitian bahwa lebih banyak cermin di rumah ternyata dapat berkontribusi pada lebih banyak kecemasan sehingga di beberapa ruang, buatlah sebagai ruangan bebas cermin.

3. Menjaga kesehatan pernapasan

Salah satu upaya untuk membuat rumahmu sebagai tempat yang nyaman adalah memastikan ia terpelihara dengan baik dan dibersihkan dengan benar. Buatlah rutinitas untuk dekor rumah sekaligus bersih-bersih menyeluruh. Rumah yang bersih akan membuatmu lebih berenergi dan sehat. Kamu pun melindungi keluarga dan anak-anak dari penyakit karena debu atau alergen lainnya, sehingga kesehatan pernapasan lebih terjaga.

Nah, beberapa tips mudah agar rumah bebas dari debu yang bisa kamu coba antara lain:

  1. Tempatkan tanaman hias yang bisa menyerap debu, seperti sri rejeki dan spider plant di beberapa titik rumahmu.
  2. Selalu letakkan sepatu yang habis dipakai beraktivitas di luar rumah. Kamu juga bisa gunakan sandal rumah.
  3. Cuci bantal dan ganti sprei kamu dengan rutin, disarankan seminggu sekali. Sedangkan untuk selimut, cucilah sebulan sekali atau dua kali.
  4. Vakum rumah dengan benar dan rutin. Pastikan kamu tidak melewatkan sudut-sudut yang kerap tidak terlihat.
  5. Ganti penggunaan wall to wall carpet yang nyaman untuk kaki tapi sulit membuatnya bebas debu. Sebaiknya gunakan lantai keramik atau kayu.

4. Menjernihkan pikiran dan merasa lebih nyaman

Rumah yang tidak teratur berarti pikiran yang tidak teratur. Saat kamu mendekorasi rumah sendiri dengan meletakkan barang-barang kecil di ruang masing-masing dan mengetahui di mana letaknya, maka kamu dapat menjernihkan pikiran. Ini berarti kamu tidak perlu memikirkan berbagai barang itu. Maka itu, tak heran jika, dekor rumah efektif untuk menenangkan kecemasan.

Menariknya lagi, dalam proses dekorasi, kegiatan ini bukan hanya membantu kamu merasa nyaman dengan rumahmu, melainkan dengan diri kamu sendiri, lho. Hal itu karena mendekor memberimu rasa kontrol dan pencapaian, terutama saat menyelesaikannya.

5. Meningkatkan minat dan memicu kreativitas

Tidak hanya saat di rumah, rupanya melakukan dekor rumah dapat meningkatkan minat dan motivasimu bahkan dalam bekerja. Pasalnya, caramu mendekor juga memengaruhi produktivitas  kamu, terutama untuk ruangan kerja jika kamu bekerja dari rumah. Bahkan, sebuah penelitian di Princeton mengungkapkan, rumah yang bersih dan teratur dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Di samping itu, mendekor rumah juga memicu kreativitas kamu. Betapa tidak, saat menata dan mendesain rumah, dalam prosesnya hal itu melatih imajinasi. Hal ini baik untuk kesehatan mental karena aktivitas kreatif membuat orang lebih bersemangat dan bahagia. 

Berikut ini beberapa contoh kreativitas dalam melakukan dekor rumah agar tempatmu semakin nyaman, yakni:

  1. Menggunakan bingkai murah untuk membuat galeri dinding
  2. Menempelkan wallpaper dinding untuk memberi aksen berbeda
  3. Memaksimalkan penempatan beberapa kaca di dinding
  4. Memasang kanopi di kamar tidur akan memberikan perubahan signifikan
  5. Menggantung piring-piring makan yang menarik di dinding

6. Menyebarkan cinta dan meningkatkan percaya diri

Untuk menyebarkan cinta di rumah, taruh atau pajang poster dan foto yang membuatmu menghidupkan kembali kenangan indah bersama keluarga dan tempat. Hal ini baik untuk pikiran dan jiwa karena dengan begitu kamu mengisi rumah dengan suasana yang positif.

Dengan membuat dekor rumah yang estetik dan sesuai dengan yang kamu impikan, maka kamu akan bangga dan lebih percaya diri. Kepercayaan diri kamu akan semakin meningkat saat kamu membuka rumah untuk keluarga dan teman, seperti saat berkumpul di hari lebaran. Terlebih, menghabiskan waktu bersama orang tersayang memang baik untuk kesehatan mental kamu, lho.

7. Membantu untuk lebih banyak bergerak

Melakukan dekor rumah tidaklah mudah. Kamu akan banyak bergerak untuk memasukkan furnitur baru, memindahkan dan mengganti posisi barang, hingga menggantung lukisan di tempat berbeda. Bahkan, saat kamu merapikan barang atau membersihkan lantai, jendela, hingga lemari pun aktivitas fisik tentu akan meningkat. 

Nah, aktivitas fisik ini bisa menjadi latihan yang baik untuk meningkatkan hormon positif atau endorfin sehingga kamu lebih bahagia. Maka itu, ajaklah pasangan dan anggota keluarga lainnya untuk melakukan dekor lebaran bersama dan mengambil bagian. Toh, bisa jadi mereka juga menikmatinya dan pekerjaan terasa makin ringan

8. Mengalihkan perhatian dengan hal produktif

Jika kamu merasa stres, sedih, atau depresi, mendekor rumah rupanya dapat membantu kamu mengalihkan perhatian dari keadaan negatif ini dan mengubah pola pikirmu dalam prosesnya. Terkadang, menyalurkan segala kegelisahan itu melalui pekerjaan dan aktivitas yang produktif dapat membantumu memproses emosi dengan lebih baik, lho.

Selain melakukan dekor rumah, salah satu yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental adalah memiliki ketenangan pikiran, yang bisa didapat bila kamu telah memiliki asuransi jiwa dan kesehatan. Dengan mendaftarkan diri dan keluarga pada asuransi, kamu telah melakukan proteksi dini untuk melindungi diri kamu dan keluarga dari risiko-risiko tidak terduga, seperti sakit, kecelakaan, hingga tutup usia.

Ya, memiliki asuransi pun menjadi salah satu upaya untuk menjaga kesehatan. Kamu juga bisa mencari produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu di ilovelife.co.id website asuransi online dari Astra Life Salah satu produk asuransi yang bisa kamu pilih adalah Asuransi Jiwa dan Kesehatan Flexi Health, di mana kamu dibebaskan untuk mengatur sendiri manfaat yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Dengan manfaat santunan rawat inap hingga Rp1 juta/hari dan 4 manfaat tambahan lainnya yang bisa diatur sendiri, bisa melengkapi asuransi kantor dan BPJS kamu, pastinya bikin kamu lebih tenang. 

Mari bantu pikiranmu tetap sehat dengan memberi jaminan terhadap masa depan. Terlalu membebani pikiran dapat membahayakan kesehatan. Bagaimana jika mulai mencari rasa aman? Asuransi bisa jadi salah satu saluran yang memberikan rasa aman, tidak hanya untuk kamu tapi juga untuk orang-orang terdekat kamu. Saat ini, sudah banyak jenis asuransi yang dapat kamu sesuaikan dengan keperluanmu dan keluargamu. Salah satunya produk Flexi Life dari Astra Life yang menawarkan premi yang fleksibel dan bisa kamu atur sendiri sesuai dengan fase kehidupanmu. Nah, sekarang cek premi dengan mudah di ilovelife.co.id, yuk!

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!