Tips Olahraga di Kendaraan, Ketika Macet Melanda

Sejumlah jalur di Waze telah berwarna merah marun. Bahkan di jalur tikus pun kecepatan kendaraan terlihat hanya 4 km per jam. Alamat Anda akan terjebak macet panjang hingga menyebabkan sakit pinggang. Jika hanya memelototi jalanan atau mengklakson mobil lain, Anda hanya akan membuang waktu dan menambah kedongkolan semata. Padahal, ada hal yang lebih berguna yang bisa dilakukan: olahraga kecil di dalam mobil.

Di Jakarta, mengendarai mobil saat macet bisa memakan waktu berjam-jam. Waktu itu sebenarnya bisa Anda manfaatkan dengan peregangan tubuh. Dan itu sangat berguna bagi tubuh Anda. Sebab ketika Anda meregangkan tangan atau memutar-mutar leher, itu bisa mengurangi ketegangan di otot. Bahkan, bisa membakar kalori dan melepaskan penat. Dengan gerakan yang berulang-ulang, sirkulasi darah di tubuh Anda juga akan lancar.

Nah, berikut ini tips peregangan tubuh yang bisa dilakukan saat menyetir mobil.

Latihan leher

1. Ambillah posisi duduk dengan tegak, kemudian putar kepala ke arah kanan. Tahan selama lima detik. Lalu kembalikan kepala Anda ke posisi semula. Lakukan gerakan itu selama lima kali. Setelah itu, ulangi gerakan tersebut ke arah kiri.
2. Duduklah lurus dengan pandangan mata ke depan. Kemudian miringkan kepala ke arah kanan hingga telinga Anda mendekati pundak. Di posisi ini,Anda akan merasakan otot meregang. Tahanlah selama lima detik dan lakukan selama lima kali, lalu ulangi ke arah kiri.
3.Masih dalam posisi duduk tegak, gerakkan kepala Anda ke arah belakang. Lalu tahan selama lima menit. Juga ulangi gerakan tersebut lima kali.
4. Yang terakhir, dalam posisi duduk tegak, menunduklah ke bawah hingga Anda merasakan peregangan di bagian belakang kepala dan leher. Lalu tahan selama lima detik dan ulangi gerakan tersebut lima kali.

Fungsi gerakan ini adalah untuk melemaskan otot-otot leher, merileksasikan dan menyegarkan pikiran. Namun pastikan Anda melakukan gerakan ini saat kendaraan berhenti total di tengah kemacetan. Juga tetaplah siaga bila seketika mobil depan bergerak maju.

Latihan tubuh

Di sini, Anda akan meregangkan tubuh bagian atas. Sama seperti meregangkan otot leher, Anda pun harus mengambil sikap duduk yang tegak. Kemudian putar tubuh ke satu arah. Tahan selama lima detik kemudian ulangi ke arah lainnya. Anda bisa melakukan gerakan yang sama dan mengulangnya sebanyak lima kali. Ini berfungsi untuk melemaskan otot-otot pinggang yang kaku karena Anda terlalu lama duduk.

Latihan punggung

Untuk latihan yang satu ini, Anda tidak melulu duduk tegak. Melainkan ada beragam posisi, seperti:

1. Duduklah dalam posisi tubuh yang santai. Dari posisi duduk normal, perlahan-lahan gerakkan tubuh Anda ke depan sehingga menjauhi sandaran kursi mobil. Tahan lima detik dan kembalikan posisi tubuh Anda seperti semula, sampai lurus menempel ke kursi. Ulangi prosesnya beberapa kali. Gerakan ini akan membantu meregangkan punggung, terutama jika Anda tidak bisa duduk dalam waktu lama karena sakit pinggang.

2. Di gerakan kedua, ambillah posisi duduk tegak sambi mengatur napas dengan baik. Saat menarik napas, kencangkan perut Anda ke arah tulang belakang. Pastikan punggung tetap lurus, dan tahanlah napas lima detik. Kemudian, hmbuskan napas dan lepaskan perut ke posisi semula. Ulangi gerakan tersebut selama lima kali. Cara ini juga akan membuat Anda rileks, tenang, dan tidak mudah stres.

3. Latihan punggung terakhir adalah dengan memijat otot bokong Anda. Ini tujuannya untuk memperlancar sirkulasi darah, menghilangkan mati rasa, dan meredakan nyeri di pinggang bawah. Remas otot bokong Anda selama lima detik dan lepaskan perlahan-lahan. Ulangi sampai lima kali.

Latihan lengan

Di bagian latihan lengan, Anda yang tengah menyetir bisa menggunakan kemudi sebagai alat bantu. Sementara bila Anda duduk di kursi penumpang, bisa memakai dashboard maupun senderan bangku di hadapan Anda. Latihan ini sendiri bakal membantu Anda meredam ketegangan pada otot bahu dan tangan. Caranya:

1. Letakan tangan Anda di kemudi dengan posisi tangan kiri di arah jam 9 dan tangan kanan di arah jam 3. Luruskan pula siku Anda, lalu lakukan gerakan menarik dan mendorong seperti sedang push-up. Lakukan dalam lima hitungan, dan ulangi sebanyak empat kali. Setelah itu, lakukan gerakan serupa dengan posisi tangan kanan di arah jam 2 dan tangan kiri di arah jam 10.

2. Gerakan lain, letakkan tangan kiri Anda pada setir di arah jam 9 dan tangan kanan Anda di arah jam 3. Lakukan push-up dengan menggerakkan dada serta kepala Anda sampai menempel ke kemudi. Putar pangkal tangan Anda atau bahu ke arah depan, dan lakukan ke arah sebaliknya. Ulangilah gerakan ini selama lima kali.

Dengan olahraga ringan seperti ini, niscaya Anda tidak akan stres meski Waze menunjukan warna “kebakaran”. Anda pun akan mencapai tempat tujuan dengan tubuh segar dan hati ringan. Berniat mencoba?

Temukan Tips Olah Tubuh lainnya di sini.