Tren Hijab Indonesia yang semakin Fashionable, Kamu Suka yang Mana?

Tren Hijab

Sumber tertulis mengenai sejarah jilbab di Indonesia sebelum abad 20 memang masih belum banyak ditemukan, namun perkembangan jilbab dari masa ke masa tampak jelas. Dipengaruhi berbagai faktor, perkembangan tersebut bisa dilihat dari model penggunaan jilbab.

Kehadiran para desainer muslimah turut melahirkan beragam model jilbab serta variasi cara memakainya. Dicontoh oleh masyarakat, sehingga lahir tren jilbab yang berbeda. Seperti, Dian Pelangi yang menghadirkan rancangan busana muslimah yang colorful yang disukai anak muda. Hingga kemudian muncul istilah hijab dan hijabers yang ditujukan kepada kaum muslimah yang tampil fashionable. Selain ini, masih ada tren hijab lainnya di Indonesia seperti berikut:

Awal Tahun 2000-an

Model penggunaan hijab dengan cara diikat di leher sempat menjadi tren pada awal tahun 2000-an. Cara memakainya hanya dengan melilitkan sisa kain jilbab ke sekeliling leher. Gaya ini tergolong praktis, tapi tidak disukai sebagian muslimah karena pemakaiannya tidak bisa menutupi bagian dada. Gaya ini sempat dipopulerkan oleh Inneke Koesherawati.

Tren Hijab 2018

Tahun 2018 ini, tren hijab diprediksi akan makin bervariasi, baik dari segi model, warna dan juga material hijab. Berikut hijab yang sedang dan akan tren di tahun 2018, yuk disimak!

  • Hijab basic

Hijab basic yang sederhana masih menjadi favorit banyak muslimah. Terutama karena model ini menyediakan banyak pilihan warna dan bahan. Hijab yang digunakan biasanya model segiempat berbahan katun dan mudah dibeli di toko online maupun toko konvensional.

  • Hijab pattern

Hijab model ini cukup popular di tahun 2017 dan diprediksi akan tetap disukai pada tahun 2018. Motif artistik dengan warna-warna pastel membuat hijab model ini banyak disukai para hijaber.

  • Hijab pocong

Namanya memang seram tapi hijab model ini sedang booming di negara tetangga, Malaysia. Tren hijab pocong dikenalkan oleh perancang Malaysia, Azzim Aziz.

  • Hijab boyish

Hijab model ini cocok untuk muslimah yang tomboy atau yang menyukai tampilan sedikit hip-hop, seperti gaya finalis Indonesian Idol 2018, Ayu Idol. Hijab model ini akan semakin keren jika ditambahkan topi untuk kesan swag.

  • Hijab syar’i

Hijab dan busana syar’i atau yang dikenal dengan nama Abaya akan tetap menjadi tren di tahun 2018. Hijab jenis ini akan sangat pas sekali dikenakan pada hari Lebaran, terutama yang berwarna pastel untuk memberi kesan feminin dan anggun.

Ternyata banyak sekali ragam hijab yang menarik dan bisa menunjang penampilanmu. #AyoLofeLife dengan memilih model hijab yang sesuai dengan kepribadian Anda.




« | »
Read previous post:
Khas Ramadan
Mengintip Tradisi Khas Ramadan di Negara-negara Berpenduduk Mayoritas Non-Muslim

Sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, wajar bila Indonesia memiliki bermacam tradisi dalam menyambut dan merayakan bulan suci Ramadan....

Close