Plogging, Tren Olahraga Lari yang Eco-friendly

Tren Plogging Jogging

Tren olahraga lari belum usai. Kini, variasi dari lari yang sedang marak adalah lari sambil memunguti sampah yang dikenal dengan sebutan plogging. Terdengar sederhana tapi aktivitas ini banyak manfaatnya dibandingkan jogging biasa. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Lahir di Swedia

Nama plogging berasal dari kata jogging dan sebuah istilah Swedia “plocka upp” yang artinya mengambil. Gabungan kedua kata ini kemudian menjadi konsep sederhana plogging, yaitu lari sambil memunguti sampah di sekitar. Olahraga ini digagas oleh ahli lingkungan Erik Ahlstrom yang tergerak untuk membersihkan kota Stockholm di Swedia saat itu yang menurutnya kotor dan mirip tempat pembuangan sampah. Maka masyarakat Swedia mulai ramai mempraktikkannya pada tahun 2016.

Berkembang di Indonesia

Di Indonesia sendiri, plogging mulai dilakukan oleh beberapa komunitas lari di Februari 2018. Sebut saja, Komunitas Maros Runners di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan yang berhasil mengumpulkan sampah hingga 50 kg. Begitu juga dengan komunitas Solo Runners yang melakukan aksi plogging di kota Surakarta, Jawa Tengah pada Maret 2018 dan berhasil mengumpulkan sampah hingga 90 kg. Layaknya kegiatan lari massal, plogging kerap dilakukan di akhir pekan.

Efektif Membakar Kalori

Plogging layaknya olahraga lari, juga memberi manfaat bagi kesehatan tubuh. Aksi plogging efektif membakar kalori sekaligus mengencangkan otot, karena saat memungut sampah Anda akan berjongkok yang menyerupai gerakan squat. Gerakan ini mampu menjaga denyut dan kinerja jantung, serta membentuk otot bokong dan paha.

Untuk urusan membakar kalori, melakukan plogging selama 30 menit saja mampu membakar kalori hingga 288 kalori. Lebih besar dari jogging yang bisa membakar 235 kalori. Praktisnya, plogging dapat disesuaikan dengan kemampuan fisik masing-masing orang.

Lingkungan Lebih Bersih

Tak sekadar bermanfaat untuk kesehatan, plogging pun membawa misi sosial yaitu membersihkan lingkungan dari sampah. Tidak terkecuali jenis sampahnya, semua sampah yang bertebaran dipungut ketika melakukan olahraga ini. Bisa dibayangkan jika lingkungan bersih dari sampah? Tidak ada lagi bau menyengat, lingkungan bersih dari sampah yang bisa saja membawa calon virus atau bakteri, dan tentunya lebih indah dipandang mata ketika lingkungan bersih.

Anda bisa mulai plogging di lingkungan sekitar tempat tinggal. Kenakan pakaian olahraga yang nyaman, bawa kantung sampah dan pakai sarung tangan. Ajak serta saudara dan teman agar plogging terasa lebih seru. Semakin banyak yang ikut plogging, pastinya semakin banyak juga sampah yang diangkut bukan.

Nah, agar kesehatan Anda tetap terjaga dari risiko cedera saat plogging, berikan perlindungan ekstra dengan asuransi seperti iSport dari Astra Life. Asuransi khusus buat Anda yang hobi berolahraga agar bisa terus mencintai hidup.

Memberikan tidak hanya perlindungan jiwa, namun juga perlindungan biaya rawat jalan darurat. Penggantian biaya fisioterapi sekaligus pemulihan dan santunan patah tulang akibat kecelakaan olahraga. Tersedia pilihan perlindungan 1 minggu dan 1 bulan. Hanya bayar 1x untuk masa perlindungan yang dipilih. Miliki secara EKSKLUSIF hanya di 2xu Compression Run Flash Sale 2018.

#AyoLoveLife dengan menjaga kesehatan serta kebersihan untuk kualitas hidup Anda yang lebih baik.