Wujudkan Gaya Hidup Sehat ala Sophie Navita

Screen Shot 2015-11-05 at 3.12.42 PM


Panggung hiburan bukan lah satu-satunya tempat Sophie Navita berkarya. MC sekaligus aktris TV Indonesia ini sekarang lebih dikenal dengan gaya hidup sehatnya. Sebut saja gerakan Indonesia Makan Sayur (IMS), green smoothies, raw food, dan koki profesional untuk plant-based menu. Semuanya dilakoni Sophie dalam 5 tahun belakangan ini.

Sejak 2010, Sophie Navita memang gencar mengampanyekan gerakan moral kembali mengonsumsi sayuran sebagai menu sehari-hari dalam keluarga. Melalui media sosial berupa Instagram di akun @IDmakansayur, Sophie memajang foto-foto makanan yang berbasis tumbuhan.image3

Mulai dari vegan burger, salad, nasi tutug oncom, rolade tahu, vegan spring roll, quinoa cauliflower pie, roti pisang, donat vegan, es krim vegan, raw cake, hingga green smoothies maupun green juice. Di @IDmakansayur, Sophie tidak hanya menyebarkan foto menu sehat saja. Tapi juga melengkapinya dengan resep yang dipraktikkan oleh para ibu untuk keluarga di rumah.

Latar belakang pendidikan Sophie sesungguhnya lulusan fakultas hukum dari sebuah universitas swasta di Bandung, Jawa Barat. Tapi ia begitu berminat dan mencintai gaya hidup hidup sehat berbasis tumbuhan. Karena itu, ia rela cuti sementara dari gemerlap panggung hiburan Indonesia dan Singapura untuk kembali ke bangku sekolah sebagai koki profesional bersertifikat.

“Ini menjadi sebuah passion lain yang saya miliki dalam hidup sejak 5 tahun terakhir yang harus saya bagi. Dan saya semakin mencintai passion ini, setiap harinya,” kata Sophie dalam situs pribadinya di www.sophienavita.com.

Pada 2012, Sophie memulai pelajaran sekolah kokinya di Living Light Culinary California, Amerika Serikat sebagai Raw Food Chef. Dilanjutkan dengan menimba ilmu di Matthew Kenney Academy di Santa Monica, Amerika Serikat pada tahun 2014. Untuk mengembangkan ilmunya, Sophie juga belajar di Rouxbe Cooking School sebagai Plant-based Chef (cooking).

“Saat ini saya sedang belajar ilmu nutrisi holistik yang nantinya bergelar sebagai R.H.N (Registered Holistic Nutritionist) dan Naturopath,” imbuh perempuan kelahiran Singapura, 10 November 1975, ini.

Baca juga: Temukan Sensasi Gaya Hidup Raw Food

sophie_navita

Tekadnya untuk berbagi kecintaan terhadap gaya hidup sehat ia lanjutkan dengan membuat situs pribadi, yaitu www.sophienavita.com. Berbagai resep ia bagikan secara gratis di situs ini. Perjuangan Sophie juga tampak pada upayanya mengirimkan Love Letter melalui email kepada para pecinta gaya hidup sehat di seluruh Indonesia. Cukup klik opsi “Love Letter from Sophie” kemudian masukkan email. Maka tiap bulannya, ada 1-2 surat cinta yang dikirim oleh Sophie.

Dalam surat cintanya, lagi-lagi Sophie berbagi resep sajian berbasis tumbuhan. Bahkan ia merangkum resep-resepnya dalam sebuah e-book yang bisa diunduh gratis oleh penerima surat cinta Sophie. Masih melalui surat cintanya, Sophie kerap berbagi pemikirannya tentang hidup seimbang yang dekat dengan alam. Serta tips untuk lebih menikmati hidup guna memperoleh tubuh dan pemikiran yang lebih sehat. Istri dari musisi Pongky Barata ini juga memberikan informasi pelatihan hidup sehat yang digelar oleh berbagai praktisi holistic internasional.

Untuk terus membagikan ilmu serta menyebarkan kecintaan terhadap sayuran, Sophie juga mengadakan kelas memasak di Jakarta hingga Bali. Seperti kelas memasak yang pernah ia gelar di sebuah supermarket kawasan, “Healthy Cooking with No Oil”.

Menurut Sophie, berbagai kegiatan ini merupakan bagian dari upayanya untuk mewujudkan mimpi. “Setiap orang punya mimpi, sebuah hasrat. Saya yakin, hidup tidak selalu bekerja keras hingga pensiun,” ujar Sophie. “Dan untuk meraih itu semua, saya pikir, harus dimulai dengan diet seimbang untuk menutrisi tubuh sehingga kita bisa merasa nyaman, terlihat nyaman, dan dapat berkegiatan dengan baik.”

Baca juga: Inilah 4 Resep Jitu untuk Mempererat Cinta dari Dapur

Sophie_Smoothies

Di akun @IDmakansayur, kini Sophie memiliki follower hingga 20,7k. Sedangkan akun Instagramnya sendiri meraih angka 93,6k follower. Gerakan ini juga diperkuat dengan pembuatan tagar #indonesiamakansayur. Bila Anda mengetik tagar ini, muncullah berbagai foto dari masyarakat yang terinspirasi untuk mengkonsumsi lebih banyak sayur dalam kehidupan sehari-harinya.

Melalui akun Instagram pribadi Sophie dan @IDmakansayur, Anda juga bisa memperoleh informasi seputar jadwal kelas memasak bersama Sophie. Biasanya, kelas dibuka untuk maksimal 15 peserta dengan biaya variatif, berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta. Dalam berbagai kelasnya, Sophie kerap memberi tips hidup sehat salah satunya adalah ‘Listen to your body, dan nutrisi badan sesuai dengan kebutuhannya’.

Asupan sehari-hari menurutnya sangat berpengaruh dalam menjaga kesehatan. Setiap orang menurutnya memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda, dengan demikian terlebih dulu kenali kebutuhan tubuh masing-masing. Ia juga kerap menyarankan untuk mengkonsumsi ‘real food’ yaitu makanan yang tidak melalui proses panjang seperti diberi bahan pengawet. Semakin sedikit proses pengolahan makanan, maka semakin banyak nutrisi yang bisa diserap dari makanan tersebut

Dengan pola hidup sehat, Sophie tidak hanya memperoleh tubuh bugar. Ia pun terbiasa berpikir positif dan menikmati hari-harinya. Lalu bagaimana dengan Anda, sudah siap mengubah pola hidup menjadi lebih sehat?

Baca juga: Resep Bahagia Dynna, si Penggagas Gerakan #baliklagikedapur




« | »
Read previous post:
175412
Gigih, William Tanuwijaya Bawa Tokopedia dari Nol ke 100 Juta Dolar

Oktober 2014, dunia startup Indonesia geger oleh selarik pengumuman dari Tokopedia. E-commerce lokal ini mengabarkan bahwa mereka mendapatkan investasi sebesar...

Close