Yuk, Rayakan Akhir Tahun ala Jepang Tanpa Harus Keluar Jakarta!

lt-ennichisai

Biasanya, Tahun Baru merupakan ajang liburan ke daerah atau negara lain, untuk melepaskan kepenatan selama setahun terakhir. Tapi bagaimana bila Anda tidak bisa meninggalkan Ibu Kota? Jangan sedih, buat yang tinggal di daerah Jakarta, bisa kok instant travelling ke Jepang dalam waktu kurang dari sejam. Biaya yang disiapkan pun sangat terjangkau, dengan hanya Rp500 ribu, bisa puas kuliner dan belanja.

Caranya pun mudah. Anda tinggal datang ke kawasan Little Tokyo di Melawai, Blok M. Seperti namanya, daerah ini ibarat Tokyo dalam skala kecil. Terentang dari Jl. Melawai VI hingga Jl. Melawai IX, Tokyo mungil ini ditandai dengan berderetnya lampion khas Jepang. Anda bisa menemui banyak orang Jepang beredar di sini, pertanda gerai-gerai di Little Tokyo menyajikan hal yang otentik dari negeri matahari terbit. Apa saja yang ada di sana? Berikut beberapa di antaranya.

 

Ajihara

Jl. Melawai IX no. 3A
Pasang mata Anda untuk mencari restoran yang kabarnya merupakan pionir di Little Tokyo ini, karena dari luar hanya ada tanda merah kecil dan pintu kayu geser. Begitu masuk, Anda seolah sudah tiba di kedai di Tokyo. Di sebelah kanan ada sushi counter, di mana pengunjung bisa melihat langsung sang koki menyiapkan makanan. Di kiri, ada tatami untuk yang ingin duduk lesehan ala Jepang. Tersedia pula rak berisi komik dan majalah Jepang yang bisa dipinjam pengunjung di tempat maupun dibawa pulang. Berdiri sejak dekade 1990-an, Ajihara menyediakan sekitar 200 menu yang bisa memusingkan kepala. Sebagai rekomendasi, Anda bisa coba tenzaru soba (mi soba dingin dengan tempura udang), kitsune tanuki soba (mi soba panas dengan kuah kaldu), sake onigiri (nasi kepal isi salmon), dan tentunya bermacam sushi yang lezat. Bahan masakan selalu segar, sedangkan aneka mi seperti soba, ramen, dan udon dibuat sendiri dan tak memakai pengawet sedikit pun.

 

Sushi Kawana/Raku Izakaya

lt-raku-unaju
Sumber: https://www.thetwotales.com/food-for-thought/raku-izakaya-the-best-japanese-home-cooking-in-jakarta

Jl. Melawai IX no. 18
Dimiliki oleh orang yang sama, Sushi Kawana terletak di lantai dasar sedangkan Raku Izakaya di lantai dua. Sushi dan sashimi yang disajikan Sushi Kawana relatif mahal, tapi kualitasnya jempolan. Adapun di Raku Izakaya, hidangan yang direkomendasikan antara lain Unaju Set (unagi alias belut panggang juicy yang konon segar dan terlezat di Jakarta) dan Tenju Set (udang, ikan, dan cumi goreng tepung). Tiap set menu sudah dilengkapi nasi, sup, salad, dan acar. Karena dimasak segar sesuai pesanan, Anda harus menunggu sedikit lebih lama. Daripada bengong, bisa coba shisamo (ikan hamil) atau horenzo ohitashi (bayam dengan saus kecap dan katsuo boshi, yakni serpihan ikan tuna kering) sembari menanti.
Foto Unaju Set: https://www.thetwotales.com/food-for-thought/raku-izakaya-the-best-japanese-home-cooking-in-jakarta

 

Kira-Kira Ginza


Jl. Melawai IX no. 30
Sudah siap mencoba ramen yang kabarnya paling lezat di Jakarta? Mampirlah ke Kira-Kira Ginza. Berlokasi tepat di seberang Blok M Square, restoran ini agak tersembunyi di balik sejumlah pepohonan. Anda bisa memilih duduk di bar, di meja makan, atau area tatami (tapi harus booking dulu karena tatami ini favorit para pengunjung). Menu ramen yang direkomendasikan antara lain Shoyu Ramen (ramen dengan kuah shoyu) dan Tan Tan Men (ramen dengan daging babi cincang). Selain itu, kari, donburi, dan okonomiyaki Kira-Kira Ginza pun lezat. Porsi hidangan di sini lumayan besar, namun ada pilihan ukurannya agar menyesuaikan dengan kemampuan perut Anda. Acara bersantap di Kira-Kira Ginza makin menyenangkan karena makanan pembuka dan penutup disajikan gratis.

 

Daitokyo Sakaba

lt-daitokyo-negishiotan
Sumber: https://only1ivy.blogspot.co.id/2014/07/daitokyo-sakaba-jakarta.html

Jl. Melawai IX no. 26
Daging panggang ialah andalan restoran ini. Daitokyo Sakaba terdiri dari dua antai: lantai dasar bagi pelanggan yang ingin dagingnya dipanggangkan para profesional di dapur, sedangkan lantai atas bagi yang pandai memasak (atau suka mengambil risiko) dan ingin memanggang dagingnya sendiri. Silakan pilih menu grill yang Anda suka, semuanya dijamin membuat ketagihan: gyutan (daging sapi), negishiotan (lidah sapi), buta bara (daging babi), asupara bacon (asparagus dibungkus bacon sapi), atau kawa (kulit ayam). Daitokyo Sakaba dikelola oleh grup Daisei, yang juga membuka restoran Jepang Ramen 38, Yellow Fin, dan Kira Kira Ginza.

 

Echigoya/Kashiwa

lt-echigoya-tonkotsu
Sumber: https://wanderbites.com/jakarta-restaurant-review/echigoya-ramen-melawai-blok-m-great-gyoza/

Jl. Melawai VIII no. 2A
Echigoya yang menyediakan ramen terletak di lantai dasar, sedangkan Kashiwa di atasnya menyajikan kushiyaki dan oden. Ramen di Echigoya menggunakan mi buatan sendiri, sehingga dijamin segar. Kuahnya dibuat dari proses berjam-jam menggodok kaldu babi dan ayam (atau kaldu ayam saja untuk Anda yang memilih ramen halal), sehingga rasa gurih umaminya tak main-main. Coba juga gyoza-nya, hidangan sampingan yang juga sedap. Nah, untuk yang penasaran menyantap kushiyaki (sate khas Jepang) dan oden (rebusan berbagai makanan seperti daging, gurita, cumi, tahu, lobak, dan konyaku), naiklah ke lantai atas. Kashiwa menjual jajanan yang paling lezat dinikmati saat cuaca dingin itu. Bir dan sake bisa menemani Anda dan kawan-kawan bercengkerama.

 

Papaya Fresh Gallery

Jl. Melawai Raya no. 28
Supermarket ini memasok berbagai makanan dan bahan masakan ala Jepang. Ada yang diproduksi di Indonesia, ada juga yang didatangkan langsung dari negeri asal Doraemon itu. Papaya juga menyediakan aneka jajanan Jepang seperti takoyaki, mochi, dan dorayaki. Lagu pop Jepang yang diputar setia menemani para pembelanja

 

Daiso

Berlokasi di atas Papaya, Daiso mengadopsi konsep toko 100 Yen di Jepang, di mana tiap barang dijual seharga 100 Yen. Daiso juga menjual beragam pernak-pernik dengan satu harga saja, yakni Rp 25.000. Banyaknya pilihan perabot minum teh, piranti membuat bento, piring, mangkuk, tempat penyimpanan, alat tulis, dan berderet macam barang lainnya yang berciri khas Jepang (meski sebagian besar diproduksi di Cina) membuat pengunjung bisa menghabiskan waktu berjam-jam di dalamnya.

 

Lapak DVD Jepang

Suka film Jepang? Tepat di depan Papaya, ada kios DVD yang menyediakan drama, anime, dan produk film Jepang lainnya. Penjualnya bahkan bisa berbahasa Jepang, jadi Anda bisa sekalian mengasah kemampuan berbahasa di sana.

Untuk Little Tokyo yang lebih meriah lagi, datanglah saat Festival Ennichisai berlangsung. Ini perhelatan tahunan sejak 2010 yang menyajikan beragam hidangan, seni, dan kebudayaan Jepang tradisional dan modern. Festival ini dihadiri lebih dari 200 ribu pengunjung setiap tahunnya. Anda bisa menemukan sekitar 150 stand makanan-minuman dan pernak pernik Jepang, pertunjukan tradisional seperti Mikoshi dan Dashi, serta pertunjukan modern seperti band dan Cosplay. Ennichisai berikutnya akan diadakan 14-15 Mei 2016.

 

Siap menghabiskan akhir tahun di ‘Jepang’?

Related Posts

5 Resto Instagrammable yang Ramah di Kantong: Perut Kenyang, Foto ‘Nendang’

Kini tempat makan, resto atau kafe bukan lagi sekadar tempat melepas lapar dan dahaga. Atau juga tempat untuk sekadar no...

Suwe Ora Jamu, Sajikan Manfaat Jamu Tradisional di Era Modern

Ketika musim hujan datang seperti saat ini, biasanya diikuti dengan penurunan kondisi tubuh. Bila Anda mengalaminya, tid...

Gelato Galore: Dessert Lezat yang Lebih Sehat

Sekali mencoba gelato, dijamin Anda tidak lagi memandang es krim semenarik dulu. Gelato sendiri merupakan pencuci mulut ...




« | »
Read previous post:
image3-2
Asli Indonesia, Wira Winata Jadi Animator Film Peanuts

Demi putrinya yang baru berusia satu tahun, Wira Winata menolak tawaran untuk menggarap film Ice Age 5. Bagi dia, keluarga...

Close