7 Jenis Pekerjaan Freelance untuk Tambahan Penghasilan

Selain bisa menambah penghasilan, freelance cocok untuk mengisi waktu luang karena jam kerjanya lebih fleksibel. Kira-kira, jenis pekerjaan freelance seperti apa yang banyak dibutuhkan saat ini, ya?

Jenis Pekerjaan Freelance

Freelance atau pekerja lepas adalah jenis pekerjaan self-employed. Alih-alih menjadi karyawan tetap, freelancer biasanya hanya akan memberikan layanan berdasarkan kontrak atau proyek. Karena peminatnya sangat tinggi, jenis pekerjaan freelance pun semakin banyak saat ini.

Melansir Tempo, data yang diambil dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2020 mencatat angka pekerja freelance mencapai 33,34 juta orang. Angka tersebut naik sebanyak 26% atau sekitar 4,32 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa tren bekerja secara freelance sangat diminati oleh para pekerja untuk saat ini.

Ditambah lagi kondisi pandemi yang membuat banyak pekerja melakukan Work From Home (WFH), sehingga lebih mudah untuk mereka mencari pekerjaan lepas yang juga bisa dilakukan secara remote atau jarak jauh. Mengutip informasi dari Suara.com, lima kota di Indonesia yang memiliki jumlah freelancer terbanyak yaitu Bandung, Jakarta, Surabaya, Bekasi, dan Bali.

Beberapa kelebihan menjadi freelancer, yaitu:

– Fleksibilitas dalam segi jam kerja dan lokasi kerja.

– Memperbanyak portfolio dan hasil kerja.

– Meningkatkan set skills, baik itu soft skill maupun hard skill.

– Kondisi keuangan menjadi lebih stabil dengan fee yang didapatkan.

– Tidak ada kontrak kerja yang terlalu mengikat, sehingga lebih bebas jika ingin melakukan lebih dari satu freelance selama tidak mengganggu pekerjaan lainnya.

Bagi kamu yang ingin memiliki penghasilan tambahan, kamu bisa coba mencari jenis pekerjaan freelance yang ada dan sesuai dengan role kamu, lho! Selain bisa menambah penghasilan, freelance cocok untuk mengisi waktu luang karena jam kerjanya lebih fleksibel. Kira-kira, jenis pekerjaan freelance seperti apa yang banyak dibutuhkan saat ini, ya?

Jenis Pekerjaan Freelance yang Banyak Dibutuhkan Saat Ini

1. Penulis konten

Saat ini, banyak perusahaan yang telah beralih untuk memasarkan produknya melalui website maupun media sosial, seperti konten postingan di Instagram, Twitter, hingga company website.

Konten berbentuk artikel, foto, atau video itu menjadi salah satu sarana untuk memberikan informasi serta menyebarkan awareness kepada banyak orang dengan biaya yang lebih kecil dibandingkan melakukan strategi pemasaran dengan metode lainnya. Inilah yang menyebabkan banyak perusahaan memilih untuk mengaktifkan postingan artikel di website mereka.

Untuk itu, profesi penulis konten menjadi salah satu yang paling banyak dicari saat ini. Tak hanya fokus untuk menulis konten website, penulis konten juga terbagi lagi menjadi content writer, copywriter, hingga scriptwriter. Meski sama-sama penulis, job desk-nya berbeda karena output-nya tak sama. Maka dari itu, persaingan posisi yang satu ini juga terbilang cukup ketat.

Jika kamu yang tertarik ingin mencoba menjadi freelancer untuk penulis konten, kamu bisa mencobanya di media online atau melalui beberapa website seperti di Penulis ID, Fast Work, People Per Hour, dan Saung Writer.

2. Kreator konten

Berbeda dengan penulis konten, jenis pekerjaan freelance kreator konten adalah orang-orang yang fokusnya untuk membuat konten yang kemudian akan dipublikasi melalui social media seperti Instagram, Youtube, dan TikTok.

Tak dimungkiri, kini orang-orang semakin suka melihat konten yang berbentuk video kreatif, makanya pekerjaan freelance ini termasuk salah satu yang paling banyak diminati oleh perusahaan. Jenis konten yang diproduksi biasanya berbentuk video kreatif, foto, hingga audio yang menarik dan edukatif.

Kalau kamu suka menonton video menarik di TikTok maupun YouTube, video tersebut tidak langsung jadi dengan sendirinya, lho! Ada peran seorang kreator konten yang membuat konsep dan mengemas videonya menjadi menarik untuk ditonton oleh target audiensnya.

Contohnya seperti kreator konten horor Nessie Judge yang awalnya hanya membuat video untuk bercerita, hingga menjadi salah satu channel horor terbesar di Indonesia dengan hampir 10 juta subscriber di YouTube! Sebelum membuat video, biasanya Nessie dan tim akan melakukan riset materi, shooting, dan editing sampai videonya siap diunggah ke media sosial.

3. Praktisi SEO

Masih berhubungan dengan konten, jenis freelance untuk Search Engine Optimization (SEO) juga banyak dicari oleh perusahaan, nih. Bisa dibilang, posisi ini sangatlah penting untuk meningkatkan visibilitas suatu situs atau halaman web di mesin pencarian. Dengan begitu, konten kamu akan lebih mudah untuk ditemukan oleh para target audiens.

Namun, seorang praktisi SEO harus mempelajari dan mengerti teknik-teknik SEO agar pekerjaannya bisa dilakukan dengan baik. Karena ini termasuk pekerjaan yang cukup kompleks dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melihat hasilnya, pemilik situs atau website biasanya berani memberikan fee atau bayaran yang cukup tinggi untuk para praktisi SEO.

4. Desain grafis

Jenis pekerjaan freelance lainnya adalah desain grafis. Posisi ini cocok untuk kamu yang kreatif dalam hal visual dan bisa mengaplikasikannya menggunakan tool desain seperi Adobe, CorelDRAW, bahkan Canva.

Pekerjaan ini juga paling banyak terbuka untuk posisi freelance, lho. Kamu bisa menemukannya di situs freelance seperti 99designs, Fiverr, Sribulancer, dan lain-lain. Beberapa hasil desain yang dibutuhkan biasanya untuk keperluan konten dan marketing seperti logo, ilustrasi, brosur, banner, presentation deck, dan lain-lain.

5. Web designer

Sedikit berbeda dengan desain grafis, web designer adalah jenis pekerjaan freelance yang juga banyak diminati oleh perusahaan. Beberapa keahlian yang wajib untuk dikuasai seorang freelancer web designer adalah penguasaan JavaScript, HTML, dan CSS. Namun, penguasaan dasar desainnya juga sama seperti desain grafis.

Tugas utama seorang web designer yaitu untuk merancang sebuah website agar terlihat menarik dan efektif. Hal ini penting untuk memberikan user experience yang baik ketika seseorang mengunjungi website yang kamu desain.

6. Influencer/talent

Semakin banyak produksi konten berupa video yang didistribusikan melalui media sosial, maka akan semakin banyak juga kebutuhan untuk mempekerjakan influencer atau talent yang bisa membawakan videonya agar terlihat lebih bagus dan menarik.

Maka dari itu, influencer atau talent juga termasuk jenis pekerjaan freelance yang banyak diminati oleh perusahaan, terutama yang fokus untuk melakukan pemasaran di media sosial. Pasalnya, talent akan menjadi wajah dari produk yang dipasarkan.

7. Social media admin

Kehadiran media sosial menjadi medium untuk melakukan pemasaran telah terbukti efektif untuk meningkatkan visibilitas suatu brand dan penjualan. Apalagi melansir Data Indonesia, laporan dari We Are Social pada Januari 2022 menyebutkan bahwa pengguna media sosial aktif di Indonesia mencapai 191 juta orang!

Hal ini membuktikan bahwa banyak orang Indonesia yang menghabiskan waktu di media sosial. Maka itu, perusahaan wajib untuk memiliki media sosial, untuk menarik banyak pelanggan. Agar media sosial berjalan dengan baik, kehadiran social media admin sangatlah penting, lho.

Selain untuk mengatur setiap postingan setiap hari, social media admin juga berperan untuk melakukan analisis terhadap perkembangan akun media sosialnya itu sendiri. Mulai dari penambahan dan pengurangan followers, jumlah komentar, hingga seberapa banyak orang yang menyukai kontennya. Inilah mengapa posisi freelancer untuk social media admin semakin banyak diminati oleh perusahaan.

Memiliki lebih dari satu pekerjaan (seperti freelance) memang menarik untuk menambah penghasilan agar kondisi keuangan bisa lebih stabil lagi. Namun jangan karena terlalu sibuk side hustle, kesehatan kamu jadi terganggu dan amit-amit malah keluar uang lebih untuk berobat. Bukannya nambah penghasilan malah mengacaukan perencanaan finansial kamu.

Untuk itu, kamu bisa menjaga keamanan finansial terkait kesehatan dengan memberikan proteksi dini berupa asuransi kesehatan untuk diri sendiri dan keluarga. Pasalnya, asuransi kesehatan bisa memberikan proteksi finansial dari biaya kesehatan yang tak terduga.

Salah satunya seperti ​​Flexi HS (Hospital and Surgical) dari Astra Life yang memberikan manfaat berupa fasilitas rawat inap sebanyak Rp2 juta per hari yang bisa diklaim tanpa perlu cek medis, memberikan fasilitas medical check up tiap  tahun sekali, hingga klaim asuransi lebih mudah dan praktis karena bisa dilakukan 100% secara online.

Selain itu, Flexi HS juga memberikan perlindungan menyeluruh mulai dari rawat inap hingga pasca rawat inap, sehingga bisa memberikan rasa aman untuk kamu dan juga orang-orang terdekat. Kemudahan lainnya kamu bisa mencari tahu informasi lengkap mengenai asuransi Astra ini dengan mengunjungi website ilovelife.co.id, ya!

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!