5 Rekomendasi Film Inspirasi Bisnis yang Bisa Kamu Contoh

Buat kamu yang tertarik untuk memulai bisnis atau tengah menjalaninya, bisa banget kamu dan keluarga menonton 5 film rekomendasi inspirasi bisnis dari kami dengan cerita menarik dan sebagian besarnya diangkat dari kisah nyata, nih!

rekomendasi film inspirasi bisnis

Menuju akhir pekan, banyak aktivitas yang bisa dilakukan, nih. Salah satunya yaitu bersantai bersama keluarga dengan menonton film. Apalagi kalau aktivitas ini dilakukan sama seluruh keluarga, pastinya bakal jadi seru banget!

Kini semakin banyak film menarik yang booming hingga akhirnya menjadi bahan inspirasi untuk berkreasi di dunia nyata, salah satunya yaitu dalam dunia bisnis. Kamu mungkin sudah tidak asing melihat banyak clothing line yang membuat produknya terinspirasi dari film yang sedang booming. Contohnya saja, banyak peminat tracksuit warna hijau yang dikenakan oleh para tokoh Drama Korea Squid Game (2021) yang diminati banyak orang.

Selain itu, bidang kuliner juga tidak mau kalah, lho. Hal ini terbukti dengan banyaknya kuliner-kuliner Korea yang bermunculan karena merebaknya film dan drama korea yang banyak diminati.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk memulai bisnis atau tengah menjalaninya, bisa banget kamu dan keluarga menonton 5 film rekomendasi inspirasi bisnis dari kami dengan cerita menarik dan sebagian besarnya diangkat dari kisah nyata, lho. Penasaran apa saja filmnya? Lihat list-nya di bawah ini, ya!

5 Rekomendasi Film Inspirasi Bisnis

1. The Pursuit of Happyness (2006) IMDb 8/10

The Pursuit of Happyness (2006) mungkin film motivasi sukses yang sedikit berbeda dibandingkan dengan rekomendasi lain. Film dengan rating 8/10 di IMDb ini bercerita tentang perjuangan seorang kepala rumah tangga, Christopher Gardner (diperankan oleh Will Smith) yang berusaha untuk melawan segala rintangan untuk mencapai tujuan bisnisnya.

Plot-nya terfokus pada perjuangan Gardner sebagai tunawisma yang mengalami kerugian akibat berinvestasi untuk menjual alat pemindai kepadatan tulang medis. Salah satu hal yang bisa diambil dari film ini yaitu bagaimana sebagai seorang pengusaha bisnis, tentu akan menghadapi segala tantangan yang mungkin bisa membuat kita menjadi putus asa.

Namun, dengan perjuangan yang solid, selalu mempertahankan rasa percaya untuk mencapai tujuan, dan tidak pernah menyerah terhadap keadaan, hal tersebut bisa memberikan hasil yang terbaik untuk bisnis kamu. Meskipun perjuangan Gardner digambarkan sangat sulit dan termasuk perjuangan yang cukup ekstrim sampai menguras air mata para penontonnya, tetapi pada akhirnya ia berhasil bangkit dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

2. The Social Network (2010) IMDb: 7.8/10

Film Inspirasi Bisnis The social Network

Disutradarai oleh David Fincher, The Social Network (2010) merupakan film biografi yang menceritakan tentang perjalanan Mark Zuckerberg, yaitu seseorang yang dijuluki “komputer jenius”, memulai pembuatan Facebook pada 2003.

Plot-nya memang sudah dibumbui dan didramatisasi, tetapi film ini based on true story atau diangkat dari kisah nyata dan menunjukkan bagaimana sulitnya perjalanan Mark Zuckerberg untuk membawa Facebook dari perusahaan startup teknologi kecil-kecilan menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia.

Dalam film tersebut, Mark Zuckerberg menolak gagasan menerapkan iklan untuk mendorong pendapatan dan malah memilih untuk membuat platform yang disukai banyak orang. Ia berpikir bahwa mengembangkan platform yang lebih baik akan menarik lebih banyak pengguna yang pada akhirnya akan menghasilkan pendapatan lebih banyak juga.

Adegan tersebut menunjukkan pentingnya mengambil risiko yang perlu diperhitungkan dengan matang terlebih dahulu. Meski tak semua berjalan sesuai dengan harapan, sebagai seorang wirausahawan, kamu perlu berani mengambil langkah inovatif jika ingin memajukan bisnismu.

3. The Founder (2016) IMDb: 7.2/10

Film inspirasi bisnis ini dikemas menjadi drama komedi biografi yang berlatar tahun 1954 dan mengangkat kehidupan Raymond Albert Kroc. Ray Kroc merupakan seorang pengusaha asal Amerika yang membeli salah satu restoran cepat saji terbesar di dunia, McDonald’s.

Pada awalnya, Ray merintis karir sebagai penjual mixer milkshake keliling, hingga akhirnya ia membantu McDonald bersaudara untuk mengembangkan bisnis restoran mereka menjadi restoran raksasa makanan cepat saji bernilai miliaran dolar seperti sekarang ini.

Film pengusaha sukses ini mengajarkan banyak hal tentang bisnis, seperti pentingnya menjadi customer-centric, di mana McDonald’s berkembang pesat karena mampu menyajikan makanan berkualitas tinggi dengan sistem produksi yang cepat juga. Hal ini membuat McDonald’s memfokuskan branding service-nya untuk pelanggan, sampai pelanggan akhirnya yang mencari McDonald’s dan bukan sebaliknya.

Tak hanya itu, film The Founder  juga mencontohkan mengapa pengusaha tidak boleh takut untuk memiliki mimpi besar dan selalu berpikir inovatif. Mengambil tujuan yang mungkin dilihat orang lain sebagai suatu hal yang tidak realistis justru bisa memungkinkan kamu untuk memperluas cakupan dari tujuan yang ingin kamu capai.

4. Steve Jobs (2015) IMDb: 7.2/10

film inspirasi bisnis steve jobs

Siapa yang tidak familiar dengan nama Steve Jobs? Ia merupakan seorang visioner yang berhasil membawa nama Apple menjadi produk yang paling banyak diminati oleh banyak orang di seluruh dunia. Film Steve Jobs (2015) menjadi salah satu film bisnis terbaik yang bercerita tentang kehidupan Steve Jobs mengembangkan Apple sejak awal.

Film inspirasi bisnis ini memperlihatkan bagaimana perjuangan menciptakan produk dan bisnis bukanlah suatu hal yang mudah. Membangun bisnis membutuhkan kerja keras dan dedikasi tinggi untuk tetap berusaha meski menghadapi segala tantangan dalam perjalanannya. Sangat mudah untuk mengagumi Apple kini, tetapi proses membangun bisnisnya ternyata butuh waktu 20 tahun.

Film ini juga menjadi bukti betapa pentingnya pemimpin dikelilingi oleh orang-orang yang tepat dan bisa membantu Steve Jobs untuk mewujudkan mimpinya. Bisa terlihat bagaimana Steve Jobs memang merupakan seorang visioner, tetapi ia tidak tahu cara membuat kode, dia bukan seorang insinyur, dan juga bukan seorang pemasar. Tetapi, ia berhasil menemukan orang-orang yang ahli di bidang tersebut dan membentuk tim untuk menuju kesuksesan bersama.

5. Fyre: The Greatest Party That Never Happened (2019) IMDb: 7.2/10

Rekomendasi film Fyre The Greatest Party That Never Happened

Salah satu film tentang pengusaha yang dikemas dalam bentuk dokumenter andalan Netflix yaitu Fyre: The Greatest Party That Never Happened (2019). Film ini bercerita tentang upaya yang gagal untuk mengadakan festival musik Fyre Fest pada 2017 di Bahama. Plot ceritanya berfokus pada pada pembangunan acara tersebut.

Acara yang seharusnya menjadi festival mewah yang berlangsung selama tiga hari, malah berubah menjadi pengalaman yang mengerikan bagi orang-orang yang telah membayar tiketnya. Terlihat bagaimana influencer besar seperti Kendall Jenner dan Bella Hadid menjadi kunci untuk membantu Fyre Fest menjual lebih dari 5 ribu tiket.

Film inspirasi bisnis ini menawarkan beberapa pelajaran penting bagi pengusaha, khususnya siapa pun yang tertarik menggunakan influencer sebagai cara untuk mengembangkan perusahaan dengan cepat. Kamu bisa mempekerjakan influencer untuk mempromosikan acara, tetapi ingat bahwa bukan itu yang akan membuat bisnis menjadi sukses. Pasalnya, bisnis akan sukses ketika pelanggan merasa puas dengan apa yang kita tawarkan.

Maka dari itu, film ini mengajarkan para pebisnis untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk pelanggan, bukan hanya untuk kepentingan mempromosikan acaranya.

Ketika bisnis yang kamu jalankan mengalami kegagalan, hal ini bisa berdampak pada kondisi fisik, mental, hingga finansial. Tak dimungkiri, sebagian banyak bisnis dibangun dengan modal yang cukup besar, kondisi finansial mungkin menjadi satu hal yang paling terlihat dampaknya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, penting untuk kamu berinvestasi dan menggunakan proteksi dini seperti asuransi untuk kehidupan yang lebih aman dan nyaman di masa depan.

Pasalnya, asuransi seperti asuransi jiwa bisa bermanfaat untuk memberikan proteksi kepada kamu dan keluarga dalam bentuk jaminan finansial untuk masa depan. Maka dari itu, asuransi menjadi bentuk rasa cinta nyata untuk keluarga. Ya, Insurance Is Love.

Produk asuransi dari Astra Life bisa jadi pilihan kamu dan keluarga, salah satunya Flexi Life dari Astra Life yang memiliki memiliki keunggulan di mana kamu bisa menentukan perlindungan jiwa hingga Rp5 miliar, dan tidak perlu medical check-up. Kamu tidak perlu repot untuk mendaftar ulang karena asuransi ini auto renew atau selalu diperpanjang secara otomatis setiap tahun.

Selain itu, kamu bebas mengubah besarnya Uang Pertanggungan, Masa Pertanggungan, Frekuensi Pembayaran Premi, dan mengajukan perubahan lain sesuai kebutuhan seiring dengan perubahan tahapan kehidupanmu secara online hanya dengan mengunjungi ilovelife.co.id, lho! Klaim asuransi lebih mudah dan praktis karena bisa dilakukan 100% secara online.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!