Tips Mudah untuk Berhenti dari Kecanduan Merokok

Layaknya candu, merokok bisa membuat ketagihan. Meski bahaya merokok sudah diketahui bersama, termasuk bahaya asapnya untuk perokok pasif

Berhenti Merokok

Tahukah Anda? Layaknya candu yang membuat ketagihan, begitu juga kebiasaan merokok bagi sebagian orang. Terlepas dari banyak peringatan akan bahaya merokok atau peringatan “dilarang merokok” di berbagai media, nyatanya masih ditemui orang merokok di tempat publik. Bahkan, berdasarkan data terakhir Riset Kesehatan Dasar 2013, perokok aktif mulai dari usia 10 tahun ke atas di Indonesia berjumlah 58.750.592 orang. 

Bukan perkara mudah untuk melepas kebiasaan merokok. Bahkan para ahli kesehatan setuju jika berhenti merokok dianggap sebagai salah satu upaya kebiasaan kesehatan yang sulit ditempuh. Dibutuhkan kesiapan mental dan komitmen untuk melakukannya. Jika keduanya dimiliki, maka kesulitan di awal memulainya bisa dilewati.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kesulitan dalam berhenti merokok.

1. Ganti Rokok dengan Permen

Terbiasa merokok, akan selalu ada keinginan untuk memasukkan sesuatu di mulut Anda. Tentunya ada perasaan yang aneh Karena tidak ada sesuatu yang dikonsumsi di mulut ketika Anda mulai berhenti merokok. Maka, ganti rokok dengan permen. Sebaiknya permen karet yang bebas gula, mulut tetap mengunyah namun tetap sehat.

2. Minum Air Putih Dingin dengan Sedotan

Terdengar aneh di telinga Anda? Ternyata menghirup air dingin melalui sedotan bisa turut melepaskan dopamin yang merupakan bahan kimia otak yang dapat membantu meringankan suasana hati yang buruk. Tidak ada salahnya membuktikan bahwa cara unik ini bisa menghilangkan keinginan mengisap rokok.

3. Tulis Niat Awal dan Target

Dua minggu awal merupakan fase terberat saat memulai berhenti merokok. Oleh karenanya, tulis niat awal serta target Anda di kamar, di meja kerja, maupun di tempat yang sering Anda kunjungi.

4. Terapi Pengganti Nikotin

Berbagai perangkat dirancang untuk membantu perokok menjalani terapi nikotin, seperti inhaler, semprotan hidung, pelega tenggorokan, dan gusi. Anda bisa mendapatkannya di apotek setelah konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Data terakhir Riset Kesehatan Dasar 2013, perokok aktif mulai dari usia 10 tahun ke atas di Indonesia berjumlah 58.750.592 orang.

5. Insentif Keuangan

Agar lebih semangat, Anda bisa coba cara ini. Tidak dipungkiri keuntungan finansial pasti bisa menambah semangat Anda berhenti merokok. Sebuah studi yang dimuat di New England Journal of Medicine menunjukkan hasil yang menjanjikan terkait keuntungan finansial ini. Penelitian melibatkan 2.500 perokok yang terdaftar dalam program CVS Caremark. Para peneliti menemukan orang-orang yang mendapat insentif keuangan untuk berhenti memiliki, mencatat keberhasilan yang luar biasa, setidaknya setelah 12 bulan mencoba.

Caranya, Anda menyiapkan sebuah tabungan. Kemudian sisihkan uang yang biasanya digunakan untuk membeli rokok. Misalnya dalam sebulan Anda menghabiskan 4 bungkus rokok dengan nominal Rp88.000. Bisa dibayangkan jika Anda berhasil mengumpulkan dana tersebut selama 12 bulan dan seterusnya? Bukan tidak mungkin uang yang berhasil dikumpulkan bisa digunakan untuk traveling.

6. Lakukan Medical Check Up

Selain mencatat keuntungan finansial dan perubahan positif yang diperoleh setelah berhenti merokok, Anda bisa bandingkan perubahan kesehatan. Caranya, lakukan medical check up sebelum berhenti merokok dan setelah 12 berhenti merokok.

Bisa jadi kondisi kesehatan Anda semakin baik. Kulit yang lebih sehat dan cerah, jari-jari tangan yang bebas aroma tidak sedap, terbebas dari bau mulut, hingga stamina yang meningkat.

Harus tunggu apalagi? Anda bisa memulainya saat ini sambil memberikan perlindungan ekstra untuk kesehatan seperti Siap SehatKu dari Astra Life, asuransi yang memberikan manfaat santunan rawat inap harian hingga Rp 300.000 serta perlindungan ekstra untuk 6 penyakit khusus seperti serangan jantung, stroke, gagal ginjal, kanker, penyakit paru kronis, dan angioplasty. #AyoLoveLife dan nikmati perubahan besar setelah berhenti merokok.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!