Traveling Gaya Baru: Keliling Indonesia dengan Karavan

motor home belitung

Bagi para traveller yang kerap melakukan penjelajahan ke berbagai belahan dunia, campervan atau berpelesir dalam caravan, barangkali bukanlah hal asing. Tipe road trip ini kerap dilakukan oleh mereka yang melancong ke Australia dan New Zealand untuk menjelajahi keindahan alam di kedua negara tersebut dari dekat. Bahkan, ada pula yang  menjalani bulan madu dengan wisata karavan. Unik, seru, dan menawarkan pengalaman baru.  Tak heran jika campervan menjadi salah satu tipe pelesir impian atau masuk ke dalam bucket list para pelancong.

Tapi… Siapa bilang gaya pelesir ala kaum gipsy tersebut hanya bisa Anda cicipi saat jalan-jalan ke luar negeri? Kini Anda pun bisa mencoba gaya hidup kaum gipsy nomaden ini dengan pelesir keliling kota sambil menikmati alam Indonesia menggunakan karavan. Pertama kalinya wisata karavan hadir di Indonesia, tepatnya di Belitung Timur.

Baca juga: 10 Alasan Pentingnya Traveling Berdua dengan Pasangan

Tidak perlu repot mencari penginapan yang sesuai keinginan. Tak lagi pusing memikirkan penyewaan mobil atau angkutan umum di kota destinasi. Liburan menjadi praktis dan seru dengan karavan. Buka pintu karavan di pagi hari, bisa saja pemandangan pantai tersaji di depan mata, menemani hidangan sarapan Anda!

Karavan bernama Majesty Motorhome ini dirancang khusus dengan menggabungkan fungsi transportasi dan tempat tinggal. Kehadiran wisata karavan ini dilatarbelakangi pengalaman Nugroho Setio, direktur utama PT Mulia Anugrah Wisata, yang liburan sekeluarga di Selandia Baru dengan karavan (motorhome). Ia sekeluarga merasakan kebersamaan keluarga yang sangat kental dan berkesan selama liburan.

motorhomebali2

Sebanyak 5 unit pun disiapkan untuk beroperasi Belitung Timur. Mengapa Belitung? Kota ini dinilai sebagai destinasi wisata menarik dan telah dikenal dunia karena film Laskar Pelangi. Demi menghadirkan kenyamanan dan pengalaman pelesir dalam karavan yang lebih berkesan, ia telah menyiapkan beberapa lokasi parkir yang tersebar di Belitung Timur. Dengan demikian, pengguna karavan bisa memarkir dan menginap di lokasi tersebut.

Agenda berlibur dengan karavan keliling Belitung Timur pun telah disapkan. Hari pertama di Belitung, Anda bisa melajukan karavan ke Museum Kata Andrea Hirata yang terletak di daerah Gantung. Tak perlu terburu-buru, nikmati kunjungan ke museum ini sepuasnya. Apalagi jika Anda melakukan aktivitas ini sebagai jobbymoon, refreshing singkat sebelum masuk kantor baru.

Baca juga: Kakaban Trip, Ini Sosok di Balik Kepopuleran Destinasi Wisata Indonesia Timur

Mulai dari membaca kumpulan kalimat bijak dari Andrea Hirata, seorang penulis novel berjudul Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi. Kumpulan kalimat bijak tersebut mencerminkan kearifan lokal, sekaligus mengilhami pembuatan film Laskar Pelangi. Puas berkeliling museum, Anda bisa melepas dahaga di Kupi Kuli yang terletak di belakangnya. Belum sempat foto namun kamera ketinggalan? Tak perlu khawatir, Anda bisa langsung mengambilnya di karavan dalam hitungan menit.

Setelahnya lanjutkan perjalanan menuju daerah Manggar untuk berkemah. Tidak perlu menyewa tenda kemah karena telah disediakan di karavan. Cukup keluarkan meja dan kursi lipat serta peralatan memanggang makanan, Anda sekeluarga pun bisa berkemah sambil menikmati lukisan bintang di langit malam.

Keesokan paginya tanpa harus disibukkan dengan urusan check out ala penginapan, Anda bisa langsung mencari sarapan khas Belitung. Kemudian menuju pantai untuk bermain layang-layang atau sekadar bermain pasir. Siang pun tiba. Tidak perlu waktu lama, sulap sofa karavan menjadi tempat tidur, untuk beristirahat sejenak. Panasnya matahari tidak terasa dengan pendingin ruangan di dalam karavan.

Petang menjelang makan malam, Anda bisa bersantai sambil nonton TV di karavan. Minuman ringan yang disimpan di kulkas bisa membuat suasana semakin seru. Usai makan malam, tidak ada salahnya berkeliling kota dengan karavan. Semua keseruan keliling Belitung Timur ini difasilitasi oleh Majesty Motorhome dengan tarif Rp 490.000 per hari dan per malam. Untuk paket keluarga dibanderol dengan kisaran Rp 4.500.000 – Rp 7.700.000 untuk maksimal 4 orang dalam satu kali liburan.

Bukan hanya Belitung, liburan dengan karavan juga bisa dinikmati di Bali. Pengalaman menjelajah pulau dewata dengan karavan pastinya menciptakan kenangan tersendiri. Lajukan karavan untuk berwisata di daerah Bedugul, Kabupaten Tabanan, Bali. Nikmati keindahan Danau Beratan di Bedugul. Lalu dengan waktu singkat, Anda bisa berkemah di sejuknya udara di sekitar Kebun Raya Bedugul.

Baca Juga: Serunya Keliling 4 Kota dengan Wisata Bus Tingkat

Tanpa perlu berganti-ganti penginapan dan memindahkan koper, dari Bedugul Anda bisa langsung melaju ke Tanjung Benoa. Beragam olahraga air menanti untuk dinikmati penuh kegembiraan. Mulai dari jet ski, sea walker, hingga intro scuba diving. Liburan seru dengan karavan di Bali seperti ini dapat direncanakan dengan bantuan Fun Asia Tour.

Sudah terbayang keseruan menikmati alam Indonesia dengan karavan kan? Saatnya jalani mimpi, berlibur dengan karavan di negeri sendiri. Ini semua bisa Anda lakukan bersama teman atau pun lewat open trip bersama traveler lainnya. Namun, jangan lupa ada hal-hal penting yang mesti diperhatikan kalau ingin melaksanakan open trip .

Selain itu, agar liburan dengan karavan ini semakin nyaman dan aman, Anda bisa berikan perlindungan untuk diri sendiri dan keluarga. Saat ini tersedia perlindungan seperti Flexi Life. Selain memberikan perlindungan jiwa dengan premi serta Uang Pertanggungan yang dapat Anda atur sendiri, Flexi Life juga memberikan manfaat penggantian

ASLI Proteksi Diriku dari Astra Life yang akan memberikan manfaat penggantian biaya rawat jalan darurat akibat kecelakaan sebesar Rp 3 juta (Kado 100) atau Rp 7,5 juta (Kado 250). Lengkapnya, Anda bisa cek di sini. Jadi, ayo cintai hidup dan segera wujudkan mimpi Anda menjelajahi daya pikat Indonesia.




« | »
Read previous post:
hewan peliharaan
Ketika Si Kecil Meminta Memelihara Hewan, Perhatikan 5 Hal Ini

Hidup dengan hewan peliharaan di masa kecil pasti meninggalkan kenangan yang menyenangkan. Anak kecil dan hewan peliharaan memang kombinasi yang menggemaskan....

Close