Berkenalan Dengan Asuransi Unit Link, Pahami Konsep, Istilah, dan Cara Kerjanya, Yuk!

Sering mendengar kata Unit Link saat membeli asuransi? Atau kamu sudah mengetahui tentang unit link tapi kamu masih ragu-ragu untuk memilikinya?  Yuk, kenali lebih jauh tentang Asuransi Unit Link.

Unit-Link-Konsep-Istilah

Berkenalan Dengan Asuransi Unit Link, Pahami Konsep, Istilah, dan Cara Kerjanya, Yuk!

Ini adalah rangkuman artikel versi Mobile. Buatlah sekitar 1-2 kalimat untuk rangkuman artikel untuk membimbing pembaca mengerti isi artikel.

Sering mendengar kata Unit Link saat membeli asuransi? Atau kamu sudah mengetahui tentang unit link tapi kamu masih ragu-ragu untuk memilikinya?  Sebaiknya, sebelum membahas Unit Link, yuk pahami dulu apa itu asuransi jiwa.

Asuransi jiwa adalah instrumen untuk memindahkan risiko finansial dari pemilik asuransi jiwa ke perusahaan asuransi. Risiko utama yang dilindungi oleh asuransi jiwa adalah jika tertanggung tutup usia. Namun, saat ini asuransi jiwa juga dilengkapi dengan manfaat perlindungan kesehatan. Asuransi jiwa dibagi menjadi 2 tipe, yaitu asuransi jiwa murni dan asuransi jiwa dengan investasi yang lazimnya disebut asuransi unit link.

Jadi Apakah Perbedaan Asuransi Jiwa dengan Asuransi Unit Link?

Pada Asuransi Jiwa Murni, premi yang kamu bayarkan murni hanya untuk proteksi saja sehingga relatif lebih terjangkau. Pada Asuransi Jiwa Murni, premi akan hangus jika tidak ada klaim. Asuransi Jiwa Murni cocok untuk kamu yang sudah terbiasa berinvestasi sendiri atau kamu yang baru mulai berkarir. 

Sedangkan pada Asuransi Unit Link, setiap premi yang dibayarkan dialokasikan untuk proteksi dan investasi, sehingga terdapat nilai dana dari hasil investasi. Proteksinya memberi perlindungan jiwa dan kesehatan hingga usia 99 tahun. Hasil investasi akan bergerak mengikuti kondisi pasar, jika nantinya terbentuk bisa menjadi sekoci ketika keuangan kamu sedang tidak bagus, atau memasuki masa pensiun. Perlu diingat bahwa ilustrasi investasi tidak bisa dijamin, karena tergantung pada kondisi ekonomi lokal dan global. Asuransi Unit Link cocok untuk kamu yang ringkas dan belum terbiasa berinvestasi sendiri. 

Meskipun Asuransi Jiwa Murni dan Asuransi Unit Link memiliki karakteristik yang berbeda, tapi keduanya memiliki persamaan mendasar yaitu melindungi kamu dan keluarga dari bencana finansial. Jadi asuransi itu kurang tepat kalau tujuannya hanya untuk mencari keuntungan saja.

Mana yang lebih pas untuk kamu, kamu sendiri yang tentukan.

Meskipun Asuransi Jiwa Murni dan Asuransi Unit Link memiliki karakteristik yang berbeda, tapi keduanya memiliki persamaan mendasar yaitu melindungi kamu dan keluarga dari bencana finansial.

Beberapa Istilah-istilah dalam Asuransi Jiwa Unit Link

Setelah memahami konsep Asuransi Unit Link kamu juga perlu pahami istilah-istilahnya agar kamu lebih memahami Asuransi Unit Link yang ditawarkan. Berikut adalah ragam istilah yang serinng ditemui pada Asuransi Unit Link:

Polis Asuransi

Polis merupakan alat bukti tertulis atau dokumen perjanjian berisi hak dan kewajiban antara pemegang polis dan perusahaan asuransi. Kamu harus memahami benar isi polis yang kamu terima. Biasanya perusahaan Asuransi memberikan waktu empat belas hari kalender sejak polis diterima untuk mempelajari isi polis. Jika isinya tidak sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh tenaga pemasar, maka kamu memiliki hak untuk membatalkan polis dan menerima premi kembali sesuai ketentuan yang berlaku.

Uang Pertanggungan (UP)

Merupakan santunan yang akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi kepada penerima manfaat atas risiko yang telah dijamin dalam polis. Besar Uang Pertanggungan atau UP idealnya selalu menyesuaikan kebutuhan, karena UP inilah yang bisa digunakan oleh ahli waris untuk melanjutkan kehidupannya.

Masa Tunggu

Masa tunggu atau waiting period merupakan periode yang harus dilalui oleh pemegang polis sebelum bisa melakukan klaim atas manfaat asuransi baik jiwa maupun kesehatan yang tercantum dalam polisnya. Jika terjadi risiko dalam masa tunggu, maka manfaat asuransi belum bisa dibayarkan.

Asuransi Tambahan atau Rider

Unit Link memiliki karakteristik modular. Artinya, dalam satu polis yang kamu miliki dapat dilengkapi dengan rider atau asuransi tambahan yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan membayar. Rider ini pun beragam. Misalnya, rider Penyakit Kritis, Rawat Inap Rumah Sakit, cacat Total dan tetap, dan lainnya.  Namun, perlu diingat, semakin banyak rider yang kamu ambil, maka semakin besar pula premi asuransi yang kamu bayarkan. Jadi ambil rider yang kamu butuhkan saja.

Cuti Premi 

Fasilitas yang hanya ada pada Unit Link dimana pemegang polis dapat berhenti sementara untuk membayar premi pada periode tertentu, tanpa kehilangan manfaat asuransi. Hal ini bisa dilakukan bila nilai tunai yang terbentuk dari investasi sudah cukup untuk membayar biaya asuransi. Tetapi ingat, fitur ini tidak bisa digunakan selamanya, karena nilai investasi yang telah dikumpulkan jadi tergerus dan lama-kelamaan akan habis. Pemegang polis harus kembali membayar premi atau top-up investasinya, supaya polis terus aktif.

Waiver Premium.

Berguna untuk membebaskan tertanggung utama dari pembayaran premi dalam jangka waktu tertentu apabila pemegang polis terkena risiko cacat tetap dan total, penyakit kritis, atau kematian yang berakibat hilangnya sumber nafkah. Pembebasan untuk membayarkan premi ini sangat membantu agar manfaat asuransi tetap berjalan. 

Pengecualian

Adalah risiko yang tidak ditanggung dalam manfaat asuransi. Contohnya jika terjadi risiko akibat tindakan yang melanggar hukum, penggunaan narkotika dan/atau penyalahgunaan obat-obatan terlarang serta Kondisi kesehatan yang telah ada sebelumnya. 

Interim Cover

Merupakan manfaat asuransi yang memberikan santunan atas risiko meninggal dunia akibat kecelakaan yang dibayarkan kepada calon tertanggung pada periode pengajuan asuransi  hingga tanggal penerbitan polis. Perlindungan ini termasuk istimewa, karena kebanyakan asuransi tidak menawarkan manfaat ini. Namun, kamu bisa menemukannya di asuransi jiwa Unit Link Astra Life. 

Bagaimana Cara Kerja Unit Link?

Unit link adalah asuransi yang digabungkan dengan investasi. Jadi Premi yang kamu bayarkan dialokasikan menjadi 2 bagian:

1. Premi Dasar untuk biaya asuransi. 

Biaya asuransi ini harus dibayar terus selama polis aktif, dan mengalami kenaikan seiring bertambah besarnya risiko sesuai pertambahan umur kamu.

Biaya asuransi ini ibaratnya kuota internet di handphone kamu. Kalau kamu gak isi, maka kuota kamu habis, dan handphone kamu gak bisa digunakan lagi untuk berselancar di internet. Jadi untuk menjaga asuransi unit link kamu tetap aktif, kamu harus terus membayar premi asuransimu. Kalau kamu berhenti bayar, maka nilai tunai yang terbentuk dari investasimu yang akan dipakai untuk melanjutkan pembayaran asuransimu, sehingga tujuan investasimu tidak tercapai. 

Premi Dasar juga dialokasikan ke dana investasi, namun setiap bulannya dipotong dengan biaya-biaya (seperti asuransi, admin, dan sebagainya) dari hasil investasi tersebut.

2. Premi Investasi (Top Up)

Premi investasi berkala dialokasikan untuk membentuk nilai dana lewat Investasi. Bila kamu ingin agar nilai tunai dari investasimu lebih besar dan cepat terbentuk, maka kamu bisa melakukan Top Up pada premi investasi berkala. Peletakan investasi pada jenis-jenis instrumen investasi dalam unit link dinamakan fund. Di Astra Life ada 11 macam fund yang bisa dipilih untuk diinvestasikan di unit link sesuai profil risiko kamu. Dan bisa dilakukan switching, yaitu memindahkan investasi kamu dari fund yang sudah kamu pilih ke fund yang lain. Di Astra Life, sebagai nasabah, diberikan fasilitas untuk melakukan switching tanpa biaya sebanyak 4x dalam setahun, tanpa dikenakan biaya switching, sesuai ketentuan. Simak tabel berikut:

Jadi tidak perlu ragu lagi untuk memiliki Asuransi Unit Link, pahami konsep dan istilahnya, lalu pelajari cara kerjannya. Sehingga kamu dapat mengerti produk yang akan kamu miliki untuk melindungi dirimu beserta keluarga. 

Astra Life hadir dengan ragam pilihan Asuransi Unit Link yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu, cek selengkapnya di astralife.co.id atau hubungi tenaga pemasar Astra Life untuk mencari tahu produk-produk asuransi yang terbaik untukmu. Jangan lupa follow @astralifeid untuk update informasi soal kesehatan, keuangan, dan kehidupan. Urusan Sehat No Worries. #IGotYourBack.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!