Kenali Macam-macam Asuransi untuk Anda yang Sudah Berkeluarga

Asuransi untuk Keluarga

Perlindungan diri dan keluarga menjadi hal yang utama ketika seseorang memutuskan untuk berkeluarga. Membahagiakan anggota keluarga juga menjadi tujuan penting di jenjang ini. Di saat yang sama, biaya dan risiko finansial seseorang yang telah berkeluarga lebih besar ketimbang ketika masih lajang. Nah, agar dapat mengelola risiko finansial dengan baik, maka ada beberapa asuransi yang perlu dimiliki oleh seseorang yang telah berkeluarga, yakni:

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa diperlukan baik untuk pencari nafkah, baik suami, istri, atau keduanya. Pencari nafkah perlu melindungi diri dengan asuransi jiwa karena Uang Pertanggungan (UP) yang terkandung di dalam polis memiliki manfaat sebagai pengganti nafkah bagi keluarga yang ditinggalkan, sebagai warisan, sebagai dana pendidikan anak, atau sebagai penutup biaya akhir seperti biaya pemakaman, jika Tertanggung wafat. Artinya, kehidupan keluarga tetap berjalan meskipun pencari nafkah tutup usia.

Ada tiga macam asuransi jiwa yang bisa dipertimbangkan oleh seseorang yang telah berkeluarga:

  • Term life, yakni asuransi jiwa yang melindungi dalam jangka waktu tertentu hingga maksimal usia 60-70 tahun
  • Whole life, yakni asuransi jiwa yang melindungi hingga seumur hidup
  • Endowment, yakni asuransi jiwa yang memberikan nilai tunai saat polis mencapai periode tertentu

Yang perlu diperhatikan dalam membeli asuransi jiwa untuk seseorang yang telah berkeluarga menurut Pandji Harsanto, perencana keuangan Finansial Consulting, jangan menjadikan anak yang belum dewasa di mata hukum atau belum mencapai 18 tahun, sebagai ahli waris. “Sebab, jika ahli waris merupakan anak yang belum dewasa, maka manfaat asuransi akan dititipkan terlebih dahulu kepada wali hingga anak dewasa secara hukum,” ujar Pandji kepada tim ilovelife, Juni 2018.

Salah satu produk asuransi jiwa yang dapat menjawab kebutuhan Anda dan keluarga ialah Siap JiwaKu persembahan dari Astra Life yang menawarkan asuransi jiwa ASLI Pelita Proteksi Pratama. Tertanggung mendapatkan Uang Pertanggungan 100% jika Meninggal Dunia akibat Penyakit atau sebab Alami atau 200% jika Meninggal Dunia akibat Kecelakaan. Dengan membeli paket Keluarga, Anda akan mendapatkan diskon premi hingga 20% dari total transaksi sepanjang masa aktif polis.

Baca juga: Serba-Serbi Dana Darurat

Asuransi Kesehatan

Anda bisa mempertimbangkan polis asuransi kesehatan untuk masing-masing anggota keluarga atau satu polis asuransi kesehatan yang mencakup seluruh anggota keluarga. “Untuk mendapatkan asuransi kesehatan yang tepat, setiap orang yang telah berkeluarga harus membandingkan masing-masing jenis asuransi kesehatan di atas berdasarkan manfaat, premi, dan kemampuan membayar premi,” kata Pandji.

Bagi Anda yang masih mencari asuransi kesehatan untuk keluarga, Anda dapat mempertimbangkan Siap SehatKu yang menawarkan asuransi kesehatan ASLI Pelita Proteksi Prima persembahan dari Astra Life. Siap SehatKu memberikan manfaat biaya pengobatan yang dilengkapi dengan manfaat berupa Uang Pertanggungan 100% jika Meninggal Dunia akibat Penyakit atau sebab Alami dan 200% jika Meninggal Dunia akibat Kecelakaan.

Asuransi Penyakit Kritis

Pertama, jika suatu keluarga memiliki riwayat penyakit kritis secara genetik, maka keluarga tersebut butuh asuransi penyakit kritis. Kedua, jika ada anggota keluarga yang memiliki risiko penyakit kritis karena gaya hidup. Ketiga, jika ada anggota keluarga yang memiliki risiko penyakit kritis karena pekerjaan. Asuransi penyakit kritis biasanya dapat dimiliki sebagai asuransi yang berdiri sendiri atau asuransi tambahan pada asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Bagi Anda yang mencari asuransi penyakit kritis untuk Anda dan keluarga, maka AVA Proteksi Optima 117 adalah pilihan yang tepat. Asuransi yang dirancang khusus untuk memberikan perlindungan maksimal akan risiko penyakit kritis sehingga Anda sekeluarga dapat beraktivitas dengan tenang dan menikmati hidup.

Baca juga: Simak 5 Tips Ini Agar THR Tidak Berlalu Begitu Saja

Asuransi Pendidikan Anak

Jika Anda sudah memiliki anak, maka penting pula untuk memiliki asuransi pendidikan anak. Biasanya, asuransi pendidikan anak digabungkan dengan asuransi jiwa. Itu sebabnya, selain menawarkan dana pendidikan anak yang bisa dicairkan pada periode tertentu, asuransi pendidikan anak juga menawarkan bebas premi jika Tertanggung tutup usia sebelum masa periode asuransi berakhir. Ini merupakan kelebihan jika suatu keluarga menabung dana pendidikan anak dalam bentuk asuransi ketimbang dalam bentuk reksa dana atau investasi lainnya.

Asuransi Dana Pensiun

Penting pula untuk pencari nafkah mempersiapkan dana pensiun agar keluarga dapat hidup sejahtera meski ketika pasangan memasuki hari tua. Saat ini, Anda dapat menabung dana pensiun dalam berbagai instrumen keuangan, salah satunya asuransi dana pensiun. “Jika di tengah karir seseorang menerima pesangon atau uang dalam jumlah besar, lebih baik menaruhnya di asuransi dana pensiun yang bisa dicairkan dalam bentuk anuitas per bulan atau per tahun. Sehingga, pesangon tadi tidak langsung habis,” ujar Pandji.

Salah satu asuransi penyakit kritis yang layak dipertimbangkan ialah AVA iBright Protector persembahan Astra Life. AVA iBright Protector merupakan sebuah produk asuransi jiwa unit link yang menawarkan perlindungan asuransi jiwa, manfaat terminal illness, serta manfaat cacat total dan tetap hingga usia 99 tahun. Pengembangan investasi yang ditawarkan dalam produk ini pun dapat bermanfaat sebagai dana hari tua.

Baca juga: Akan Segera Menikah? Biaya Apa Saja yang Perlu Anda Persiapkan?

Melindungi anggota keluarga dari risiko finansial dengan asuransi adalah salah satu wujud cinta yang tak ternilai. #AyoLoveLife dan lindungi keluarga Anda dengan asuransi yang tepat yang bisa dipilih dari beragam produk Astra Life.




« | »
Read previous post:
Ibu Berinvestasi
Ini Alasan Kenapa Ibu Rumah Tangga Harus Mulai Berinvestasi

Menjadi ibu rumah tangga, sama artinya Anda seperti super woman. Tangguh mulai dari mengurusi berbagai pekerjaan rumah, mengurus anak, sampai hal-hal...

Close