4 Hal Penting Untuk Jadi Pahlawan Keluarga

Selamat Hari Pahlawan! Yuk simak dan cari tahu kamu tipe Pahlawan Keluarga seperti apa berdasarkan kesiapan finansial kamu!

Hal penting untuk jadi pahlawan keluarga

Selamat Hari Pahlawan!

Menjadi pahlawan masa kini terbuka bagi semua orang, tak terkecuali untuk kamu yang terus berjuang setiap hari untuk diri sendiri dan keluarga tercinta. Melansir data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, jumlah penduduk Indonesia mencapai 275,36 juta jiwa pada Juni 2022. Sedangkan dari jumlah tersebut, 190,83 juta jiwa penduduk Indonesia masuk kategori usia produktif 15-64 tahun.  Artinya, terdapat 69,3% generasi muda usia produktif harus mengatur arus keuangan pribadi. Namun, bagi yang sudah berkeluarga akan memegang tanggung jawab lebih terhadap arus keuangan keluarga.

Oleh karena itu manajemen keuangan yang baik sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, ketika manajemen keuangan buruk, kita akan kesulitan untuk mengalokasikan uang tersebut. Untuk itu, ada 4 hal penting yang harus dimiliki oleh kamu, Pahlawan Keluarga sebagai evaluasi kondisi finansial. Yuk Simak!

4 Hal Penting Yang Harus Dimiliki Pahlawan Keluarga

1. Alokasi Gaji

Keluarga muda memiliki berbagai kebutuhan terhadap gaya hidup. Seperti halnya untuk kebutuhan rumah tinggal dan kendaraan, biaya kebutuhan & pendidikan anak,  family time berupa liburan bersama keluarga, hingga memenuhi kebutuhan hobi. Tidak ada salahnya untuk melakukan hal tersebut selagi sesuai dengan kondisi finansial. Untuk itu, setelah menerima gaji segera alokasikan sesuai dengan pos pengeluaran. Hal yang umum dilakukan untuk menyisihkan alokasi gaji adalah, 45% untuk biaya hidup, 20% untuk investasi, 15% gaya hidup, 10% untuk tabungan, 10% untuk asuransi. Metode alokasi budget tersebut dapat membantu mengatur keuangan lebih teratur.

2. Dana Darurat

Dana darurat berfungsi sebagai antisipasi terhadap hal tak terduga. Misalnya saja renovasi rumah, servis kendaraan, atau untuk memenuhi kebutuhan aksesoris gadget kesayangan. Apabila belum menyisihkan untuk dana darurat, bisa dimulai dari sekarang secara perlahan asal rutin dilakukan agar dapat mencapai goal dana darurat. Pada umumnya, besarnya dana darurat yang perlu dipersiapkan untuk generasi muda yang masih lajang adalah 3x pengeluaran bulanan, sedangkan bagi yang sudah menikah bisa 6-8x pengeluaran bulanan, dan bagi yang sudah menikah dengan  memiliki lebih dari 2 anak yaitu 9-12x pengeluaran bulanan.

3. Asuransi

Pastikan punya proteksi diri seperti, Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan, BPJS, dan Asuransi Penyakit Kritis. Asuransi akan berfungsi untuk banyak hal, terlebih jika keluarga muda berperan sebagai pahlawan keluarga atau yang menanggung keluarga. Asuransi hadir untuk menjaga kondisi keuangan keluarga tetap stabil. Jika terjatuh sakit, diri sendiri dan keluarga tidak perlu pusing untuk membayar biaya rumah sakit. Bahkan jika meninggal dunia, keluarga dapat melanjutkan hidup dan melanjutkan mimpi untuk keluarga tersayang.

Untuk itu, asuransi disebut sebagai salah satu bukti cinta untuk keluarga. Mulai lah untuk penuhi proteksi diri dengan asuransi dengan menyisihkan dana dimulai dari 10% dari penghasilan. Terlebih pada saat ini, untuk mendapatkan produk asuransi pun dapat semakin mudah dengan membeli melalui layanan online seperti halnya melalui e-commerce resmi dari Astra Life yaitu, Ilovelife.co.id. 

4. Investasi

Dalam piramida keuangan, setelah aman dengan dana darurat dan asuransi, maka dapat naik ke level selanjutnya, yaitu investasi. Penting untuk diperhatikan saat investasi, pastikan tidak menggunakan uang untuk kebutuhan bulanan. Lakukan dengan perlahan untuk investasi agar semakin terbiasa untuk bisa menuju merdeka finansial versi diri sendiri. Jika diurutkan berikut gambaran tangga keuangan, dimulai dari Arus Kas & Dana darurat, proteksi dan managemen risiko, tujuan keuangan, dana hari tua, hingga warisan.

Dalam memperingati Hari Pahlawan, Astra Life mengajak keluarga muda yang berperan aktif sebagai pahlawan bagi keluarga untuk lebih memahami kondisi finansial melalui kuis evaluasi keuangan yang dapat diakses melalui Instagram Astralifeid

Kami memahami, dalam mengatur perencanaan finansial dinilai cukup menantang. Sesuai dengan pesan #InsuranceIsLove yaitu asuransi merupakan bukti cinta untuk keluarga, kami mendorong para keluarga muda yang menjadi tulang punggung keluarga untuk sama-sama memiliki komitmen tinggi agar dapat mengatur perencanaan finansial yang tepat guna untuk keluarga.”

Pada kuis tersebut, keluarga muda bisa mengenali kondisi finansial yang digolongkan dalam tipe “Pahlawan Keluarga” tertentu. Untuk mengetahuinya kamu bisa mengisi kuis melalui Quiz Pahlawan Keluarga. Setelah mengisi kuis, peserta akan mendapatkan berbagai tips singkat seputar pengelolaan keuangan yang diharapkan dapat membuat peserta lebih siap untuk menjadi pahlawan bagi keluarga.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!