Raih Untung 3x Lipat Saat Berjualan di Bulan Ramadan dengan Baca Tips Ini

Apa saja yang dapat sebaiknya dilakukan pebisnis online untuk meningkatkan penjualan di bulan Ramadan? Simak penjelasan berikut ini.

Bisnis Ramadan

Bulan Ramadan membawa berkah bagi banyak orang, termasuk para pemilik bisnis online. Mulai dari kue kering hingga busana muslim, memiliki peluang lebar untuk meningkatkan penjualan mereka di bulan ini. Tentunya kenaikan tingkat penjualan ini sangat bergantung pada persiapan dan strategi tiap pebisnis dalam menjalankan bisnisnya.

Apa saja yang dapat sebaiknya dilakukan pebisnis online untuk meningkatkan penjualan di bulan Ramadan? Simak penjelasan berikut ini.

Produk yang relevan

Beberapa produk lebih banyak dicari di bulan Ramadan, sesuai kebutuhan di masa ini. Misalnya, katering untuk sahur, pakaian muslim, antaran makanan untuk berbuka puasa, kue dan makanan khas untuk Lebaran, atau perlengkapan ibadah. Hal ini bisa menjadi peluang baru yang Anda manfaatkan.

Pastikan Stok Barang Ada

Di bulan Ramadan tingkat persaingan dengan penjual lain juga akan semakin tinggi, karena tiap penjual pasti tahu tingkat permintaan akan meningkat di bulan ini. Tentu Anda tidak ingin pelanggan dan calon pelanggan pindah ke toko online lain. Biasanya ini terjadi saat calon pembeli kecewa melihat keterangan “Stok Habis” di toko online Anda.

Agar hal ini tidak terjadi, Anda bisa melakukan dua hal:

  1. Cek seluruh inventori; bisa dilakukan terutama jika Anda adalah produsen dari barang yang Anda jual. Atau bisa juga Anda membeli barang dalam jumlah besar dari distributor.
  2. Gunakan sistem konsinyasi; bisa dilakukan dengan mengumpulkan barang dari beberapa produsen dengan bagi rata hasil jual. Ketika barang tidak habis terjual, Anda bisa mengembalikan barang ke produsen.
  3. Sistem Reseller; memudahkan Anda karena tidak harus stock opname. Anda cukup memajang foto produk, dan produk akan dikirimkan oleh produsen langsung ke pembeli.

Tentukan strategi pemasaran

Bila stok barang sudah tersedia, kini saatnya membuat strategi pemasaran. Banyak media yang bisa dimanfaatkan sebagai media promosi, seperti beragam media sosial yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Misalnya, jika produk yang Anda jual adalah pakaian, manfaatkan jasa endorsement di Instagram. Atau gunakan jasa food blogger untuk menulis review bila produk yang Anda tawarkan berupa makanan. Untuk yang berbayar, Anda bisa mempromosikan lewat Google Ad atau Facebook.

Pilih media sosial yang sesuai dengan jenis produk yang Anda jual dan manfaatkan jasa influencer jika anggaran Anda memadai.

Kelola Arus Kas

Kelola arus kas bisnis Anda dengan baik. Jangan biarkan keuangan pribadi dan bisnis bercampur, dan keuangan bisnis hendaklah digunakan hanya untuk kepentingan bisnis.Selain itu, cobalah untuk melunasi seluruh hutang Anda agar ketika bulan Ramadhan dan Lebaran tiba, bila ada kebutuhan mendadak yang harus dipenuhi, arus kas Anda tidak terganggu.

Banyak pebisnis yang mengalami kerugian hingga harus gulung tikar karena salah saat mengelola keuangan. Agar ini tidak terjadi pada Anda, ingat untuk selalu memisahkan keuangan pribadi dan bisnis, jangan gunakan uang dari bisnis untuk keperluan pribadi. Bila terpaksa digunakan, segera kembalikan sejumlah yang digunakan.

Khusus untuk bisnis online, ada beberapa strategi tambahan yang bisa Anda gunakan seperti:

Buat tampilan website semenarik mungkin

Jika selama ini Anda menunda merubah tampilan produk toko online, kini saat yang tepat untuk melakukan perubahan. Tampilan tidak menarik dan berantakan dapat memengaruhi minat pengunjung apakah akan membeli atau tidak produk yang Anda jual. Gunakan foto produk yang menarik mata calon pembeli. Berikan informasi lengkap pada tiap produk untuk memudahkan pembeli, sekaligus menghemat waktu Anda dalam menjawab pertanyaan calon pembeli. Kemas konten dengan hal-hal yang bernuansa Ramadan, seperti penggunaan warna hijau, bentuk bulan sabit atau kaligrafi.

Perhatikan waktu efektif untuk promosi

Waktu paling efektif untuk melakukan semua strategi pemasaran Ramadan adalah 1 pekan sebelum Ramadan hingga hari ke 20 bulan puasa. Bila Anda menggunakan media sosial, pastikan Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk meng-update media sosial Anda untuk promosi. Selama bulan Ramadan, pengguna biasa mengakses media sosial pada saat sahur (3 – 4 dini hari), jam istirahat makan siang (11 – 2 siang), dan menjelang berbuka puasa (5 – 6 sore). Jumlah orang yang mengakses internet akan menurun seiring dengan datangnya waktu Isya, waktunya ibadah tarawih dilaksanakan. Dan akan meningkat lagi pada jam 21.00 – 23.00 saat waktu tarawih selesai dan pengguna mengakses internet kembali sampai menjelang tidur.

Dalam bisnis online, viral marketing menjadi strategi pemasaran yang ampuh. Dengan viral marketing, produk yang Anda tawarkan menjadi dikenal banyak orang dalam tempo yang sangat cepat.

Berikut cara memanfaatkan viral marketing untuk mempromosikan produk Anda:

  1. Upload produk yang Anda jual ke media sosial kemudian tag teman Anda
  2. Buat konten yang variatif mengenai produk Anda, misalnya meme, infografis, kuis, dan lainnya
  3. Bekerja sama dengan influencer untuk membantu pemasaran produk/brand Anda.

Kenali media sosial yang tepat untuk memasarkan produk/brand Anda agar hasilnya efektif. Seperti dikutip dari sribu.com, CEO AudienceBloom bernama Jayson Demers membagi media sosial menjadi tujuh tipe yang berbeda. Dengan mengenali perbedaan ini, Anda akan terbantu dalam menentukan media sosial yang akan digunakan.

BasisJenis Media
CampuranTwitter, Facebook
GambarPinterest, Instagram dan Tumblr
VideoYouTube, Vimeo, Vine
BisnisLinkedIn
SEOGoogle+
LokasiFoursquare, Yelp
NicheReddit

Tidak sulit kan berbisnis online di bulan puasa yang penuh berkah? #LoveLife dan tingkatkan pendapatan Anda lewat bisnis online di bulan Ramadan ini.

Selanjutnya, coba bantu pikiranmu tetap sehat dengan memberi jaminan terhadap masa depan. Terlalu membebani pikiran dapat membahayakan kesehatan. Bagaimana jika mulai mencari rasa aman? Asuransi bisa jadi salah satu saluran yang memberikan rasa aman, tidak hanya untuk kamu tapi juga untuk orang-orang terdekat kamu. Saat ini, sudah banyak jenis asuransi yang dapat kamu sesuaikan dengan keperluanmu dan keluargamu. Salah satunya produk Flexi Life dari Astra Life yang menawarkan premi yang fleksibel dan bisa kamu atur sendiri sesuai dengan fase kehidupanmu.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!