Bebas Pusing Baca Polis, Ini 16 Istilah Asuransi yang Kamu Wajib Tahu

Bagi orang awam, beberapa istilah dalam asuransi memang kerap membingungkan. Apa saja istilah penting yang wajib kita tahu sebelum memutuskan membeli asuransi?

Durasi baca: 4 menit

Bebas-Pusing-Saat-Baca-Ilustrasi-Polis-Inilah-16-Istilah-Penting-Asuransi-yang-Wajib-Kamu-Ketahui

Bebas Pusing Baca Polis, Ini 16 Istilah Asuransi yang Kamu Wajib Tahu

Bagi orang awam, beberapa istilah dalam asuransi memang kerap membingungkan. Apa saja istilah penting yang wajib kita tahu sebelum memutuskan membeli asuransi?

Durasi baca: 4 menit

Saat ini, asuransi bukan lagi merupakan hal baru bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. Dengan proteksi yang diberikannya, kita tahu bahwa produk-produk asuransi membawa begitu banyak manfaat ke dalam hidup kita. Meski demikian, sebagai orang yang baru mengenal asuransi, kadang beberapa dari kita dipusingkan dengan istilah-istilah yang ada di dalamnya. Baik pada brosur, ilustrasi asuransi, atau dari penjelasan agen asuransi.

Nah, apa saja sih sebenarnya istilah-istilah penting seputar asuransi yang harus kita tahu sebelum bertransaksi? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Istilah Asuransi Secara Umum

1. Pemilik Polis dan Tertanggung

Meski kerap dianggap sama, sebenarnya kedua istilah ini memiliki perbedaan yang mendasar. Pemilik Polis adalah pihak yang mengikatkan diri dalam sebuah kontrak dengan perusahaan asuransi tertentu, untuk mendapatkan proteksi bagi dirinya sendiri maupun bagi tertanggung. Sedangkan, Tertanggung adalah pihak yang namanya tertera di polis untuk menerima jaminan penggantian kerugian atau uang pertanggungan dari pihak penyedia asuransi.

2. Premi Asuransi

Premi Asuransi adalah iuran yang harus dibayarkan oleh pemilik polis kepada perusahaan asuransi tiap bulan, sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang sudah disepakati. Besaran Premi Asuransi setiap Tertanggung pun beragam. Ada beberapa hal yang menentukan besaran Premi Asuransi, seperti: jenis kelamin, usia, riwayat kesehatan, gaya hidup (perokok atau tidak), profesi, dan jenis perlindungan yang diinginkan oleh Tertanggung. Semakin lengkap cakupan proteksi yang diinginkan oleh tertanggung, maka akan semakin tinggi juga harga preminya.

Sebagai contoh, premi asuransi untuk perempuan berusia 60 tahun biasanya akan lebih tinggi dibanding laki-laki berusia 20 tahun. Atau, premi asuransi kesehatan yang mencakup penggantian biaya rumah sakit umumnya akan lebih tinggi dibanding premi asuransi jiwa yang hanya memberikan perlindungan dari risiko meninggal dunia saja.

Termin pembayaran premi setiap perusahaan asuransi beragam. Pilihan yang lazim tersedia adalah pembayaran bulanan dan tahunan.

3. Unit link

Dikutip dari laman resmi OJK, Unit Link adalah jenis asuransi yang mengkombinasikan whole life insurance (asuransi permanen/asuransi jiwa seumur hidup) dengan produk investasi. Pada asuransi unit link, akan ada sejumlah bagian premi yang dialokasikan oleh perusahaan asuransi untuk dikelola oleh manajer investasi atau ahli investasi perusahaan dalam berbagai instrumen investasi, seperti instrumen pendapatan tetap, pasar uang, dan saham.

Dana hasil nilai investasi dari asuransi unit link dapat digunakan sebagai pengganti biaya premi apabila pemilik polis cuti premi. Namun, jika sampai masa pertanggungan berakhir dan pemilik polis tidak pernah cuti premi, maka dana hasil nilai investasi akan diberikan kepada pemilik polis atau penerima manfaat.

4. Rider

Rider adalah produk asuransi tambahan untuk memberikan perlindungan ekstra dari polis asuransi dasar yang dimiliki. Misalnya, selain mendapatkan perlindungan jiwa dari produk AVA iBright Protector, kamu bisa menambahkan rider Medicare Premier agar mendapatkan penggantian biaya rawat inap dan biaya operasi di rumah sakit.

5. In-force dan Lapse

Kedua istilah ini berkaitan erat dengan status asuransi seseorang. Status asuransi In-force memiliki arti bahwa asuransi yang kita miliki berada dalam keadaan aktif dan mengikat secara hukum. Sedangkan, polis Lapse adalah kebalikan dari status in-force. Polis lapse mengindikasikan bahwa status asuransi kita batal atau mati, karena keterlambatan pembayaran premi yang melampaui masa tenggang.

6. Cuti Premi

Singkatnya, Cuti Premi adalah fasilitas perusahaan asuransi yang memungkinkan pemilik polis untuk tidak membayarkan premi dalam jangka waktu tertentu, tanpa kehilangan manfaat produk asuransi yang dimilikinya. Meski demikian, bukan berarti kamu mendapatkan premi gratis pada masa tersebut, ya. Premi pengganti biasanya akan diambil dari nilai investasi yang muncul dari investasi unit link atau dari iuran premi investasi yang selama ini telah kamu bayarkan.

7. Penebusan Premi (Surrender)

Istilah Penebusan Premi atau Surrender mengacu pada kondisi di mana pemilik polis mengakhiri atau membatalkan polis asuransi sebelum masa kontrak perjanjian asuransi berakhir. Misal, seorang pemegang polis memiliki perjanjian kontrak asuransi selama 20 tahun, namun ia membatalkannya pada tahun ke 7, karena kondisi tertentu.

8. Free Look Period

Setelah membeli produk asuransi, nasabah dan perusahaan asuransi memiliki detail kesepakatan tertulis yang tertuang dalam polis. Setelahnya, pemilik polis akan memiliki waktu 14 hari untuk mempelajarinya dengan saksama. Periode waktu 14 hari inilah yang disebut dengan Free Look Period. Dalam tenggat waktu ini, nasabah berhak membatalkan polis apabila ia tidak menyetujui syarat dan ketentuan yang ada di dalamnya, atas pertimbangan apapun.

9. Grace Period
Sesuai dengan namanya, Grace Period adalah masa tenggang yang diberikan kepada pemilik polis untuk membayar premi tanpa denda, meski telah melewati batas jatuh tempo. Dalam masa tenggang ini, polis akan masih berstatus aktif (in-force). Lamanya grace period yang diberikan oleh masing-masing perusahaan asuransi tentu berbeda-beda. Namun, umumnya grace period diberikan selama 30 hari dari sejak jatuh tempo premi.

Istilah Khusus Dalam Asuransi Jiwa

1. Uang Pertanggungan

Dalam polis asuransi, kewajiban bukanlah hanya milik nasabah atau pemegang polis. Perusahaan asuransi pun memiliki kewajiban, di mana salah satunya adalah membayarkan uang pertanggungan. Uang Pertanggungan adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan kepada tertanggung atau penerima manfaat, jika pemilik polis mengajukan klaim atas kerugian atau risiko yang dialaminya. Klaim yang diberikan tentu saja akan didasarkan pada polis yang ada dan telah disepakati bersama saat penandatanganan kontrak.

2. Penerima Manfaat

Beneficiary atau penerima manfaat merupakan salah satu istilah yang lazim muncul saat kita membicarakan asuransi jiwa. Penerima Manfaat adalah pihak yang menerima uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia. Dalam menentukan penerima manfaat, kita harus mengacu pada pasal 38 KUH Perdata. Di mana disebutkan bahwa penerima manfaat haruslah mereka yang memiliki hubungan darah atau terikat perkawinan, baik keturunan langsung, saudara, atau keturunan dari saudara.

3. Terminal illness

Dikutip dari laman kemkes.go.id, terminal illness atau penyakit terminal adalah suatu keadaan sakit yang menurut akal sehat, tidak ada harapan lagi bagi penderita untuk sembuh dan berujung pada kematian. Beberapa contohnya adalah penyakit kanker, Congestive Renal Failure (CRF), Stroke Multiple Sclerosis, dan juga kecelakaan fatal.

Sejumlah perusahaan asuransi menyediakan produk yang mencakup perlindungan terhadap terminal illness dengan syarat dan ketentuan berbeda-beda. Namun, tidak semua jenis terminal illness dapat menerima manfaat ini. Pada umumnya, perusahaan asuransi tidak menanggung terminal illness  yang disebabkan oleh virus HIV dan penyakit yang disebabkan oleh komplikasi akibat penggunaan alkohol, narkotika, ataupun penyalahgunaan obat-obatan.

4. Critical illness

Istilah ini mengacu pada manfaat produk asuransi yang memberikan perlindungan kesehatan bagi tertanggung dari risiko penyakit kritis yang dimilikinya. Contohnya, alzheimer, tumor otak jinak, serangan jantung, luka bakar berat, stroke, gagal ginjal, dan lain-lain. Umumnya, perusahaan asuransi memiliki daftar khusus penyakit kritis yang termasuk dalam tanggungannya.

Istilah Khusus Dalam Asuransi Kesehatan

1. Santunan Rawat Inap

Jika bicara tentang proteksi kesehatan, manfaat santunan rawat inap menjadi salah satu hal yang penting untuk dimiliki. Seperti namanya, Santunan Rawat Inap adalah manfaat asuransi berupa santunan ketika pihak tertanggung harus menjalani proses rawat inap di rumah sakit. Besaran jumlah santunan diatur oleh perusahaan asuransi masing-masing sesuai dengan apa yang tertera dalam polis.

2. Penggantian biaya rawat rumah sakit

Berbeda dengan santunan rawat inap, penggantian biaya rawat rumah sakit diberikan kepada tertanggung, baik rawat inap, rawat jalan, maupun operasi. Dengan terus meningkatnya biaya perawatan kesehatan di rumah sakit, manfaat asuransi ini menjadi penting untuk dimiliki.

3. One day care

Istilah One Day Care dalam asuransi kesehatan mengacu pada manfaat kepada tertanggung yang menjalani observasi kesehatan atau penanganan kesehatan tertentu dalam jangka waktu pendek, tanpa perlu dilakukan rawat inap. Misalnya, operasi hernia, perawatan observasi kehamilan, dan penanganan jangka pendek lainnya.

Lindungi Diri dan Keluargamu Sekarang Juga

Dengan ulasan di atas, kamu pasti sudah menjadi semakin paham dengan istilah-istilah penting yang ada dalam asuransi, ‘kan? Jika memang demikian, maka tidak perlu menunda lagi. Segera lindungi diri dan keluargamu dari berbagai risiko finansial yang dapat datang kapan saja. Ingat, pada masa seperti sekarang ini, bukan hanya penting untuk menjaga kesehatan, tapi kita juga harus menjaga kestabilan finansial yang kita miliki.

Nah, untuk kamu yang masih bingung memilih produk asuransi, kamu tidak perlu khawatir. Astra Life punya e-book panduan bagi para pemula dalam memilih asuransi. Kamu bisa unduh e-book-nya di sini.

Yuk, cari tahu lebih lanjut soal proteksi kesehatan dengan mengunjungi situs astralife.co.id untuk melihat berbagai pilihan produk asuransi Astra Life lainnya. Jangan lupa juga follow Instagram @astralifeid untuk mendapatkan tips-tips bermanfaat seputar perlindungan finansial dan kesehatan. Urusan Sehat, No Worries  #iGotYourBack.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!