Lima Keuntungan yang Bisa Diraih Saat Krisis Moneter

Krisis moneter mungkin hal yang paling menakutkan, terutama bila mengingat pengalaman tahun 1998, saat harga dolar melambung dan  rupiah tersungkur. 

Krisis moneter mungkin hal yang paling menakutkan bagi banyak orang. Terutama bila mengingat pengalaman tahun 1998, saat Indonesia dilanda kerusuhan akibat melambungnya harga dolar yang menyebabkan rupiah tersungkur. Bahkan membuat ketidakstabilan di bidang politik Indonesia.

Meski dianggap momok bagi kebanyakan orang, krisis moneter alias krismon sesungguhnya bisa mendatangkan keuntungan. Hal ini hanya berlaku untuk Anda yang kebetulan jeli dalam berbisnis atau melihat kesempatan. Berikut beberapa hal yang bisa menguntungkan Anda kala krismon, seperti yang pernah ditulis pemerhati politik, Aasaro Lahugu di Kompasiana:

1. Ambil Keuntungan dari Investasi Emas

Saat krismon, mata uang rupiah biasanya terpuruk sementara mata uang dolar Amerika semakin perkasa. Bila Anda ternyata “hobi” menyimpan emas sebelum krisis, ini adalah saat yang tepat untuk menjual barang berharga itu.

Ketika krismon, harga emas kerap meninggi. Karena emas dianggap memiliki nilai yang stabil dan tidak mudah diterpa krisis. Emas juga paling gampang dibeli dan dijual kembali. Apalagi banyak spekulan, atau bahkan toko emas yang mencari emas dan membelinya dengan harga tinggi. Sehingga Anda bisa menjual simpanan emas dengan mudah dan memperoleh keuntungan yang berlipat-lipat.

Kalau tidak memiliki emas, Anda juga bisa langsung membelinya kala ada tanda-tanda ekonomi memburuk dan harga dolar akan tinggi. Setelah ekonomi mulai membaik, disarankan untuk langsung menjualnya sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan. Untuk menjadi spekulan seperti ini, Anda harus jeli dan tahu kapan harus membeli dan menjual emas itu.

2. Berspekulasi dengan Dolar Simpanan

Selain emas, mata uang dolar Amerika atau mata uang asing yang kebetulan Anda simpan, bisa juga dijual untuk mendapatkan keuntungan berlipat. Ini biasanya dilakukan bila Anda tidak mau repot-repot mencari keuntungan lain di saat krisis.

Namun ada juga yang justru malah membeli dolar atau mata uang asing lainnya untuk dikumpulkan, dan dijual begitu harganya sudah mencapai titik kulminasi. Dan seperti yang di poin sebelumnya, Anda harus jeli dan mengerti benar kapan harus membeli atau melepas mata uang asing itu. Jangan sampai nanti merugi.

3. Menjadi Eksportir

Anda kebetulan punya usaha barang kerajinan atau produk menarik lainnya. Nah, kenapa tidak mulai berpikir untuk menjualnya ke luar negeri? Anda akan mendapatkan keuntungan berlipat karena harga jual produk Anda lebih mahal dibanding bahan baku dan ongkos pembuatan di Indonesia. Kan Anda menjual produk itu dengan menggunakan dolar.

Untuk cara ini, Anda disarankan membuat jaringan atau mencari rekan bisnis dari negara lain yang bisa diajak bekerja sama. Barang Indonesia terkenal karena mutu dan juga ke-khasannya jadi Anda tidak perlu khawatir. Bila bisa menjual barang di luar, maka keuntungan yang Anda dapatkan juga berlipat.

Tidak punya modal untuk melakukan eksport ke luar negeri? Jangan putus asa. Sekarang adalah zamannya teknologi dan internet. Anda bisa menjual barang produksi secara online ke luar negeri. Selain lebih murah, keuntungan yang Anda peroleh bisa berlipat.

4. Membuka Usaha Wisata

Wisata? Memangnya ada yang mau berwisata saat krismon begini?

Jawabannya jelas ada, karena turis mancanegara akan membanjiri Indonesia yang mata uangnya tengah melemah. Asumsi para turis itu semua barang di Indonesia akan murah. Itulah yang mendorong mereka mengunjungi Indonesia, ketimbang negara lain. Untuk yang satu ini, Anda bisa membuka usaha pariwisata seperti biro travel, agen tiket, atau guide dan penerjemah.

Anda harus jeli dan mengerti benar kapan harus membeli atau melepas mata uang asing itu. Jangan sampai nanti merugi.

5. Bekerja sebagai Freelance untuk Perusahaan Asing

Anda juga bisa mengambil keuntungan dengan bekerja sampingan di perusahaan asing. Sekarang cukup banyak pekerjaan freelance yang membutuhkan orang Indonesia, baik untuk menerjemahkan, menulis, sebagai konsultan, atau membuat riset yang berkaitan dengan Tanah Air. Lowongan pekerjaan itu sering ditawarkan lewat mediaonline dan bisa jadi kesempatan Anda untuk mendapatkan keuntungan di saat krismon.

Bayangkan, sebagai freelance Anda dibayar per-jam dengan mata uang dolar Amerika. Pemasukan yang Anda dapatkan kemungkinan akan berlipat-lipat. Bila ingin mencoba, Anda bisa mengeceknya di https://devjobsindo.org/

Saat krisis moneter, Anda harus mengubah pola pikir Anda. Bagaimana bisa mengubah suatu kondisi menjadi kesempatan kerja untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Jangan lupa juga untuk melengkapi persiapan tersebut dengan perlindungan diri. Misalnya, pake asuransi Siap SehatKu dari Astra Life. Siap SehatKu memberikan manfaat santunan rawat inap hingga Rp 300.000/hari dan manfaat tambahan berupa perlindungan terhadap 6 penyakit kritis, termasuk serangan jantung. #AyoLoveLife dan rencanakan masa depan finansial Anda.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!