Seminar Literasi Keuangan Bersama Masyarakat Ponorogo

Astra Life menjalankan amanah dengan meberikan paket sembako serta seminar literasi keuangan kepada siswa-siswi dan guru SMK PGRI 2 Ponorogo

Seminar-Literasi-Keuangan-Bersama-Masyarakat-Ponorogo_4

Menanamkan literasi keuangan sejak dini memiliki peran yang sangat penting bagi anak. Dengan memiliki literasi keuangan, mereka dapat membangun kebiasaan keuangan yang baik dan belajar mengelola uang dengan bijak. 

Namun, hasil dari Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Tahun 2022 yang dirilis oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan bahwa indeks literasi keuangan di wilayah pedesaan hanya sebesar 48,43%. Angka ini lebih rendah dari indeks literasi keuangan di wilayah perkotaan yaitu sebesar 50,52%.

Selain itu, kualitas hidup masyarakat juga dapat diukur melalui Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mencakup pengetahuan dan standar hidup layak. Pada tahun 2022, IPM Jakarta mencapai 81,65%, menjadikannya provinsi dengan nilai IPM tertinggi secara nasional. Sedangkan IPM di wilayah seperti Kabupaten Ponorogo menunjukkan angka sebesar 71,87%.

Oleh karena adanya kesenjangan pada kedua indikator itu, PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) menggelar Seminar Literasi Keuangan di SMK PGRI 2 Ponorogo, Jawa Timur. Sebagai salah satu bagian dari bisnis grup Astra, Astra Life percaya bahwa perusahaan tidak hanya berfokus kepada profit tetapi juga perlu aktif berkontribusi memberi manfaat bagi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat. Inisiatif ini juga digelar sebagai wujud dukungan atas program peningkatan literasi dan inklusi keuangan yang dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Seminar Literasi Keuangan

Sekitar 350 siswa dan 30 guru mengikuti Seminar Literasi Keuangan yang diadakan di SMK PGRI 2 Ponorogo. Acara ini dibuka oleh Kurniasari S. Pranoto, Head of Marketing Branding & Corporate Communication Astra Life, dan disambut oleh Syamhudi Arifin, Kepala SMK PGRI 2 Ponorogo. Para peserta seminar kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok kelas untuk membahas berbagai materi terkait keuangan dan cara mengelolanya. Setelah itu, diadakan sesi tanya jawab dan juga post-test untuk mengukur sejauh mana pemahaman peserta terhadap materi yang telah disampaikan. Melalui kegiatan literasi keuangan bersama SMK PGRI 2 Ponorogo ini, Astra Life berharap dapat membantu para peserta untuk lebih memahami pentingnya pengelolaan keuangan.

Baca Juga: Mengenal 3 Produk Asuransi Syariah di Astra Life

Donasi Paket Sembako

Selain adanya seminar literasi keuangan, di acara tersebut, Astra Life juga memberikan donasi 375 paket sembako kepada para siswa yang berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi. Penyerahan paket sembako secara simbolis dilakukan oleh Widyaningsih, selaku Head of Syariah-Astra Life Syariah, kepada Kepala SMK PGRI 2 Ponorogo. Donasi sembako ini merupakan kelanjutan dari program #LengkapiCintadanKebaikan yang dilaksanakan pada Bulan Ramadan sebelumnya. 

Dalam program #LengkapiCintadanKebaikan, setiap pembelian produk asuransi syariah dari Astra Life Syariah akan memberikan kontribusi dalam bentuk donasi sembako bagi warga yang membutuhkan. Pembelian produk-produk asuransi syariah ini dapat dibeli di berbagai kanal distribusi, seperti Bancassurance atau dapat secara online di ilovelife.co.id dengan produknya seperti Flexi Life Syariah yang merupakan Produk Asuransi Jiwa Berjangka sesuai prinsip syariah yang menyediakan Manfaat Meninggal Dunia.

Sebelumnya, sejak tahun 2015, Astra Life telah melaksanakan program literasi keuangan dengan kerjasama bersama The Learning Farm. The Learning Farm merupakan sebuah yayasan yang memiliki program pembinaan dan memberdayakan kaum muda. Selama kerjasama ini, lebih dari 500 orang telah menjadi penerima manfaat dari program ini.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!