Mendapatkan Pekerjaan dan Karier Impian? Siapa Bilang Tidak Mungkin?

Bebas menentukan pilihan karier dan hidup bahagia dengan pilihan tersebut adalah harapan banyak orang. Namun, untuk mewujudkan kebebasan berkarier dan mendapatkan pekerjaan impian memang tidaklah mudah. Bagaimana cara efektif meraihnya?

Mendapatkan-Pekerjaan-dan-Karier-Impian

Mendapatkan Pekerjaan dan Karier Impian? Siapa Bilang Tidak Mungkin?

Bebas menentukan pilihan karier dan hidup bahagia dengan pilihan tersebut adalah harapan banyak orang. Namun, untuk mewujudkan kebebasan berkarier dan mendapatkan pekerjaan impian memang tidaklah mudah. Bagaimana cara efektif meraihnya?

Setiap orang pasti memiliki dream job atau pekerjaan impiannya masing-masing. Ada yang ingin menduduki posisi penting dalam suatu perusahaan, ada yang ingin berkarier sebagai seorang profesional, ada yang ingin menjalankan bisnis, dan lain-lain. Tapi bagi sebagian orang, mendapatkan pekerjaan atau karier impian terdengar begitu teoritis. Pasalnya, mereka merasa kalau proses tersebut tidaklah mudah. 

Well, tidak salah memang. Namun, meski tak mudah, bukan berarti hal tersebut mustahil untuk diwujudkan, betul?

Kebebasan dalam Berkarier

Kebebasan dalam berkarier berarti memiliki keleluasaan dalam memilih dan menjalani karier dengan sebaik-baiknya. Coba bayangkan jika kita telah memiliki kebebasan ini. Tentu kita bisa makin bahagia dan bersemangat dalam menjalani keseharian kita, betul? Namun, untuk mencapai hal ini, tentu seseorang membutuhkan banyak hal. Misalnya, usaha ekstra, komitmen kuat, daya juang tinggi, dan pastinya kebijaksanaan dalam menentukan pilihan kariernya. 

Terkait pilihan karier ini, Robert Kiyosaki – pengusaha Rich Global LLC, mengatakan bahwa ada setidaknya 4 pilihan karier yang dapat seseorang ambil. Ulasan ini ia bahas dalam salah satu buku finansial terlarisnya yang berjudul “Cashflow Quadrant”. Ia mengatakan bahwa pilihan karier akan menghadirkan arus finansialnya masing-masing, yang secara umum dibagi ke dalam 2 kuadran besar: kuadran kiri dan kuadran kanan. 

Apa saja 4 pilihan karier tersebut? Apakah pekerjaan impianmu termasuk salah satu di dalamnya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pilihan Karier dalam Kuadran Kiri

Robert Kiyosaki menjelaskan bahwa orang-orang yang ada di kuadran kiri adalah mereka yang pilihan kariernya menghasilkan pendapatan aktif. Yaitu jenis pendapatan yang kita peroleh karena kita bekerja sehari-hari. Dengan kata lain, jika kita tidak bekerja, maka kita pun tidak akan mendapat pemasukan. 

Dalam konsep Cashflow Quadrant-nya, Robert Kiyosaki menyebutkan bahwa ada dua kelompok individu yang masuk dalam kuadran kiri. Keduanya tentu menjadi pilihan pribadi seseorang berdasarkan passion dan kepribadiannya masing-masing. 

Kedua kelompok tersebut adalah Employee dan Self-Employee. Berikut adalah ulasan lengkapnya:

1. Employee

Individu yang ada di dalam kuadran ini adalah mereka yang bekerja sebagai seorang karyawan. Dengan statusnya sebagai karyawan, maka secara otomatis, ia akan mendapatkan penghasilan tetap melalui gaji bulanan yang dibayarkan oleh perusahaan. Keamanan dan kenyamanan adalah dua kata kunci yang dapat menggambarkan kondisi individu yang ada di kuadran ini.

Untuk kamu para fresh graduate, nikmatilah proses ini. Bekerja di sebuah perusahaan pastinya akan memberikan banyak pengetahuan dan pengalaman baru.  Ketika kamu masih bimbang tentang cita-cita yang ingin kamu kejar, bekerja di sebuah perusahaan justru akan membantu kamu menemukan dream job.

Ingin berkarir di perusahaan ternama yang dapat membuat karir mu berkembang dan  yang bisa ajak kamu jalan-jalan keliling dunia? Bergabung dengan The Awesome Team bisa membantu kamu menjawabnya. The Awesome Team ini memiliki pilihan sebagai Financial Network Advisor (FNA) untuk kamu yang mencintai kehidupan korporat dan menyenangi kestabilan.

2. Self-Employee

Menjalani karier selama bertahun-tahun kadang membuat kamu jenuh. Rutinitas yang sama atau tuntutan alokasi waktu antara pekerjaan dan keluarga kadang jadi kendala. Saat masih muda, mungkin uang adalah satu-satu nya yang dikejar. Namun, seiring berjalan nya waktu kebutuhan untuk bisa bekerja secara flexible ternyata jadi kebahagiaan tersendiri. Serupa dengan kondisi kuadran pertama, yaitu Employee, individu di kuadran kedua ini harus menukar waktu dan tenaganya untuk memperoleh pendapatan. 

Arsitek, desainer, atau konsultan adalah beberapa contoh pekerjaan self-employed. Dengan ilmu dan pengalaman yang cukup, mereka bisa menjalani pekerjaannya dengan fleksibel. Perihal gaji sudah tak perlu ditanya lagi, karena reputasi yang sudah dibangun sedari dini. Peluang untuk bisa jadi self employed itu luas dan tak terbatas, dan salah satunya dengan jadi bagian dari The Awesome Team. Karena bergabung bersama The Awesome Team by Astra Life ini kamu bisa memilih menjadi Professional Financial Advisor (PFA) yang bisa kamu atur waktu kerjanya dan cocok untuk kamu yang memiliki orientasi berbisnis yang tinggi.

Pilihan Karier dalam Kuadran Kanan

Berbeda dengan kuadran kanan, orang-orang pada kuadran kanan adalah mereka yang memiliki pendapatan pasif. Yaitu jenis pendapatan yang seseorang peroleh tanpa harus bekerja atau melakukan usahanya sendiri. Pendapatan jenis inilah yang dapat mendefinisikan seseorang mulai bisa menjalani kondisi bebas atau merdeka secara finansial. 

Dengan kata lain, meski seseorang tidak aktif bekerja, namun ia tetap memperoleh pendapatan.  Dalam konsep Cashflow Quadrant-nya, Robert Kiyosaki menyebutkan bahwa ada dua kelompok individu yang masuk dalam kategori orang dengan pendapatan pasif. 

Kedua kelompok tersebut adalah Business Owner dan Investor. Berikut adalah ulasan lengkapnya:

1. Business Owner

Terdapat dua skema business owner. Tipe pertama adalah yang benar-benar membangun bisnis dari awal, mulai dari penyediaan barang, penentuan harga, sampai pemilihan lokasi dan mekanisme penjualan. Tipe kedua adalah yang tidak membuatnya dari awal, tetapi fokus untuk membangun jaringan bisnisnya. Keduanya jelas sama-sama menguntungkan. Namun, jika kamu masih belum memiliki modal dan pengalaman yang cukup, ada baiknya kamu mulai dengan tipe kedua.

Membangun jaringan bisnis sendiri pastinya jadi tantangan baru di hidup kamu. Kalau kamu masih muda dan ambisius tidak ada salahnya kamu mulai mencobanya dari sekarang. Ketika menjadi bagian dari The Awesome Team, kamu hanya perlu berinvestasi ilmu sebanyak-banyaknya dan membekali dirimu dengan pengetahuan baru. Berbagai pelatihan akan disediakan oleh penyedia akan diberikan sebagai fasilitas untuk membantumu berkembang. 

Perihal komisi sudah tak perlu ditanya lagi. Yang perlu kamu pikirkan adalah pengalaman seru dan berbagai reward menarik yang dapat kamu nikmati nantinya. Siapa sangka kalau ini bisa opsi karier kamu kedepannya? Merdeka secara finansial pastinya semakin dekat di depan mata.

2. Investor

“Let the money works for you” adalah salah satu kutipan yang paling sering digalangkan oleh para investor. Tapi, pernahkah kamu berfikir kalau investasi itu tidak selalu tentang uang? Ya, ternyata network juga bisa jadi salah satu bentuk investasi.

Bicara bisnis, ternyata network = networth. Kenapa? karena tidak semua orang hebat dalam membangun networknya. Keberadaan relasi tak semata-mata menjadi teman atau rekan kerja, tetapi juga sosok inspiratif yang bisa saling berjuang untuk sama-sama mengejar kesuksesan.

Nah, sebelum kamu mulai berinvestasi di berbagai produk seperti reksa dana dan saham, ada baiknya kamu menatap sekelilingmu. Mulai bangun network mu dan bentuklah menjadi support system yang positif. Ingin coba dari sekarang? Silahkan cari tau selengkapnya di Instagram @ATeambyAstraLife

Bagi kamu yang saat ini sedang bingung dalam menentukan pilihan karier, semoga permasalahanmu segera teratasi ya. Tak hanya itu, bagi kamu yang sedang memperjuangkan kebebasan karier, semoga tujuanmu juga segera tercapai. Ingat bahwa kebebasan karier dengan memiliki pekerjaan impian bukanlah sebuah teori belaka, melainkan sebuah peluang. Jika kita mengupayakannya dengan sungguh-sungguh, bukan tak mungkin kita akan jadi orang berikutnya yang bebas dan merdeka secara karier.

Ambil Peluangmu Sekarang Juga!

Beberapa orang menganggap bahwa kebebasan karier hanya dapat dimiliki oleh orang-orang yang beruntung. Hmm.. Sebenarnya tidak juga, lho. Lebih tepatnya, kebebasan karier bisa kita dapatkan saat kita siap untuk menjemput peluang. Seperti contohnya, peluang besar bagi kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan impian, yang ditawarkan oleh Astra Life.  

The Awesome Team by Astra Life adalah bisnis yang dapat membantumu memiliki kebebasan karier dan finansial. Dengan waktu yang fleksibel, kamu bisa menambah dan juga mempercepat income yang kamu miliki. Tak hanya itu, jaminan income yang kamu dapatkan juga nantinya bisa diwariskan dan dilanjutkan oleh keluargamu, lho. Wah, menarik sekali, bukan?  

Nah, untuk mengetahui informasi ini lebih lanjut, langsung yuk follow Instagram @AteambyAstraLife sekarang juga. Kamu juga bisa klik di sini untuk jika ingin mengajukan pertanyaan ya. Urusan Tak Terduga Dalam Hidup, No Worries. #IGotYourBack

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!