Setiap Orang Berpeluang Kaya dari Rumah, Ini Caranya

Gig economy adalah pola kerja flexible yang memungkinkan sesorang bisa berpeluang untuk bisa kaya dari rumah, hanya dengan menukar keahliannya.

Kaya Dari Rumah

Setiap Orang Berpeluang Kaya dari Rumah, Ini Caranya

Gig economy adalah pola kerja flexible yang memungkinkan sesorang bisa berpeluang untuk bisa kaya dari rumah, hanya dengan menukar keahliannya.

Di rumah terus, tapi pengen kaya, bisa gak sih? Tentu bisa dong. Semua peluang tentu akan terbuka jika kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Lalu, bagaimana caranya agar bisa kaya dari rumah? Simak ulasan berikut.

Beberapa waktu belakangan ini, dunia media sosial sangat ramai dengan pemberitaan tentang komentar seseorang terhadap tetangganya yang dinilai hanya bermalas-malasan di rumah tetapi bisa kaya, bahkan dia mencurigai tetangganya melakukan pesugihan atau mendapat uang dengan jalur yang tak halal. Kata kaya di sini tentu saja lebih merujuk pada kondisi ekonomi seseorang yang bisa memiliki penghasilan dengan jumlah yang besar.

Komentar tersebut akhirnya menjadi sorotan netizen tak terkecuali seorang penulis, aktor, dan komika Raditya Dika. Tak lama setelah ramai pemberitaan tersebut, Raditya Dika memposting sebuah komentar yang mendapat respon positif dari para netizen.

Perubahan Zaman

Mengutip postingan dari akun instagramnya, @raditya_dika menuliskan: “Jaman udah berubah. Orang dari rumah aja bisa kok punya uang. “Gig economy” adalah pola kerja baru dimana orang ga perlu ngantor tapi cukup menukar keahlian mereka dengan uang. Teknologi yang membuat itu semua terjadi.”

Dalam postingan tersebut Raditya Dika juga mencontohkan sejumlah pola kerja baru tersebut misalnya menjadi ilustrator freelance dan memiliki klien dari luar negeri. Ada pula konsultan yang tetap bisa bekerja dari rumah mengandalkan aplikasi zoom meeting untuk pekerjaan sehari-harinya. Ada yang jadi makelar yang bertugas untuk menghubungkan pembeli dan penjual. Ada yang menjadi YouTuber, hingga trading saham.

Tentu di sini kita bukan ingin membahas komentar tetangga yang sempat viral itu, tetapi mari kita mengenal lebih lanjut apa itu gig economy dan apa saja sih peluang yang ada untuk bisa membuat seseorang kaya meskipun “hanya” dari rumah?

Gig Economy

Istilah gig economy sebenarnya telah ramai muncul di Indonesia sejak beberapa tahun lalu. Berdasarkan beberapa literatur, gig economy dikaitkan dengan pekerjaan lepas yang memiliki fleksibilitas waktu dan tempat sehingga memungkinkan seseorang untuk tetap berpenghasilan meskipun tidak bekerja formal yang selalu pulang pergi ke kantor dengan jam yang sama setiap harinya. Dikutip dari Kompas, secara harfiah gig economy diartikan sebagai ekonomi yang bergantung pada pekerja kontrak pada era industri 4.0

Jadi, memang istilah gig economy ini muncul karena adanya pengaruh industri 4.0 dimana perkembangan teknologi memiliki peranan yang besar. Peranan tersebut terutama membuat aktivitas komunikasi dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja hanya dengan kehadiran teknologi. Dan masa pandemi ini membuktikan secara nyata bahwa hal itu sangat mungkin terjadi bahkan akhirnya sudah menjadi keseharian bagi sebagian besar orang.

Jumlah Pekerja Lepas Meningkat

Berbicara soal pekerja lepas atau freelancer, data Badan Pusat Statistik yang dikutip Kumparan menyebutkan bahwa per Agustus 2020 tercatat sebanyak 33,34 juta orang di Indonesia melakukan kerja paruh waktu atau freelancer. Jumlah itu meningkat 26% atau sekitar 4,32 juta orang.

Peningkatan ini memang wajar terjadi melihat sistem kerja menjadi seorang freelancer menawarkan jam kerja yang fleksibel. Cara kerja ini terutama banyak diminati oleh kaum millenials yang cenderung meyakini bahwa dengan jam kerja yang fleksibel maka mereka bisa lebih menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. 

Tak hanya jam kerja yang fleksibel, bekerja sebagai freelancer pun menawarkan “upah” yang cukup menarik. Dilansir dari Tribunnews yang dikutip Kumparan, fee atau bayaran bagi freelancer ada yang bisa mencapai lebih dari Rp500.000 per jamnya seperti freelancer untuk perencana keuangan, konsultan bisnis, penasehat hukum perusahaan, programmer, dan lainnya. Tentu, bayaran yang tinggi ini akan diberikan bagi mereka yang sudah berpengalaman dan betul-betul kompeten. Oleh karenanya.

Tak Lepas dari Tantangan

Ya, gig economy memang semakin membuka kesempatan kerja yang lebih luas bagi banyak orang. Namun demikian, kita sebagai sumber daya manusia juga dituntut untuk terus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan agar tetap bisa bersaing dengan orang yang lebih luas lagi.

Tantangan lainnya adalah infrastruktur teknologi yang digunakan juga harus memadai agar konsep bekerja dimana saja dan kapan saja bisa benar-benar terlaksana. Karena, salah satu spesifikasi pekerjaan yang diminta adalah fleksibilitas bekerja, maka semakin minim gangguan teknologi yang kamu alami maka pekerjaanmu pun bisa terselesaikan relatif lebih lancar.

Bagi perusahaan, memiliki banyak pekerja lepas juga menjadi keuntungan karena beban kewajiban terhadap hak-hak karyawan bisa diminimalisir. Di sisi lain, hal ini cukup berisiko bagi para pekerja lepas karena ketidakpastian terhadap keberlangsungan kerja semakin tinggi. Di mana perusahaan bisa saja memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak kerja dan perusahaan tidak berkewajiban memberikan pesangon jika hal itu terjadi.

Cryptocurrency Mulai Dilirik

Seperti yang disebutkan di atas, selain menjadi freelancer, seseorang bisa saja memiliki penghasilan yang cukup besar dari transaksi perdagangan saham. Namun, selain trading saham, ada pula yang kini mulai ramai dilirik orang yakni cryptocurrency. Beberapa mata uang kripto yang telah banyak dikenal orang seperti Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, Dogecoin.

Lonjakan nilai yang dialami oleh sejumlah mata uang digital tersebut memang sangat bisa membuat seseorang kaya mendadak. Mengutip CNN Indonesia, kapitalisasi pasar mata uang kripto sempat tembus US$2 triliun yang merupakan level tertingginya sepanjang sejarah. Data pelacak pasar CoinGecko dan Blockfolio menyebutkan bahwa kenaikan kapitalisasi pasar tersebut terjadi karena meningkatnya permintaan dari investor institusional dan ritel.

Pergerakan mata uang kripto ini memang tengah menjadi sorotan karena bisa naik pesat melebihi kenaikan saham dan emas. Namun demikian, seperti instrumen investasi lainnya, potensi turunnya tentu ada bahkan juga sangat terbuka lebar. Pro kontra terhadap cryptocurrency sebagai instrumen investasi yang aman pun cukup kencang seiring faktor penggeraknya yang masih dipertanyakan.

Legalitas Cryptocurrency

Di Indonesia, cryptocurrency memang dilarang digunakan sebagai alat pembayaran karena bertentangan dengan regulasi terkait mata uang. Namun, mata uang kripto ini tetap diperbolehkan menjadi alat investasi karena termasuk sebagai komoditas yang diperdagangkan di bursa berjangka. Adapun otoritas yang mengawasinya adalah Badan  Pengawas  Perdagangan  Berjangka  Komoditi  (Bappebti). 

Namun demikian, Bappebti juga memiliki sejumlah aturan yang ketat terhadap perdagangan cryptocurrency seperti membatasi jenis mata uang kripto yang boleh diperdagangkan dengan adanya 26 standar penilaian. Selain itu, perusahaan yang diperbolehkan untuk memperdagangkan mata uang kripto juga masih sangat sedikt yakni 13 perusahaan.

Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency

Jika dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini merupakan plus minus berinvestasi di cryptocurrency:

1. Kelebihan (plus) Cryptocurrency:

– Biaya transaksi yang relatif murah, praktis, dan cepat karena berbasis digital

– Potensi kenaikan nilai yang tinggi

– Terhindar dari pemalsuan mata uang

– Memiliki penyimpanan yang relatif aman dengan teknologi blockchain dan wallet

– Menawarkan fleksibilitas yang tinggi. Siapapun bisa melakukan transaksi ini dimana saja dan kapan saja.

– Terhindar dari pemalsuan mata uang

2. Kekurangan (minus) Cryptocurrency:

– Fluktuasi tinggi sehingga nilainya bisa naik tajam dalam sehari tetapi bisa juga merosot tajam di hari berikutnya

– Risiko tinggi, bisa membuat seseorang menjadi kaya dalam waktu sekejap, tetapi juga bisa “bangkrut” dalam sekejap

– Belum ada aturan perdagangan seperti saham. Di saham, jika pergerakannya naik atau turun secara tidak wajar maka ada otoritas yang bisa menghentikan sementara perdagangannya.

– Minim fundamental, bahkan sebagian pihak menilai tidak ada fundamental yang melandasi pergerakan cryptocurrency. Alias, kenaikan dan penurunan nilai mata uang kripto masih sangat bergantung pada permintaan dan penawaran pasar.

– Meskipun memiliki sistem blockchain dan wallet, cryptocurrency tetap dinilai rawan terhadap peretas atau hacker.

Jadi, di kehidupan yang sudah modern dan era digital yang sudah semakin canggih, peluang yang membuat kamu bisa memiliki penghasilan tinggi dan kaya secara ekonomi sangat mungkin terjadi. Namun demikian, tetap banyak juga tantangan dan risiko yang perlu dihadapi. Tantangan-tantangan inilah yang harus kamu pahami agar tak mudah termakan iming-iming cepat kaya dari rumah. 

Perlu diingat bahwa setiap hal yang kita kerjakan pasti memiliki risiko, baik itu kecil maupun besar. Namun peluang mendapat keuntungan juga tetap terbuka. Sekarang giliran kamu yang memutuskan mana jalan yang akan kamu pilih. Jangan lupa tetap terapkan prinsip kehati-hatian, apakah kamu mau fokus menjadi pekerja lepas ataupun bertransaksi di pasar modal, instrumen investasi lainnya, hingga bertransaksi cryptocurrency.

Jangan lupa juga untuk tetap perhatikan kesehatanmu, karena akan percuma jika kamu memiliki banyak uang tetapi tidak sehat. Kamu tidak akan menikmatinya. Berikan lindungan kesehatan bagi diri kamu dan keluarga sebagai upaya mengamankan kesehatan dan perekonomianmu di masa datang. Jangan sampai uang yang kamu kumpulkan dengan susah payah habis sekejap karena harus membayar biaya perawatan di rumah sakit.

Bagi kamu yang memang senang dengan kondisi yang fleksibel, ada salah satu produk asuransi dari Astra Life yang bisa memberikan hal itu yakni Flexi Health. Asuransi kesehatan ini memberikan santunan rawat inap hingga Rp1 juta per hari yang bisa dibeli secara online di ilovelife.co.id. Flexi Health juga cocok untuk melengkapi asuransi kesehatan dari BPJS Kesehatan agar finansialmu tidak terganggu akibat biaya tak terduga selama menjalani perawatan di rumah sakit.

Kamu juga bisa cari tahu pilihan produk lainnya dengan mengunjungi astralife.co.id. Follow juga Instagram @AstraLife untuk mendapatkan tips-tips bermanfaat lainnya. Urusan Sehat No Worries, #iGotYourBack.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Subscribe ke LoveLife Daily Blog untuk mendapatkan newsletter artikel ter-update!

Selamat Anda telah tergabung menjadi subscriber blog LoveLife

Terdapat kesalahan dari permintaan anda. Mohon coba lagi.

Love Life will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.