Berniat Banting Setir dari Kantor? Pelajari Cara Bangun Usaha ala Yoon Hye Jin di Hometown Cha Cha Cha

Ternyata ada banyak insight dari serial drama Korea Hometown Cha-Cha-Cha yang pas banget dijadikan sebagai referensi untuk kamu yang lagi galau, buat keluar dari tempat kerja untuk membangun usaha. Selengkapnya baca di artikel ini.

Durasi baca: 5 menit

Berniat-Banting-Setir-dari-Kantor-Pelajari-Cara-Yoon-Hye-Jin-di-Hometown-Cha-Cha-Cha-Bangun-Usaha

Berniat Banting Setir dari Kantor? Pelajari Cara Bangun Usaha ala Yoon Hye Jin di Hometown Cha Cha Cha

Ternyata ada banyak insight dari serial drama Korea Hometown Cha-Cha-Cha yang pas banget dijadikan sebagai referensi untuk kamu yang lagi galau, buat keluar dari tempat kerja untuk membangun usaha. Selengkapnya baca di artikel ini.

Durasi baca: 5 menit

Mencermati lembaran karier baru dokter Yoon Hye Jin (Shin Min-Ah) setelah meninggalkan kantor lamanya tak kalah menarik dari kisah cintanya dengan Kepala Hong alias Hong Du Shik (Kim Seon Ho) dalam serial Hometown Cha-Cha-Cha. Banyak insight yang pas banget dijadikan sebagai referensi untuk kamu yang lagi galau, buat keluar dari tempat kerja untuk membangun usaha. Nah, sebelum-benar-benar resign dan memutuskan merintis usaha baru, coba pelajari 6 insights berikut ini.

Keinginan resign memang bisa kapan saja menghampiri pikiran seorang pekerja. Berbagai alasan pun bisa menjadi pencetusnya. Tak hanya untuk yang merasa stuck dalam jenjang karier atau merasa salah mengambil profesi. Keinginan resign bahkan bisa saja muncul saat kamu tengah menjalani karier sesuai passion-mu. Sama seperti yang dialami oleh Yoon Hye Jin. Keputusan mendadak yang dibuat justru membawanya pada petualangan menarik.

Pilihan Berat

Salah satu drama korea terpopuler di Netflix itu bercerita tentang seorang dokter gigi idealis bernama Yoon Hye Jin yang bekerja di sebuah klinik bergengsi. Dalam menjalankan profesinya, dia berusaha memberikan perawatan terbaik, sesuai kebutuhan pasiennya. 

Suatu ketika, kebijakan yang dikeluarkan oleh atasannya membuat dokter Yoon harus memilih: berkompromi dengan sikap idealisnya atau resign dari klinik tersebut. Sebuah pilihan berat, tetapi dia memilih opsi kedua. Meskipun sempat menyesal dengan keputusannya, perlahan dia justru lebih menikmati kehidupannya pasca-resign.

6 Insights yang Bisa Dipelajari dari Hometown Cha Cha Cha

Tidak mudah bagi dr. Yoon melalui hari-harinya setelah keluar dari tempat kerjanya. Meski berstatus sebagai dokter andalan, nyatanya dia sempat kesulitan mendapat pekerjaan di klinik lain. Sementara itu, keinginan untuk membuka klinik sendiri juga menemui sejumlah hambatan, salah satunya ketersediaan modal.

Namun, dr. Yoon berhasil membangun optimisme dengan pilihan dan jalan hidupnya. Berbagai persoalan yang muncul pun dia hadapi. Nah, berikut ini beberapa insight menarik yang bisa kamu pelajari dari perjalanan dr. Yoon dalam drama Korea Hometown Cha-Cha-Cha, sebelum kamu menyerahkan surat pengunduran diri secara resmi.

1. Tidak Membuat Keputusan Saat Emosional

Resign bisa menjadi salah satu keputusan besar dalam hidupmu. Tidak ada satu orang pun yang bisa memastikan kondisimu akan lebih baik setelah mengundurkan diri. Oleh karena itu, jangan memutuskannya saat sedang emosi. Apalagi sampai menumpahkan emosi tersebut di media sosial.

Hal inilah yang terjadi pada Yoon Hye Jin. Keputusannya untuk resign dilakukan sesaat setelah dia berdebat dengan atasannya. Dia kecewa dengan sikap atasannya yang mengambil alih perawatan pasiennya tanpa sepengetahuan Yoon Hye Jin. Tidak hanya memutuskan resign, Yoon Hye Jin yang masih diliputi emosi, menumpahkan kekesalannya dengan mengungkapkan kesalahan atasannya di media sosial saat dirinya juga sedang dalam kondisi setengah sadar. Sikap itu, membuatnya sulit mendapat pekerjaan di tempat lain, karena dianggap mencemarkan nama baik atasan.

2. Perhitungan Finansial yang Matang

Salah satu hal yang harus dipersiapkan secara matang adalah soal finansial. Hal itu sangat penting agar kamu bisa menjalani masa-masa setelah resign dengan lebih tenang. Memiliki ‘amunisi’ atau bekal yang cukup menjadi salah satu upaya memberi ketenangan bagimu setelah resign.

Untuk itu, jika keinginan resign sudah kuat, coba lihat kondisi finansial kamu. Hitung, pengeluaran reguler kamu setiap bulannya. Apakah masih memiliki beban utang, tanggungan untuk keluarga, tanggungan kesehatan, atau tanggungan lainnya? Sejumlah perencana keuangan menyarankan, agar kondisi finansial setelah resign aman, minimal kamu memiliki dana cadangan sebanyak 3-6 kali biaya pengeluaran bulanan. Jadi kamu masih bisa tetap tenang dalam 3-6 bulan sambil menunggu keuanganmu kembali stabil.

Beratnya menghadapi masalah finansial juga dialami oleh Yoon Hye Jin di Hometown Cha-Cha-Cha. Dengan keputusan yang mendadak dan tak ada persiapan finansial, dia tetap harus menghadapi tagihan-tagihan pembayaran yang datang setiap bulannya. Tantangan semakin berat karena dia tak kunjung dapat pekerjaan setelah melamar ke berbagai klinik. Untuk membuka klinik sendiri di Seoul pun modalnya tak cukup.

3. Jeli Melihat Peluang

Jika kamu ingin membuka usaha sendiri, maka kamu juga perlu jeli dalam melihat peluang. Tak perlu pesimis dengan modal yang tak terlalu besar asalkan kamu cermat dalam melihat kesempatan dan peluang yang ada. Mengatur strategi dengan mengeluarkan modal sekecil-kecilnya tetapi berusaha menangkap peluang sebesar-besarnya.

Sama seperti dr. Yoon yang akhirnya memantapkan hati untuk membangun sebuah klinik gigi di Gongjin. Meskipun letaknya di pedesaan, tetapi prospek usaha cukup cerah mengingat tidak ada klinik dokter gigi lain di daerah itu. Dari sini kita bisa lihat dr. Yoon juga melakukan strategi yang tepat. Dengan modal yang lebih murah, jika dibandingkan dengan membuka klinik di Seoul, tetapi peluang usaha laku lebih tinggi karena minim saingan usaha yang sejenis dan selevel.

4. Berani Keluar dari Zona Nyaman

Salah satu kegalauan yang sering dialami orang untuk resign adalah takut meninggalkan zona nyaman. Padahal, untuk bisa berkembang, seseorang perlu berani mencoba keluar dari zona nyaman. Memang tidak mudah, tetapi patut dicoba. Hal ini juga bisa kita lihat dari kisah Yoon Hye Jin di Hometown Cha-Cha-Cha.

Meskipun mengalami banyak tantangan di awal resign, tapi Yoon Hye Jin tampak tidak menyerah dan berani keluar dari zona nyamannya. Tak hanya keluar dari tempat kerjanya, Yoon Hye Jin pun memberanikan diri pindah dari kota besar Seoul ke pedesaan Gongjin. Dia memutuskan pindah ke Gongjin, salah satu alasannya karena modal yang dia miliki hanya cukup untuk membangun klinik di sana.

5. Berbaur dengan Lingkungan Baru

Yang namanya usaha, tentu kita tak bisa lepas dengan interaksi dengan lingkungan sekitar. Kemampuan beradaptasi dan berbaur dengan lingkungan diperlukan dalam menghadapi kondisi yang baru.

Begitu juga yang dialami Yoon Hye Jin. Dia sempat membuat kesalahan fatal di awal-awal kepindahannya ke Gongjin. Banyak masyarakat sekitar yang tersinggung dengan sikap dan perkataannya. Bahkan saat awal-awal pembukaan klinik barunya, tak ada masyarakat yang datang untuk menggunakan jasanya. Padahal, klinik giginya merupakan satu-satunya di wilayah tersebut. 

Kepala Hong sempat menasihati dan menyarankan Yoon Hye Jin untuk memperbaiki kata-kata dan sikapnya. Menyadari kesalahan yang sempat diperbuat, Yoon Hye Jin berbesar hati untuk meminta maaf kepada masyarakat dan mencoba lebih berbaur dengan lingkungan sekitar.

Melihat sikapnya yang memang tulus, ditambah keahlian serta profesionalitas dalam menjalani pekerjaannya, akhirnya kepercayaan masyarakat mulai tumbuh. Klinik pun mulai ramai didatangi pasien.

6. Jujur dan Profesional

Apa pun profesi kamu setelah resign, membuka usaha sendiri atau pun bekerja di tempat lain, kejujuran dan profesionalisme harus menjadi nilai yang kamu pegang. Karena baik dalam dunia bisnis atau kerja, pasti tak lepas dari persaingan. Salah satu kunci memenangkan persaingan, kamu harus bisa dipercaya. Hal itu bisa diperoleh salah satunya dengan menjaga komitmen untuk jujur dan profesional.

Sama seperti yang sempat dialami Yoon Hye Jin. Dia sempat diisukan hanya ‘mengeruk’ uang pasien dengan perawatan yang ditawarkan. Padahal, dia orang yang paling menolak hal tersebut. Namun,  dia berani untuk menghadapi segala tuduhan itu, bahkan Ia juga mengungkapkan fakta-fakta yang membuktikannya tidak bersalah. Karena dia berpegang pada kejujuran dan profesionalisme, akhirnya masyarakat pun kembali percaya dengan saran-saran perawatan yang diberikan.

Berpegang pada prinsip memang bagus, tetapi terkadang hidup harus dijalani dengan fleksibel. Karena apa yang kita hadapi di kemudian hari penuh ketidakpastian seperti krisis ekonomi, bencana alam, atau musibah lainnya. Begitulah yang dilakukan dr. Yoon dalam Hometown Cha-Cha-Cha.

Fleksibilitas juga dibutuhkan saat kita ingin mencoba masuk ke dunia yang baru. Membuka pikiran dan hati untuk menangkap segala peluang yang ada. Namun, bukan berarti juga kita bisa membelokkan garis kehidupan tanpa persiapan yang matang. Persiapan diperlukan sebagai langkah proteksi menghadapi risiko yang bisa muncul. Selain mengamankan kondisi finansial, kamu juga perlu mengamankan kondisi kesehatan. 

Nah, salah satu cara untuk mengamankan kondisi finansial dan kesehatan juga bisa dengan menambah proteksi lewat asuransi.

Salah satu produk asuransi yang menarik untuk kamu pertimbangkan adalah Flexi Health dari Astra Life. Asuransi ini memiliki berbagai macam manfaat. Mulai dari perlindungan jiwa, santunan rawat inap, hingga manfaat perlindungan kesehatan tambahan lainnya yang menguntungkan.

Untuk mengetahui informasi lengkap Flexi Health atau melihat pilihan produk asuransi lainnya, kamu bisa langsung kunjungi laman ilovelife.co.id. Jangan lupa follow @astralifeid untuk update informasi soal kesehatan, keuangan, dan kehidupan. Urusah Sehat No Worries. #IGotYourBack.

Image source: IMDb

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!