Merdeka Finansial: Sejahtera di Tanggal Tua dan Masa Tua

Hidup merdeka secara finansial jelas menjadi cita-cita semua orang. Istilah kemerdekaan finansial ini memang banyak digadang-gadang sebagai salah satu tujuan hidup di masa usia produktif. Sayangnya, ternyata mengejar kemerdekaan finansial tak semudah yang dibayangkan.

Durasi baca: 5 menit

Merdeka-Finansial-Sejahtera-di-Tanggal-Tua-dan-MasaTua

Merdeka Finansial: Sejahtera di Tanggal Tua dan Masa Tua

Hidup merdeka secara finansial jelas menjadi cita-cita semua orang. Istilah kemerdekaan finansial ini memang banyak digadang-gadang sebagai salah satu tujuan hidup di masa usia produktif. Sayangnya, ternyata mengejar kemerdekaan finansial tak semudah yang dibayangkan.

Durasi baca: 5 menit

Setiap individu memiliki sudut pandang yang berbeda tentang kemerdekaan finansial. Seorang penulis buku asal Amerika bernama Tony Robbins melihat kemerdekaan finansial dari sudut pandang pekerjaan. Bagi dirinya, kemerdekaan finansial adalah keadaan dimana seseorang bekerja karena benar-benar menikmati pekerjaannya dan bukan semata-mata karena membutuhkan pekerjaan tersebut. Lain halnya dengan seorang praktisi finansial Suze Orman yang melihat kemerdekaan finansial dari sisi psikologis. Kemerdekaan finansial dilihat sebagai keadaan dimana hati dan pikiran seseorang bisa terbebas dari seluruh kekhawatiran atas berbagai kemungkinan yang bisa terjadi.

Cita-Cita Merdeka Secara Finansial

Walaupun hadir dengan berbagai interpretasi berbeda, kemerdekaan finansial jelas bukan hal yang sulit untuk dipahami. Setiap orang pasti punya pendapat yang berbeda, namun apapun itu yang penting adalah bagaimana masing-masing individu berjuang untuk mencapainya.

Kemerdekaan finansial sangat erat berhubungan dengan materi Realistis saja, kita semua perlu hidup dengan kualitas baik yang didukung dengan sumber daya finansial yang cukup juga, bukan? Dalam hal ini ada yang berpikir tentang uang yang berkelimpahan, dan ada pula yang hanya berpacu pada kata “cukup”. 

Untuk bisa menentukan standard kemerdekaan finansial mu, berikut adalah 3 tingkatan kemerdekaan finansial (3 level of financial freedom) yang dapat dijadikan acuan:

Level 1: Merdeka dari Utang dan Cicilan

Sebelum berpikir terlalu jauh, coba perhatikan utang dan cicilan mu. Apakah kamu sudah mampu mencukupi seluruh kebutuhan dan keinginan mu tanpa menggunakan utang atau cicilan? Di sisi lain, sebenarnya memiliki utang dan cicilan tidak membuatmu terlihat gagal, namun penting adanya untuk memperhatikan dua hal, yaitu:

1. Apakah utang dan cicilan yang kamu miliki bersifat produktif?

Utang dan cicilan dapat berfungsi sebagai fasilitas untuk kamu mengembangkan berbagai hal. 

Entah itu utang bisnis untuk melakukan ekspansi atau cicilan rumah yang nantinya berfungsi sebagai aset. Sebaliknya, utang dan cicilan bisa berbahaya jika digunakan untuk membeli barang-barang konsumtif dengan tujuan berfoya-foya.

2. Seberapa besar rasio utang dan cicilan yang kamu miliki? 

Hitunglah dengan membagi total utang dan cicilan mu dengan total pendapatan mu. Jika hasilnya lebih dari 30%, berarti ada yang salah dengan manajemen keuanganmu.

Level 2: Merdeka Bersama Tabungan dan Proteksi

Jika kamu sudah lolos dari level pertama, ini saatnya menganalisa kesiapan tabungan mu. Dana darurat adalah salah satu tabungan utama yang harus kamu siapkan. Cobalah untuk menyisihkan setidaknya 3x pengeluaran bulanan. Kalau sudah berhasil, maka kamu bisa meningkatkannya menjadi 6x dan 12x alias 1 tahun. Kenapa harus menyiapkan dana darurat? Karena kita tak pernah tau apa yang mungkin terjadi di esok hari. Berbagai pengeluaran mendadak seperti kebutuhan orang tua atau anak bisa saja muncul dan tentunya kamu pun harus siap sedia.

Bagaimana dengan pengeluaran kesehatan? Ini jelas menjadi masalah serius yang sangat mungkin terjadi. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya kamu melengkapi diri dengan proteksi asuransi. Baik itu  asuransi kesehatan dan asuransi jiwa sudah harus kamu pertimbangkan berdasarkan kebutuhan. Untuk tahu selengkapnya silahkan lihat di Astra Life.

Level 3: Merdeka Dengan Hasil Investasi dan Passive Income

Ini adalah titik akhir yang ingin dicapai oleh semua orang. Level 3 ini ialah saat kamu sudah bisa hidup merdeka dari utang, memiliki dana darurat dan tabungan yang memadai, terproteksi dengan asuransi dan yang lebih hebat lagi adalah investasimu sudah bisa bisa menutupi seluruh biaya hidupmu.

Wah, bayangkan jika kamu sudah mencapai level ini! Kamu tetap bisa punya pendapatan tetap, namun seluruh kebutuhan hidup kamu dan keluarga sudah terpenuhi dari hasil imbal balik investasi. Menyenangkan sekali, bukan?

Sebagian orang mungkin menganggap ini mustahil, tapi percayalah bahwa ini adalah sesuatu yang sangat mungkin untuk dilakukan. Untuk kamu yang belum familiar dengan investasi bisnis, property, saham atau emas, mungkin bisa mulai dari investasi network. 

“Your network is your net worth”

Network alias jaringan dalam bentuk pertemanan bisnis yang sukses adalah bukti dari dedikasi diri. Dalam hal ini hasilnya pun jelas tak main-main. Tahukah kamu bahwa kerja kerasmu dapat terus mengalir bahkan sampai tingkat ke-7 dari jaringan yang kamu bangun? Belum banyak yang menyadari betapa berharganya hal ini, tetapi jangan khawatir karena ada The Awesome Team yang menghargai dedikasi mu lebih dari yang lainnya.

Cara Mewujudkan Cita-Cita Merdeka Secara Finansial

Meskipun terdengar mustahil, tapi kini kamu bisa mewujudkannya. Mungkin kamu belum bisa mencapai kemerdekaan finansial dalam waktu dekat, tapi siapa tahu usahamu hari ini dapat memudahkan kehidupan keluarga dan anak-anak yang kamu cintai kelak?

Berikut adalah 4 cara merdeka secara finansial:

1. Pahami dan Kelola Finansialmu Dengan Baik

Jika kamu belum memulai mempersiapkan diri untuk menuju kemerdekaan finansial, tidak ada kata terlambat! Sekarang, kamu bisa segera mengecek keadaan finansialmu secara terbuka dan jujur. Belajar mengelola pemasukan dan pengeluaran secara teratur. Pastikan kamu mengalokasikan uang mu sebaik mungkin untuk kebutuhan sehari-hari, investasi, dan proteksi. Untuk bisa memaknai hal ini dengan lebih baik, pastikan untuk mencari support system yang baik. Berbagai tokoh-tokoh dan komunitas yang inspiratif dapat kamu geluti guna membangun semangat untuk bisa lebih sukses dan maju. Jika kamu ingin bertemu dengan orang-orang dengan pola pikir dan ambisi yang sama, kamu bisa bergabung dengan The Awesome Team yang menawarkan berbagai ilmu dan pengetahuan baru seputar kesejahteraan finansial.

2. Kejarlah Berbagai Peluang yang Ada

Kunci sukses secara finansial adalah tekad dan komitmen untuk bisa berkembang. Banyak orang yang mengeluhkan bahwa bekerja itu berat dan membosankan. Tetapi, pernahkan kamu berfikir kalau pekerjaan yang tepat justru akan membangun semangat kerja yang luar biasa hebat? Pekerjaan dengan model bisnis yang menarik, menyenangkan dan menghasilkan jelas bisa jadi jawaban. Kamu bisa cari tau selengkapnya di The Awesome Team. Nikmati dan pelajari prosesnya karena akan banyak sekali ilmu berharga dan peluang untuk bisa jadi lebih sukses lagi.

3. Investasi Ilmu dan Keahlian

Kamu tentunya tau kalau investasi tak semata-mata tentang uang. Sebelum uang bekerja untuk mu, berjuanglah untuk bekerja memperkaya diri dengan ilmu dan keahlian. Menawarkan berbagai fasilitas pelatihan dan Pendidikan khusus The Awesome Team bisa jadi wadah untuk kamu memperkaya pengetahuan dan pengalamanmu. Ingat, tumbuh sebagai individu yang maju dan berpengetahuan luas  tak akan hanya mendorong karir mu tapi juga masa depan finansialmu secara keseluruhan.

4. Bangun Kredibilitas Diri yang Terpercaya

Ada kalanya kamu mengesampingkan hal ini. Tetapi, percayalah bahwa ini adalah salah satu faktor yang berperan besar dalam hidupmu. Untuk bisa merdeka secara finansial kamu tentunya perlu dukungan dari relasi dan pertemanan yang tepat. Tak hanya berperan sebagai support system yang baik, keberadaan factor ini bisa jadi sebuah pintu terhadap berbagai kesempatan baru. Baik itu peluang bisnis, tawaran pekerjaan baru, project yang menarik, atau bahkan rekan kerja yang bisa memberikan kesuksesan baru di hidupmu.

The Awesome Team by Astra Life adalah bisnis yang dapat membantumu memiliki kebebasan karier dan finansial. Untuk kamu yang ingin mengembangkan diri dan mencari peluang baru untuk masa depan, kamu bisa bergabung dengan The Awesome Team. Siapa sih yang tidak ingin jadi seorang Professional Financial Advisor (PFA) handal? Mulai dari ilmu pengetahuan, keahlian, dan pengalaman kerja bersama institusi ternama bisa kamu dapatkan dengan mudah. Berbagai tunjangan dan jalan-jalan keliling dunia sudah jadi hal yang tak perlu diragukan lagi.

Nah, untuk mengetahui informasi selengkapnya, kamu bisa follow Instagram @AteambyAstraLife sekarang juga. Kamu juga bisa klik di sini untuk jika ingin mengajukan pertanyaan ya. Urusan Tak Terduga Dalam Hidup, No Worries. #IGotYourBack

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!