Bebaskan Diri dari Stres dengan Terapi Tertawa

Dengan rajin tertawa, kamu akan merasa bahagia serta sehat. Mau coba buktikan?

Tertawa lah sebelum ditertawakan. Kalimat tersebut bukan hanya guyonan belaka. Tertawa kecil, tertawa terbahak-bahak hingga terpingkal-pingkal ternyata dapat mengurangi stres. Bahkan dengan rajin tertawa, kamu akan merasa bahagia serta sehat. Mau coba buktikan?

Bukan hanya orang lanjut usia yang meyakini bahwa tertawa adalah salah satu obat mujarab mengurangi tingkat stres. Klinik Mayo, pusat penelitian dan pengembangan kesehatan di Amerika Serikat, pun berpendapat sama. Para ahli medis dari Klinik Mayo berpendapat bahwa terapi tertawa setiap hari mampu meminimalisir tingkat stres. Pasalnya kegiatan tertawa bermanfaat bagi organ-organ tubuh dalam jangka pendek serta memberi manfaat kesehatan untuk jangka panjang.

Dalam jangka pendek, tertawa dapat memompa lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh, menstimulasi jantung, paru-paru dan otot-otot tubuh. Secara langsung tertawa juga meningkatkan hormone endorphin yang diproduksi oleh otak. Hormon ini dikenal mampu memberi efek rileks dan tenang pada tubuh.

Lancarnya pemenuhan oksigen di jantung, maka melancarkan peredaran darah di tubuh. Tekanan darah yang tinggi secara perlahan akan menurun di titik normal. Selain itu, tertawa mampu menstimulasi peredaran dan rileksasi otot yang keduanya dapat membantu mengurangi gejala stres.

Untuk jangka panjang, tertawa mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Tubuh yang rileks dan pikiran yang positif yang terus ditanam dari kegiatan tertawa sebenarnya menghasilkan neuropeptides yang dapat melawan stres dan ancaman penyakit kejiwaan lainnya. Tertawa pun mampu mengikis rasa sakit dengan mendorong tubuh memproduksi zat alami yang dapat menekan rasa sakit.

Dampaknya secara sosial, tertawa membantu kamu untuk luwes bergaul dengan orang-orang di sekitar tanpa rasa ketakutan atau malu yang berlebih. Tentunya emosi harian bisa lebih terjaga dari perubahan emosi yang mencolok.

Lalu terapi tertawa seperti apa yang bisa diterapkan? Tidak sulit untuk melakukannya, semua bisa dilakukan dari diri sendiri dengan kegiatan-kegiatan sederhana seperti :

  1. Berkumpul bersama para sahabat ampuh memancing tawa. Berbagai peristiwa kocak di masa lalu tidak pernah basi untuk selalu dikenang dan ditertawakan. Survei Stephanie Davies, Psikolog Perilaku dan penulis ‘The Science of Laughter’ dari Inggris dan Dr Mike Lowis Psikolog dari Universitas Highland, Skotlandia, mencatat hanya 11% tertawa yang mampu ditimbulkan oleh lawakan, 17% dari tontonan komedi, dan sebanyak 72% tertawa muncul dari berkumpul bersama sahabat.
  2. Tonton komedi baik secara langsung maupun di TV. Ajak saudara, teman, atau pasangan untuk nonton bersama. Komedi yang ditonton terasa lebih lucu jika ditonton bersama dengan orang kesayangan.
  3. Baca lah buku cerita atau komik lucu yang mampu mengundang tawa kamu. Kegiatan ini pun merangsang daya imajinasi sehingga mampu memberi kesan rileks pada otak.
  4. Tajamkan otak kanan dengan aktivitas seperti menyanyi, memainkan alat musik, menari, dan menggambar. Lakukan kegiatan-kegiatan tersebut bersama teman, misalkan karaoke bersama teman-teman. Tertawa melibatkan otak kanan, dengan mengembangkan otak kanan maka akan lebih mudah menemukan hal-hal lucu untuk ditertawakan dan menjadi lebih kreatif.
  5. Kenali diri lebih baik, catat kegiatan maupun momen yang bisa memicu tawa. Lakukan secara berulang hingga kamu bisa tertawa sendiri.

Tentunya tidak sulit bukan untuk mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari? Selipkan kegiatan yang diyakini mampu memicu tawa dalam rutinitas. Bisa dilakukan di perjalanan, di pertemuan informal, di pusat perbelanjaan, melalui telepon, dan pastinya di rumah. Tentunya tertawa bersama sahabat atau orang-orang kesayangan jauh lebih terasa dampaknya. Tertawalah, dan gapai kebahagiaan kamu!

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!