Stres Bisa Bikin Sering Tidur, Ikuti 5 Cara Agar Tidak Mudah Mengantuk

Stres dapat menyebabkan seseorang sering tidur dan mudah mengantuk. Bagaimana cara supaya tidak mudah mengantuk ketika sedang aktif beraktivitas setiap hari?

Cara supaya Tidak Mudah Mengantuk

Stres adalah kondisi di mana seseorang merasa tegang secara emosional maupun fisik. Kondisi ini bisa membuat kamu merasa sangat lelah dan rasanya ingin tidur dan menjadi penyebab mudah mengantuk. Ketika sudah berada di tahap ini, sebaiknya kamu mulai mencari cara agar tidak mudah mengantuk karena kondisi ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kita seringkali mengasosiasikan stres dengan rasa gelisah. Kekhawatiran berlebih yang disebabkan oleh stres mungkin akan membuat kamu merasa cemas dan gelisah. Perasaan seperti inilah yang membuat orang berpikir bahwa stres bisa menyebabkan insomnia. Namun sebaliknya, stres justru membuat beberapa orang lebih sering mengantuk dan tertidur.

Bagaimana hubungan stres dengan sering mengantuk?

Melansir Huff Post, direktur klinis dari Behavioral Sleep Medicine Clinic di Michigan Medicine’s Sleep Disorders Centers, Deirdre Conroy mengatakan bahwa ketika seseorang berada di bawah banyak tekanan, maka kontinuitas dan kualitas tidurnya bisa terganggu. Kamu mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk tertidur, sering terbangun di tengah-tengah tidur, atau bahkan kesulitan tidur di malam hari.

Kondisi ini tanpa sadar akan membuat seseorang merasa lebih lelah di siang hari. Ketika stres, banyak yang memilih untuk lebih banyak menghabiskan waktu di tempat tidur. Bisa begitu karena stres bisa membuat seseorang kehilangan semangat untuk melakukan aktivitas dan lebih suka menyendiri di kamar.

Salah satu alasan mengapa orang yang sedang stres cenderung mudah ngantuk dan lelah sampai memiliki waktu tidur yang berlebihan disebabkan tidur adalah salah satu cara untuk melepaskan diri dari perasaan tersebut. Pasalnya, ketika seseorang tertidur, meskipun hanya dalam jangka waktu yang sebentar, tidur dapat memberikan sedikit rasa lega dan nyaman.

Sayangnya, dalam jangka panjang, hal ini dapat memicu lebih banyak stres, terutama jika kamu jadi mengabaikan tanggungjawab hanya untuk tidur siang. Maka dari itu, kamu perlu mencari cara agar tidak mudah mengantuk sehingga tidak terlalu banyak tidur di waktu produktif dan aktivitas sehari-hari pun jadi tidak terganggu.

5 Cara agar Tidak Mudah Mengantuk dan Tidur yang Berlebihan

Agar tidak terlalu sering tidur dan mudah mengantuk di siang hari, berikut lima cara mengatasinya:

1. Tidur yang cukup di malam hari

Cara agar tidak mudah mengantuk yang paling baik adalah dengan tidur yang cukup di malam hari. Sebab, waktu tidur yang tidak baik dan teratur merupakan penyebab seseorang mudah mengantuk di siang hari yang paling umum.

Ketika kamu menahan kantuk di siang hari, hal tersebut justru akan meningkatkan keinginan untuk tidur di saat kamu ingin tetap terjaga. Tidur yang cukup di malam hari bisa membuat kamu tetap terjaga di siang hari yang akan berpengaruh dengan aktivitas yang kamu lakukan.

2. Beristirahat sesekali di tengah kesibukan

Tubuh akan merasa lebih lelah ketika kamu harus berkonsentrasi untuk waktu yang lama. Jika kamu sering menguap di tengah-tengah kesibukan, itu menandakan bahwa tubuh sudah mulai kelelahan dan kamu butuh istirahat sejenak. Karena jika kamu terus memaksakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, kualitas pekerjaan justru bisa menurun dan kamu akan lebih mudah melakukan kesalahan ketika sedang lelah.

Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk beristirahat sejenak di tengah-tengah pekerjaan sebagai cara agar tidak mudah mengantuk. Meluangkan waktu untuk istirahat sejenak akan mengembalikan fokus kamu agar bisa bekerja dengan lebih maksimal. Istirahat  juga akan sangat membantu ketika merasa mengantuk setelah makan siang.

3. Banyak bergerak

Cara agar tidak mudah mengantuk yang ketiga yaitu dengan banyak bergerak. Ketika kamu hanya fokus bekerja dan duduk di depan laptop selama berjam-jam, kamu mungkin akan merasa lebih cepat lelah dan mengantuk. Beristirahat dari aktivitas sedentari dengan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya dapat menghilangkan rasa kantuk.

4. Konsumsi kafein

Mengonsumsi kafein adalah cara agar tidak mudah mengantuk yang sangat efektif untuk membuat tubuh tetap terjaga dan waspada. Pasalnya, kafein merupakan stimulan alami yang dapat meningkatkan energi dan fokus seseorang agar tetap terjaga. Beberapa minuman yang mengandung kafein dan bisa kamu konsumsi agar tidak mudah lelah dan mengantuk adalah kopi, teh, cokelat panas, dan soda. Selain minuman, kamu juga bisa mendapatkan asupan kafein dari beberapa makanan seperti cokelat. Namun, perlu diingat untuk mengonsumsi kafein secukupnya, agar terhindar dari yang namanya caffeine crash.

Pasalnya, caffeine crash adalah kondisi di mana kamu menjadi lebih lelah dari yang seharusnya ketika efek kafein di dalam tubuh sudah menghilang. Untuk itu, agar tidur di malam hari tidak terganggu meskipun kamu mengonsumsi kafein, cobalah untuk meminumnya lima atau enam jam sebelum waktu tidur di malam hari.

5. Dapatkan cahaya dan udara segar

Lingkungan sekitar sangat memengaruhi kemampuan kamu untuk tetap terjaga. Sebab, jika kondisi di sekitar kamu terang, maka keinginan untuk tetap terjaga akan meningkat. Ketika kamu merasa sudah sangat mengantuk, cara agar tidak mudah mengantuk adalah dengan melangkah keluar untuk menghirup udara segar. Ini akan membantumu merasa lebih terjaga.

Udara segar tak hanya bisa membuat kamu lebih terjaga sebagai cara agar tidak mudah mengantuk, tetapi juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk menjaga tubuh agar tetap terjaga baik secara fisik maupun finansial, penting untuk kamu memberikan proteksi dini seperti asuransi yang bisa memberikan perlindungan jangka panjang untuk kamu dan keluarga.

Pasalnya, kita tidak tahu kapan penyakit akan menyerang kita dan keluarga, maka dari itu penting untuk kita membekali proteksi dini berupa asuransi jiwa. Karena asuransi adalah bentuk cinta nyata, maka itu kami menyebutnya Insurance is Love.

Produk asuransi jiwa dari Astra Life, yaitu Flexi Life bisa jadi pilihan kamu dan keluarga. Flexi Life memiliki memiliki keunggulan di mana kamu bisa menentukan perlindungan jiwa hingga Rp5 miliar, dan tidak perlu medical check-up. Kamu tidak perlu repot untuk mendaftar ulang karena asuransi ini auto renew atau selalu diperpanjang secara otomatis setiap tahun.

Selain itu, kamu bebas mengubah besarnya Uang Pertanggungan, Masa Pertanggungan, Frekuensi Pembayaran Premi, dan mengajukan perubahan lain sesuai kebutuhan seiring dengan perubahan tahapan kehidupanmu secara online hanya dengan mengunjungi ilovelife.co.id. Klaim asuransi lebih mudah dan praktis karena dilakukan 100% secara online.

Akibat Sering Gampang Ngantuk dan Terlalu Banyak Tidur

Tidur berlebihan berdampak pada kesehatan secara keseluruhan dan dapat memiliki efek negatif, seperti halnya kurang tidur. Penelitian awal menunjukkan bahwa tidur lebih lama menyebabkan:

– Memperburuk peradangan dalam tubuh

– Menurunkan fungsi kekebalan tubuh 

– Dapat menyebabkan penyakit kronis seperti jantung dan stroke

Selain itu, terlalu banyak tidur juga berisiko membuat seseorang mengalami:

Risiko Kegemukan

Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit bisa membuat memengaruhi kondisi berat badan. Melansir WebMD, sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang tidur selama sembilan atau 10 jam setiap malam memiliki 21% risiko yang lebih tinggi untuk mengalami obesitas selama periode enam tahun ke depan dibandingkan dengan orang yang tidur di antara tujuh sampai delapan jam. Studi ini juga menunjukkan hubungan antara tidur dan obesitas yang sangat dipengaruhi oleh asupan makanan dan intensitas olahraga.

Sakit kepala

Untuk kamu yang rentan mengalami sakit kepala, tidur berlebihan bisa memperburuk keadaan tersebut. Para peneliti percaya bahwa tidur yang berlebihan memberikan efek terhadap neurotransmiter di otak, termasuk serotonin. Orang yang tidur terlalu banyak di siang hari sampai tidur malamnya terganggu mungkin akan menderita sakit kepala ketika terbangun di pagi hari.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!