7 Tips Agar Tak Over Budget Saat Diskon Akhir Tahun

Siapa yang tak senang jika bisa membeli barang berkualitas dengan harga miring? Apalagi menjelang akhir tahun, ketika diskon besar-besaran biasanya bertaburan. Yuk, atur budget belanjamu agar tetap tak kalap saat pesta diskon akhir tahun tiba!

Durasi baca: 3 menit

7-Tips-Agar-Tak-Over-Budget-Saat-Diskon-Akhir-Tahun

7 Tips Agar Tak Over Budget Saat Diskon Akhir Tahun

Siapa yang tak senang jika bisa membeli barang berkualitas dengan harga miring? Apalagi menjelang akhir tahun, ketika diskon besar-besaran biasanya bertaburan. Yuk, atur budget belanjamu agar tetap tak kalap saat pesta diskon akhir tahun tiba!

Durasi baca: 3 menit

Bagi kamu penggemar belanja dan pemburu diskon, tentu tak akan melewati event pesta diskon akhir tahun, khususnya diskon besar-besaran yang biasanya digelar di tanggal kembar, seperti 11.11 atau 12.12. Meskipun ini merupakan waktu yang tepat untuk mencari barang berkualitas dengan harga yang lebih murah, kamu tetap perlu hati-hati dalam berbelanja. Jika tak terkontrol, yang tadinya ingin hemat malah bisa menjadi boncos!

Beragam Expo Jelang Akhir Tahun

Menjelang akhir tahun, biasanya banyak penjual yang menawarkan program promosi. Diskon besar-besaran pun diberikan untuk menarik para pembeli. Pada bulan November ini, akan hadir juga beragam pameran dan pesta diskon yang digelar secara online lewat marketplace ataupun offline.

Misalnya saja ajang tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang biasanya bertaburan promo menarik untuk produk otomotif. Ada pula dua pameran besar untuk perlengkapan ibu dan balita. Belum lagi program diskon bulanan yang ditawarkan sejumlah marketplace lewat momentum 11.11 di bulan November dan 12.12 Desember.

Berburu Diskon Akhir Tahun Tetap Terkendali

Sebelum kamu benar-benar membelanjakan uangmu untuk produk diskon akhir tahun, coba lakukan tip berikut agar ‘kantongmu’ tetap aman.

1. Buat Daftar Belanjaan yang Dibutuhkan, Bukan yang Hanya Diinginkan

Sebelum pergi ke tempat pameran atau membuka marketplace saat pesta diskon akhir tahun tiba, buatlah dulu daftar barang belanjaan yang kamu butuhkan. Pikirkan benar mengapa kamu butuh barang tersebut. 

Untuk mengontrol diri, kamu juga bisa cek lagi dan mendata barang-barang apa saja yang kamu punya saat ini. Lalu lihat kembali daftar belanjaanmu. Apakah list barang yang ditulis sudah benar-benar yang dibutuhkan atau hanya keinginan sesaat mumpung harganya sedang diskon? 

Mengutip perkataan Profesor bidang pemasaran di NUS Business School Singapura, Leonard Lee: “Fokus pada apa yang kamu butuhkan, bukan yang kamu inginkan.”

2. Beri Jeda Sebelum Membeli

Adalah hal yang sangat lumrah terjadi orang mengalami over budget saat datang ke pameran atau checkout isi keranjang belanja online. Salah satu pemicunya adalah tak tahan melihat persentase diskonan yang besar dan merasa sayang melewati momentumnya. Untuk itu, kamu perlu memberi jeda sejenak sebelum membeli. 

Berdasarkan sejumlah referensi, setidaknya beri waktu 20 menit untuk berpikir sebelum akhirnya benar-benar membelinya, atau bahkan ada yang menyarankan tunggu sampai 3 hari sebelum transaksi pembelian dilakukan. Biasanya saat berpikir justru rasa ingin membeli akan semakin kuat, oleh karena itu sambil memberi jeda kamu bisa melihat atau mencari daftar belanjaan yang sudah ada dulu.

3. Cari Review Barang yang Akan Dibeli

Biasakan untuk mencari review barang yang akan kamu beli. Mulai dari merek, kualitas, hingga harga yang sebenarnya. 

Jangan berpatok pada besaran potongan harga yang ditawarkan tetapi lihat harga jual setelah diskon akhir tahun, karena bisa saja potongan harga terlihat besar setelah harga jual di-mark up. Hal itu bisa dilakukan untuk menarik minat pembeli. Cari juga testimoni orang terkait produk yang akan kamu beli.

4. Waspadai Latte Factor

Hal lain yang perlu diwaspadai saat berburu barang diskon adalah latte factor, atau membeli barang-barang yang terasa receh tetapi bisa membengkakkan anggaran belanjamu. Barang-barang tersebut biasanya memang terlihat lucu, menarik, dan harganya sangat murah. Namun sebenarnya tak terlalu dipakai, atau pemakaiannya tidak tahan lama.

Mengingat harganya yang tergolong receh, kadang orang tak sadar untuk memasukkannya dalam kantong belanja dan tak merasa rugi membelinya. Padahal jika diakumulasikan, bisa saja barang itu yang justru bikin anggaran belanja kamu jadi melebihi budget.

5. Hitung Anggaran Belanja

Hal terpenting sebelum belanja dan berburu diskon akhir tahun adalah menghitung anggaran belanja dan berpatok pada batasan tersebut. Lihat kembali apakah barang yang kamu beli memang merupakan bagian dari kebutuhan belanja bulanan, atau barang yang hanya diperlukan saat momentum tertentu, atau sekadar untuk reward bagi diri sendiri.

Untuk momentum pesta diskon tahunan atau barang yang bukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, pastikan bahwa anggaran yang kamu pakai tidak mengganggu bujet belanja harian/mingguan/bulananmu.

6. Batasi Penggunaan Kartu Kredit atau Fasilitas Paylater

Saat berburu barang diskon akhir tahun, sebaiknya kamu mengutamakan untuk menggunakan uang cash atau debit untuk melakukan transaksi. 

Sebisa mungkin batasi penggunaan kartu kredit atau fasilitas paylater karena bisa menjadi salah satu faktor yang membuat anggaran belanjamu jadi melebihi bujet, terutama untuk barang-barang yang konsumtif. Kalaupun harus memakai kartu kredit atau paylater, gunakanlah secara bijak dan hanya untuk membeli barang-barang yang penting atau mendesak.

7. Jangan Ragu Bandingkan Harga

Terakhir, jangan ragu untuk membandingkan harga barang yang akan kamu beli saat diskon akhir tahun. 

Misalnya saja kamu bisa mengecek dulu di toko-toko lain yang menawarkan jenis dan merek barang yang sama, apakah ada perbedaan harga? Atau, kamu bisa bandingkan juga harga barang yang ingin kamu beli berdasarkan mereknya. Bagaimana plus dan minusnya?

Perlu diingat juga bahwa momentum diskon akhir tahun besar-besaran bukan hanya akan diberikan saat ini, tetapi akan ada lagi di waktu-waktu mendatang. Jika belum bisa membelinya saat ini, bersabarlah dulu sampai pesta diskon berikutnya datang. Sambil menunggu waktunya datang, kamu bahkan jadi punya waktu lebih lagi untuk mengumpulkan uang.

Lindungi ‘kantongmu’ dari berbagai godaan yang bisa memunculkan risiko finansial tak terduga di kemudian hari. Berbicara risiko, jangan lupa juga untuk melengkapi perlindungan kesehatan diri kamu dan keluarga. Risiko terserang sakit bisa muncul kapan pun, sehingga tak ada salahnya untuk membangun proteksi sedini mungkin. Salah satu perlindungan yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan asuransi.

Ada produk asuransi menarik yang bisa kamu pertimbangkan, yakni Flexi Health dari Astra Life. Asuransi ini memiliki berbagai macam manfaat. Mulai dari perlindungan jiwa, santunan rawat inap, hingga manfaat perlindungan kesehatan tambahan lainnya yang menguntungkan. Kamu juga bisa mengatur sendiri besaran premi dan uang pertanggungan sesuai kondisi finansialmu. Besarannya juga bisa diubah sesuai dengan tahapan hidupmu.

Untuk mengetahui informasi lengkap Flexi Health atau melihat pilihan produk asuransi lainnya, kamu bisa langsung kunjungi laman ilovelife.co.id. Jangan lupa follow @astralifeid untuk update informasi soal kesehatan, keuangan, dan kehidupan. Urusah Sehat No Worries. #IGotYourBack.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!