Ini 5 Persiapan Nonton Konser Musik agar Tubuh Tetap Fit

Masih banyak konser yang akan berlangsung selama 2023 ini. Berikut 5 persiapan nonton konser agar tubuh tetap fit untuk menikmati konser dengan maksimal!

persiapan nonton konser musik

Tahun 2023 bagaikan tahun konser di Indonesia. Sebab, banyak sekali grup dan penyanyi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang mengadakan konser di sini, sejak awal tahun. Betapa tidak, dalam waktu dekat para penikmat musik bakal ada yang nonton konser BTS Suga dan Red Velvet pada Mei mendatang. Untuk itu, para penggemar pun harus perlu memperhatikan persiapan nonton konser agar tubuh tetap fit.

Apalagi tak jarang terjadi kasus di mana para penonton konser yang jatuh pingsan karena tak tahan berada di tengah kerumunan selama konser berlangsung. Khususnya mereka yang menonton di bagian festival atau standing area, hal ini seringkali menjadi masalah yang membuat konser menjadi kurang kondusif.

Untuk menghindari hal tersebut, banyak promotor konser yang mulai menyediakan queue number maupun numbered seating, agar penggemar bisa datang mengantre dan masuk ke venue konser mendekati waktu acara dimulai. Hal ini dilakukan agar penonton terhindar dari menunggu terlalu lama yang menyebabkan kondisi tubuh mereka jadi kurang fit.

Kira-kira, seperti apa persiapan nonton konser yang bisa kamu terapkan jika ingin nonton konser musik dengan aman dan nyaman? Berikut tipsnya!

5 Persiapan Nonton Konser!

1. Istirahat yang cukup sehari sebelumnya

Salah satu hal yang menyebabkan tubuh menjadi kurang fit adalah karena kurang istirahat atau kurang tidur. Perlu diingat bahwa waktu tidur yang ideal adalah 7 hingga 9 jam sehari. Melansir Health Cleveland Clinic, kehilangan 1,5 jam waktu tidur saja bisa membuat seseorang menjadi kurang waspada. Hal ini pun akan berdampak negatif pada suasana hati seseorang di hari berikutnya.

Meskipun terkadang seseorang kesulitan untuk tidur karena excited menghadapi hari nonton konser musik tiba, tetapi persiapan nonton konser yang satu ini tak bisa kamu tinggalkan. Sebab, kurang tidur dapat menyebabkan kamu merasa ngantuk seharian di hari esok yang akan mengganggu pengalaman nonton konsermu.

2. Makan sebelum masuk ke venue

Terlalu lama menunggu di tempat konser tak jarang membuat para penggemar jadi malas makan. Padahal, makan sebelum masuk ke venue sangatlah penting untuk menjaga tubuh agar tetap fit selama berjam-jam menikmati konser musiknya.

Untuk itu, cobalah mencari tahu apakah banyak booth makanan yang tersedia di tempat konser. Jika tidak, cobalah untuk membawa makan atau camilan sendiri dari rumah, untuk menghindari kelaparan ketika sudah sampai di tempat konser.

Apalagi tempat konser akan dipenuhi dengan penonton dengan kapasitas tinggi, jadi lebih baik persiapan nonton konser yang penting adalah siapkan makanan agar kamu tidak perlu repot mengantre atau bahkan jadi tidak makan sama sekali.

3. Banyak minum agar tetap terhidrasi

Selain makan, persiapan nonton konser yang lainnya yaitu banyak minum agar tetap terhidrasi! Nonton konser musik akan menguras banyak tenaga dari mulai jalan ke tempat konser, antre, hingga masuk ke dalam venue. Tubuh pun akan kekurangan banyak cairan, untuk itu penting bagi kamu banyak minum selama konser berlangsung.

Memang minuman umumnya dilarang masuk ke dalam venue, namun sudah banyak promotor konser yang menyediakan minum gratis untuk penonton yang biasanya dibagikan sebelum masuk ke dalam venue maupun ketika sudah berada di dalamnya. Jika promotor tidak menyediakan minum, usahakanlah untuk banyak minum sebelum masuk ke dalam venue, ya!

4. Buang air kecil terlebih dahulu

Persiapan nonton konser yang satu ini juga tak kalah penting. Walaupun toilet di tempat konser seringkali dipenuhi banyak penonton sehingga kamu harus sabar mengantre, namun buang air kecil terlebih dahulu dapat membuat kamu lebih nyaman menonton konser selama berjam-jam.

Melansir Kompas.com, menahan buang air kecil bisa membuat merasakan nyeri di kandung kemih. Rasa nyeri ini bahkan akan semakin parah ketika kamu mencoba buang air kecil setelahnya. Jika dibiarkan terus menerus, tentu hal ini akan membuat tubuh merasa tidak nyaman.

Lebih parahnya lagi, kondisi ini bisa memicu penyakit serius jika dilakukan secara terus-menerus, seperti infeksi saluran kemih dan kencing batu. Maka dari itu, dengan buang air kecil sebelum menghabiskan waktu berjam-jam nonton konser K-pop akan sangat membantu menghindari kondisi tak nyaman di sekitar kandung kemih.

Nonton konser musik memang menyenangkan, tetapi kamu juga harus tetap menjaga kesehatan tubuh agar bisa menikmatinya dengan maksimal. Pasalnya, kita tak tahu kapan penyakit menyerang, maka itu, proteksi dini seperti asuransi jiwa dan kesehatan akan membantumu untuk tetap terjaga khususnya secara finansial, agar terhindar dari biaya perawatan rumah sakit yang tak terduga.

Selain sebagai proteksi dini, asuransi juga merupakan bentuk cinta nyata untuk keluarga. Karena itu, asuransi adalah cinta – Insurance is Love. Salah satunya seperti ​​Flexi HS (Hospital and Surgical) dari Astra Life yang bisa menjadi pilihan yang cocok agar kamu dan keluarga. 

Flexi HS (Hospital and Surgical) dari Astra Life memberikan manfaat menarik untuk pasien gagal ginjal dengan memberikan penggantian biaya cuci darah, fasilitas rawat inap sebanyak Rp2 juta per hari yang bisa diklaim tanpa perlu cek medis, fasilitas medical check up, hingga klaim asuransi 100% secara online.

Selain itu, Flexi HS juga memberikan perlindungan menyeluruh mulai dari rawat inap hingga pasca rawat inap, sehingga bisa memberikan rasa aman untuk kamu dan juga orang-orang terdekat. Kemudahan lainnya kamu bisa mencari tahu informasi lengkap mengenai asuransi Astra ini dengan mengunjungi website ilovelife.co.id, ya!

5. Pakai outfit dan alas kaki yang nyaman

Persiapan nonton konser yang terakhir yaitu kenakan outfit dan alas kaki yang nyaman. Sebab, kamu akan menghabiskan waktu yang lama di tempat konser, sehingga tubuh akan terasa pegal dan capek. Jika kamu menggunakan alas kaki yang tidak nyaman, hal itu akan menyebabkan kaki menjadi sakit.

Outfit yang nyaman juga penting agar ketika tubuh mengeluarkan keringat, kamu tetap merasa nyaman untuk bergerak dan menikmati konsernya, baik itu untuk konser indoor maupun outdoor. Khususnya bagi kamu yang ingin nonton konser musik di standing area dengan kaki sebagai tumpuan selama berjam-jam, hindari menggunakan hak tinggi agar kaki tidak terasa sakit selama konser berlangsung.

6. Bawa barang secukupnya

Ketika menonton konser, biasanya pihak penyelenggara akan menganjurkan kamu untuk menggunakan tas PVC (Polyvinyl Chloride) transparan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan promotor melakukan pengecekkan terhadap isi tasnya, karena setiap promotor memiliki aturan sendiri terkait barang apa saja yang boleh dan tidak boleh dibawa selama konser berlangsung.

Untuk itu, usahakanlah untuk membawa barang secukupnya dan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh promotor agar barang bawaan tetap aman dibawa selama konser berlangsung. Beberapa contohnya seperti handphone, hand sanitizer, dompet, powerbank, dan obat-obatan yang disimpan di kantong atau pouch kecil.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!