5 Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut saat Berpuasa

Bau mulut menjadi masalah yang timbul ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Berikut 5 cara menghilangkan bau mulut agar puasa lebih nyaman!

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Masalah bau mulut seringkali membuat seseorang kurang percaya diri ketika harus berinteraksi dengan orang lain. Selain dapat disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, bau mulut ternyata bisa disebabkan oleh kondisi tubuh yang kurang baik. Inilah mengapa kamu perlu mencari cara menghilangkan bau mulut agar tubuh lebih sehat dan kepercayaan diri meningkat.

Melansir laman resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kondisi bau mulut terjadi akibat gigi dan mulut tidak dibersihkan secara rutin, sehingga menyebabkan bakteri di dalam mulut berkembang biak dan memecah makanan ke sela-sela gigi. Hal itu tentu tidak baik untuk kesehatan mulut dan proses tersebut membuat gas yang berbau busuk muncul di dalam mulut.

Tak hanya itu, kondisi mulut yang kering juga menjadi salah satu penyebab bau mulut. Apalagi jika kamu mengonsumsi makanan yang memiliki bau menyengat, minum minuman beralkohol, dan merokok. Pasalnya, melansir Halodoc, ternyata sebanyak 25% orang di seluruh dunia mengalami permasalahan bau mulut.

Lalu, adapun penyebab bau mulut yang disebabkan sebagai tanda dari penyakit, seperti:

Asam lambung naik.

– Xerostomia atau mulut kering akibat kurangnya produksi air liur.

– Penyakit gigi dan gusi.

– Diabetes.

– Infeksi saluran pernapasan.

– Sinusitis.

Kondisi ini dapat menjadi lebih buruk saat seseorang sedang menjalankan ibadah puasa. Pasalnya, saat berpuasa, produksi air liur di dalam mulut akan berkurang akibat kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kondisi mulut yang kering membuat bakteri lebih mudah berkembang biak dan memicu bau tidak sedap.

Kira-kira, bagaimana cara mengatasi bau mulut agar bisa menjalan ibadah dengan lebih nyaman? Berikut 5 caranya!

5 Cara Menghilangkan Bau Mulut agar Puasa Lebih Nyaman

1. Bersihkan gigi dan lidah saat sahur dan berbuka

Agar terhindar dari bau mulut ketika berpuasa, penting untuk kamu tetap rajin membersihkan mulut. Cara menghilangkan bau mulut yang pertama yaitu dengan menggosok gigi dan membersihkan lidah saat sahur sampai sebelum waktu dzuhur dan saat berbuka.

Pasalnya, melansir Kompas, menggosok gigi setelah dzuhur hukumnya makruh (dianjurkan untuk ditinggalkan, tetapi jika dijalankan tidak menjadi dosa). Maka dari itu, kamu lebih anjurkan untuk membersihkan mulut ketika sahur atau di pagi hari sebelum memasuki waktu dzuhur.

Selain gigi, lidah juga menjadi tempat menempelnya sisa-sisa makanan yang perlu secara rutin dibersihkan untuk menghilangkan bau mulut. Kamu bisa menggunakan alat khusus penggosok lidah atau sikat gigi halus untuk membersihkannya. Lakukan rutin (minimal dua kali sehari) untuk menjaga kondisi mulut tetap bersih dan sehat.

2. Gunakan obat kumur

Untuk memaksimalkan perawatan mulut, cobalah untuk menggunakan obat kumur saat selesai gosok gigi dan lidah. Sebab, hanya menyikat gigi saja tidak dapat menjamin kondisi rongga mulut kamu menjadi bersih sepenuhnya. Mengapa demikian? Ini disebabkan terbatasnya jangkauan sela-sela gigi yang bisa dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi saja.

Maka dari itu, membersihkan mulut dengan menggunakan obat kumur sangat dianjurkan untuk membunuh bakteri dan sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di mulut, sehingga proses pembersihannya semakin optimal hingga mencapai sela-sela gigi yang sulit dijangkau sikat gigi.

Melansir laman resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, beberapa obat kumur yang baik digunakan untuk membersihkan mulut yaitu obat kumur yang mengandung bahan antiseptik alami, seperti eucalyptol, menthol, thymol, dan methyl salicylate.

3. Hindari mengonsumsi makanan dan minuman penyebab bau mulut

Tahukah kamu bahwa makanan dan minuman menjadi salah satu penyebab bau mulut yang paling utama? Ya, makanan dengan bau yang menyengat dapat membuat mulut jadi mengeluarkan bau yang tidak sedap juga. Untuk itu, cara menghilangkan bau mulut selanjutnya adalah dengan menghindari konsumsi makanan dan minuman yang dapat memicu bau mulut.

Misalnya kopi dan bawang-bawangan. Untuk mengatasinya, coba lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran seperti wortel, apel, dan timun yang bisa menyegarkan mulut.

Apalagi ketika puasa, tubuh kekurangan cairan akibat menahan haus seharian. Dengan mengonsumsi buah dan sayuran, dapat mengganti cairan tubuh yang hilang sekaligus sebagai antioksidan untuk mengatasi bakteri di dalam tubuh. Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran juga dapat menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Karena itu, menjaga tubuh agar tetap fit ketika berpuasa dengan buah dan sayur bisa menjadi pilihan yang baik untuk kamu. Pasalnya, kita tidak tahu kapan penyakit akan menyerang kita dan keluarga, maka dari itu penting untuk kita membekali proteksi dini berupa asuransi kesehatan untuk keluarga. Karena asuransi adalah bentuk cinta nyata, maka itu kami menyebutnya Insurance is Love.

Untuk menemani kamu dan keluarga hidup dengan aman, nyaman, dan bahagia, Astra Life menghadirkan produk asuransi jiwa dan kesehatan. Seperti Flexi HS (Hospital and Surgical) dari Astra Life dapat jadi pilihan yang cocok untuk kamu. Flexi HS (Hospital and Surgical) dari Astra Life memberikan manfaat berupa fasilitas rawat inap sebanyak Rp2 juta per hari yang bisa diklaim tanpa perlu cek medis, memberikan fasilitas medical check up tiap 2 tahun sekali, hingga klaim asuransi lebih mudah dan praktis karena bisa dilakukan 100% secara online.

Tak hanya itu, Flexi HS juga memberikan perlindungan menyeluruh mulai dari rawat inap hingga pasca rawat inap, sehingga bisa memberikan rasa aman untuk kamu dan juga orang-orang terdekat. Kemudahan lainnya kamu bisa mencari tahu informasi lengkap mengenai asuransi Astra ini dengan mengunjungi website ilovelife.co.id, ya!

4. Membersihkan karang gigi

Karang gigi terbentuk dari sisa-sisa makanan yang tertinggal di mulut dan bercampur dengan saliva untuk kemudian membentuk plak. Kemudian, plak yang terbentuk dapat menyebabkan berbagai masalah gigi karena mengandung bakteri, salah satunya memicu bau mulut. Plak yang mengeras lama kelamaan akan bertumpuk menjadi karang gigi.

Karang gigi menjadi salah satu penyebab timbulnya bau tidak sedap di mulut. Maka dari itu, cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya yaitu dengan rajin membersihkan karang gigi, minimal tiga bulan sekali atau sesuai dengan kebutuhanmu. Agar mulut terhindar dari bau tidak sedap saat berpuasa, kamu bisa membersihkan karang gigi sehari sebelum mulai berpuasa.

5. Banyak minum air putih saat sahur dan berbuka

Cara menghilangkan bau mulut lainnya yaitu dengan banyak minum air putih ketika sahur dan berbuka. Selain dapat menghilangkan dahaga dan mengembalikan cairan tubuh, banyak minum air putih dapat mencegah mulut kering yang menjadi salah satu penyebab bau mulut. Karena itu, kamu dianjurkan untuk minum delapan gelas air atau dua liter per hari.

Selain baik untuk mengatasi bau mulut, banyak minum air putih di bulan Ramadan juga daoat melindungi tubuh terhindar dari berbagai penyakit, serta menjaga tubuh agar memiliki cairan yang cukup dan tetap terhidrasi selama menjalankan ibadah puasa seharian penuh.

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!