Bekal Kreatif Penuh Cinta untuk Si Kecil

Bekal makanan untuk buah hati yang ditata dan dihias dalam kotak sedang banyak digemari. Penasaran bagaimana cara menyiapkannya? Simak!

cetakan telur si kecil

Bekal Kreatif Penuh Cinta untuk Si Kecil

Bekal makanan untuk buah hati yang ditata dan dihias dalam kotak sedang banyak digemari. Penasaran bagaimana cara menyiapkannya? Simak!

Untuk mencapai gaya hidup yang sehat dalam keluarga, Anda perlu memulainya dari rumah. Salah satu caranya adalah dengan memastikan anggota keluarga mendapatkan asupan nutrisi yang tepat. Namun, makanan dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang perlu juga dipersiapkan dengan baik. Agar anak tercinta senantiasa terjaga asupan nutrisinya selama beraktivitas di sekolah, Anda bisa membekalinya dengan makanan rumahan.

Bekal makanan yang ditata dalam kotak atau biasa disebut bento dalam tradisi Jepang, belakangan kembali populer. Popularitasnya tidak hanya ramai di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Alasannya antara lain adalah kesadaran orangtua atau individu terhadap kebersihan serta nilai gizi makanan yang hendak dikonsumsi. Apa saja isinya? Dapat berupa menu nasi komplet, roti isi, camilan, atau buah-buahan.

Bento dapat dibawa ke sekolah, kantor, bahkan bekal saat melakukan perjalanan saat liburan. Dengan menyiapkan bento sendiri, kita tentunya dapat mengontrol kualitas bahan, higienitas bekal yang kita bawa, serta porsi dan nutrisi yang akan kita konsumsi. Terlebih lagi, hemat!

Meski sederhana, bento khas Jepang tetaplah memerhatikan keindahan. Bento merupakan ajang bagi permainan warna bahan bekal. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda terapkan untuk menghasilkan bekal bento yang menarik, terutama buat si kecil.

Padu-padan. Tak hanya perlu dilakukan ketika menata penampilan, padu padan juga perlu diterapkan ketika menyusun bento. Pastikan Anda memadu-padankan variasi makanan yang saling mendukung dalam hal rasa, nutrisi, tekstur, dan warna. Misalnya, manis dengan gurih, atau tekstur lembut dengan renyah.

Nutrisi seimbang. Namiko Chen, tokoh di balik Just One Cookbook menyarankan penyajian makanan dengan proporsional agar kandungan gizinya seimbang. Ia menyarankan, setidaknya ada 4 bahan tersaji dalam kotak bekal si Kecil: karbohidrat, protein, sayur-mayur, dan buah. Namiko biasanya mengatur keempat bahan tersebut dengan rasio 4 : 2 : 1 : 1 (4 bagian karbohidrat : 2 bagian protein : 1 bagian sayur-mayur : 1 bagian buah). Namun, Anda bisa menyesuaikannya dengan selera si Kecil.

Mainkan warnanya. Untuk membuat bento menarik, minimal manfaatkan tiga jenis warna untuk bahan yang digunakan. Pilihan warna hijau dapat berasal dari sayuran bertekstur menarik seperti brokoli dan selada. Padukan dengan warna mencolok dari tomat atau paprika. Untuk hiasan yang simpel seperti bunga dapat dibuat dari wortel rebus, mentimun, atau sosis rebus.

Berikut ini buah dan sayuran yang bisa dimasukkan ke dalam bekal, berdasarkan warnanya.

  1. Merah: tomat, paprika, apel, stroberi, dan lain-lain.
  2. Kuning & jingga: jagung, ubi, pisang, jeruk, lemon, dan lain-lain.
  3. Hijau: selada, timun jepang, kangkung, brokoli, bayam, edamame, kiwi, melon, dan lain-lain.

Tata secara menarik dan unik. Supaya penampilan indah dari bento tetap terjaga, tata bento secara padat dan rapat. Selain itu, gunakan jenis lunch box yang mempunyai belt supaya bento tidak mudah tumpah. Bawalah bento dengan posisi kotak bekal menghadap ke atas. Kita juga sebaiknya membawa bekal bento dengan tas bekal atau kain persegi dengan teknik ikat furoshiki.

Gunakan alat. Untuk menghasilkan bento dengan cepat dan praktis, pergunakan alat-alat yang banyak dijual di supermarket, khususnya di bagian khusus yang menjual produk-produk dari Jepang. Dengan alat bantu ini, Anda bisa memotong sandwich dalam berbagai bentuk lucu, sesuai minat si kecil. Misalnya berbentuk truk, pesawat, atau bahkan karakter kartun favoritnya.

Manfaatkan tusuk gigi. Bila anak Anda sudah cukup besar, minimal usia 6 tahun, akan lebih mudah jika Anda memanfaatkan tusuk gigi. Gunakan alat praktis ini untuk membuat satai anggur yang dikombinasikan dengan keju yang dipotong kubus misalnya.

Tertarik membuat bento? Tidak perlu keahlian khusus, kok. Yang diperlukan hanyalah beberapa alat bento sederhana yang cute di bawah ini. Alat-alat ini akan membantu kita berkreasi dengan bekal sehingga hasilnya tidak membosankan. Harganya pun tidak mahal, mulai dari Rp30 ribu rupiah.

Cetakan Telur

Dengan alat ini, bentuk telur rebus tidak lagi sekadar bulat… tetapi memiliki pola tertentu atau bahkan membentuk kepala karakter kartun kesukaan si kecil. Cetak telur dalam keadaan masih panas, namun dapat dipegang dengan kedua tangan. Tutup rapat cetakan kemudian rendam dalam air selama sekitar 5-10 menit. Lepaskan telur dari cetakan.

Cetakan Onigiri

Onigiri adalah nasi yang dipadatkan. Selain membuat tampilan lebih cantik, cetakan onigirii membuat porsi nasi yang dibawa lebih terkontrol. Saat ini ada banyak variasi bentuk onigiri yang bisa dicoba. Dari bentuk panda sampai lumba-lumba.

Isi cetakan hingga setengah bagian, kemudian padatkan dengan sendok atau tangan. Isi nasi dengan lauk, misalnya tempe orek atau scramble egg, atau sayuran. Tutup isi dengan nasi, padatkan kembali. Selain nasi putih, Anda juga bisa membuat variasi lain menggunakan nasi uduk, nasi kuning, nasi merah, atau nasi bayam (nasi yang dimasak dengan sayur bayam yang sudah dihaluskan).

Pemotong/Cetakan Roti

Cocok untuk Anda atau si kecil yang lebih senang mengonsumsi roti. Bentuk cetakan ini sangat beragam dan mudah digunakan. Prinsipnya hampir sama dengan mencetak kukis. Tekan cetakan ke atas roti yang akan dibentuk, sampai roti terpotong mengikuti bentuknya. Tekan sekeras mungkin untuk menghasilkan potongan roti yang rapi dan cantik.

Sandwich Telur

Waktu persiapan: 5 Menit
Total waktu: 10 Menit
Untuk 6 porsi

  • 6 lembar roti tawar (tanpa bagian pinggir yang keras)
  • Olesan:
  • 2 butir telur rebus
  • 2 sdm mayones
  • ½ sdt mustar
  • 25 gr bawang bombai (cincang halus)
  • 1 sdm seledri cincang
  • ½ sdt merica bubuk
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt gula pasir
  • ½ sdt cuka
  1. Kupas telur rebus. Cincang halus atau hancurkan dengan sendok.
  2. Campur telur dengan mayones, mustar, bawang bombai, seledri cincang, merica, garam, gula pasir, dan cuka. Aduk rata.
  3. Ambil selembar roti tawar, olesi dengan bahan olesan. Tumpuk dengan satu lembar roti, potong sandwich menggunakan cetakan roti sesuai selera.

Selamat mencoba!

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!