Chia Seed, Superfood untuk Penuhi Nutrisi Tubuh

Meski seolah tanpa rasa, chia seed dapat Anda olah dengan berbagai cara untuk menjadi kudapan yang variatif. Intip resep praktisnya di bawah ini.

Kecil-kecil cabe rawit, mungkin ini kiasan yang tepat untuk menggambarkan chia seed. Chia seed yang merupakan biji dari tanaman mint ini ternyata mencukupi banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berasal dari Amerika Latin, chia seed kaya akan serat, protein, kalsium, antioksidan, dan lemak tak jenuh. Bahkan tanaman yang sekilas mirip selasih ini baik untuk Anda yang sedang menjalani detoks, karena keampuhannya dalam membantu mengeluarkan racun dari empedu dan usus.

Lalu bagaimana cara mengkonsumsinya? Meski seolah tanpa rasa, chia seed dapat Anda olah dengan berbagai cara untuk menjadi kudapan yang variatif. Misalnya saja menjadi taburan di atas smoothies maupun salad. Anda bisa pula membuat pudding sehat dari chia seed yang dicampurkan dengan susu almond dan potongan buah segar.

Sementara untuk memperoleh sarapan sehat dan mengenyangkan, Anda bisa memadupadankan chia seed dan oatmeal. Bahkan chia seed cocok untuk menggantikan telur dalam adonan kue maupun roti. Masih bingung untuk mengolah chia seed? Intip resep praktis di bawah ini.

Raw Porridge

Bahan yang diperlukan:

Chia Seed 1/3 cup
Air 2/3 cup
Kismis 1 tbsp
Madu 1 teaspoon
Kelapa Parut 1 tbsp
Biji labu secukupnya
Gojiberry secukupnya

Masukkan chia seed ke mangkuk, lalu tuanglah air sambil diaduk perlahan hingga chia seed terendam. Setelah itu, tambahkan madu dan kelapa parut. Diamkan chia seed selama 15 menit di dalam kulkas, hingga menyerap semua air dan mengembang. Selanjutnya, taburi chia seed dengan biji labu dan gojiberry. Jadilah bubur chia seed ala resep Laura-Jane The Rawtarian.

Smoothies chia seed

Bahan yang diperlukan:

Mixed berries beku 1 cup
Jus delima ½ cup
Air ½ cup
Chia seed 1 tbsp

Masukkan semua bahan kecuali chia seed ke dalam blender, dan campur hingga halus. Lalu taburi chia seed. Tadaaaa, smoothies antioksidan dari Pop Sugar siap Anda nikmati.

Pancake chia seed

Bahan yang diperlukan:

Tepung serbaguna 1,5 cup
Chia seed 3 tbsp
Susu Almond 1,5 cup
Baking powder 1 tbsp
Garam 1 tsp
Kayu Manis 1 tsp
Cuka Apel 1 tsp
Vanila 1 tsp
Maple Syrup 3 tbsp

Caranya, campur semua bahan kering dalam sebuah mangkuk. Kemudian tambahkan seluruh bahan cair seperti susu almond, vanilla, cuka apel, dan maple syrup. Aduklah hingga tercampur dan diamkan adonan sekitar 10 menit, agar chia seed mengembang.

Selanjutnya, siapkan pan pembuat pancake yang telah diolesi minyak zaitun. Tuang adonan di atas pan dan masak di atas api sedang. Balik pancake agar matang merata. Pancake dari resep Deryn Macey Real Food siap Anda sajikan dengan potongan buah seperti pisang dan selai.

Rice salad

Bahan yang diperlukan:

Air 1 cup
Chia seed 1,5 tbsp
Minyak zaitun 2 tbsp
Lemon juice 2 tbsp
Bawang putih 2 siung dicincang
Garam ½ tsp
Cayenne Pepper 1/8 tsp
Zucchini kecil 1 buah diserut
Tomat sedang 1 buah dibuang bijinya dan dipotong dadu
Rosemary segar secukupnya dicincang
Nasi cokelat atau basmati 3 cup
Keju parmesan secukupnya

Mulanya, campur chia seed dengan air, aduk rata, dan diamkan adonan itu sekitar 10-15 menit hingga menjadi gel. Setelahnya dalam sebuah mangkuk kecil, campur gel chia seed dengan lemon, minyak zaitun, garam, bawang putih, herbs, dan cayenne. Aduk rata.

Menggunakan mangkuk besar, campurlah nasi cokelat atau basmati dengan sayuran. Kemudian tuangkan campuran chia, juga taburi dengan keju parmesan. Segera Anda akan memperoleh menu chia rice salad yang enak, mengenyangkan, dan sehat.

Chia Seed Granola Bars

Bahan yang diperlukan:

Oats (biji gandum) 2 cup
Selai Kacang 1/2 cup
Chia Seed 1/4 cup
Dairy free chocolate chips 1/2 cup
Minyak kelapa 1/4 cup
Maple syrup 1/4 cup

Masukkan semua bahan dalam sebuah mangkuk. Aduk adonan dengan sendok hingga rata. Kemudian siapkan sebuah loyang kue berbentuk persegi panjang yang telah dialasi dengan kertas kue.

Taruh adonan di loyang, kemudian ratakan. Simpan chia seed granola bars di dalam lemari es minimal 30 menit hingga adonan mengeras sempurna. Setelahnya, potong adonan secara rata menjadi 16 bagian. Maka resep chia seed granola bars ini siap disajikan sebagai cemilan saat menonton TV atau sesudah berolahraga.

Mudah bukan mengolah chia seed menjadi asupan sehari-hari? Sesungguhnya, chia seed bukan hanya menyehatkan tetapi juga cukup mengenyangkan. Agar kualitasnya selalu terjaga, sebaiknya Anda menyimpannya di tempat yang kering, dan hanya dikeluarkan akan mengolahnya. Karena banyak manfaat, chia seed menjadi salah satu bahan wajib bagi para penggiat hidup sehat, tidak terkecuali selebritis seperti Titi Dj, Sophie Navita, maupun Cathy Sharon.

Anda ingin merasakan manfaat dari chia seed? Bila ya, Anda bisa membelinya di berbagai toko daring seperti Nourish Indonesia melalui akun Instagram @nourish_indonesia, Club Sehat di @clubsehatstore, maupun Dapur Organik di @dapurorganik. Biasanya chia seed dijual dalam kemasan minimal 250 gram.

Selamat mencoba!

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!